Mengenal Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jurusan Bea Cukai

Screenshot_30

Mengenal Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jurusan Bea Cukai

Sekolah tinggi akuntansi negara jurusan bea cukai merupakan salah satu sekolah dengan jurusan yang menjadi favorite bagi calon lulusan SMA yang sudah mulai mencari sekolah lanjutan atau kuliah. Banyak yang mengincar sekolahan ini karena memiliki ikatan dinas serta dirasa lebih mudah nantinya dalam mendapatkan sebuah pekerjaan setelah selesai sekolah atau kuliah. Banyak di antara anak sekolah tingkat akhir di SMA ini yang masih sangat awam mengenai apa itu jurusan Bea dan Cukai. Untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai sekolah tersebut, mari kita simak tulisan ini hingga selesai.

Apa itu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jurusan Bea Cukai ?

STAN yang memiliki naungan langsung dari Kementrian Keuangan sejak berdirinya yaitu tahun 1977 ini telah melahirkan lulusan kedinasan yang langsung mendapatkan pekerjaan, atau dengan kata lain lebih mudah untuk langsung mendapatkan pekerjaan. Banyak yang bertanya apakah itu bea cukai? Bea merupakan arti bahasa sansekerta yang berarti ongkos. Dalam konteksnya ini berarti bea keluar dan masuk dari suatu negara. Instanssi pemungutnya dapat disebut dengan Pabean. Cukai merupakan pemungutan yang dilakukan oleh negara yang secara tidak langsung kepada para konsumen yang menggunakan obyek dari cukai. Contohnya adalah hasil tembakau (cerutu, rokok, dll), Alkohol ataupun etil alkohol dan minuman keras lainnya. Jadi jika seseorang membeli rokok maka orang tersebut sudah dibebankan pungutan cukai berupa pita cukai pada bungkus rokok tersebut.

Pelajaran yang di Peroleh dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jurusan Bea Cukai

Mata kuliah umum yang di ajarkan di STAN ini adalah sama, yaitu akuntansi, etika profesi, hukum perpajakan, bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Agama, dan sebagainya. Apa yang membedakan dengan jurusan lain? Mata kuliah berkaitan dengan spesialisasinya. Mata kuliah bea cukai serta mata kuliah Kimia juga di ajarkan disini, ini karena mereka nantinya harus memeriksa barang mengandung zat kimia. Tingkatan sekolah ini ada D1 dan D3 sesuai dengan materi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jurusan Bea Cukai.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *