Pembahasan Dan Lokasi Tes Stan Jakarta

Pembahasan Dan Lokasi Tes Stan Jakarta

Siapa yang tidak ingin diterima di stan? Selain ada jaminan mendapat pekerjaan setelah lulus, sekolah tinggi yang tergabung dalam ikatan dinas ini tidak dipungut biaya sepeserpun selama masa studinya. Biaya yang dikeluarkan peserta didik hanyalah biaya untuk pendaftaran tes sekitar Rp 150.000,00. Perlu ditanamkan juga bahwa peserta didik tidak diasramakan. Banyak rumor beredar bahwa peserta didik diasramakan dan tidak diperkenankan untuk pulang dalam jangka waktu tertentu. Rumor tersebut sama sekali tidak benar karena kenyataannya peserta didik memang tidak diasramakan. Selanjutnya yang akan dibahas adalah tes masuk. Tes masuk stan atau yang sering disebut usm disenggelarakan diberbagai daerah, salah satunya adalah jakarta. Tes stan jakarta diselenggarakan di Pusdiklat Bea dan Cukai yang terletak di Bojana Tirta III, Rawamangun, Jakarta Timur.

Mengenai ruangan dan waktu tes stan jakarta bisa langsung dilihat di lokasi. Namun, untuk tahapan tesnya tidak ada yang berbeda dengan tahapan tes stan di tempat lain. Seperti biasa, tes stan dibagi dalam 4 rangkaian yaitu verifikasi data, tes tertulis, tes kesehatan, dan tes wawancara. Calon peserta didik umumnya gagal pada tes tertulis karena tingkat kerumitan soal yang tinggi dan ketatnya persaingan. Akan tetapi, kegagalan tersebut biasanya disebabkan karena kurangnya latihan calon peserta didik dalam menghadapi soal tpa. Selain alokasi waktu, ketelitian juga menjadi kunci untuk lolos tes yang satu ini. Ilmu pengetahuan yang luas akan persamaan dan lawan kata juga sangat membantu karena terkadang model soal yang keluar mengharuskan calon peserta didik menemukan lawan atau persamaan kata yang asing dan jarang didengar.

Rencananya, tahap pertama tes stan jakarta akan dimulai pada tanggal 25 Mei, bersamaan dengan penyetoran biaya pendaftaran dan pengunguman jadwal verifikasi data. Verifikasi datanya sendiri akan dilaksanakan tanggal 7 Juni. Sedangkan untuk tes tertulisnya akan dilaksanakan tanggal 9 sampai dengan 19 Juni dan diumumkan pada tanggal 28 Juni. Perlu dicatat bahwa jadwal tersebut masih bisa berubah meninjau keputusan dari pusat.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *