Melihat Sejarah PKN STAN

Screenshot_22

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) memiliki sejarah yang panjang dan melihat sejarah PKN STAN adalah sesuatu yang menyenangkan. Bukan hal yang aneh, setiap tempat pasti memiliki sejarah, begitu juga dengan PKN STAN.

Informasi Sejarah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan nama baru yang disandang sejak 15 Juli 2015. PKN STAN mulanya bernama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau disingkat STAN. Namun, sebelum nama STAN juga banyak nama-nama yang menjadi rentetan sejarah PKN STAN, antara lain Kursus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA), Akademi Pajak dan Pabean (AP2), Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN), serta Institut Ilmu Keuangan (IIK). Tentunya dari nama-nama tersebut, ada sejarah dan pengalaman yang dirasakan oleh para mahasiswanya saat itu.

Pada tahun pertama berdirinya, yakni di tahun 1952, penyelenggaraan pendidikan STAN masih menggunakan kampus Purnawarman. Kampus STAN Bintaro mulai digunakan pada tahun 1988, 2 tahun setelah peresmiannya oleh Menteri Keuangan RI saat itu, Radius Prawiro pada tanggal 16 Juli 1986. Sejak saat itu Kampus Bintaro menjadi kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang dikenal juga dengan nama kampus Ali Wardhana. Nama kampus Ali Wardhana diberikan sebagai penghargaan kepada Menteri Keuangan era tahun 1968 hingga 1983.

Sebelum dikenal dengan nama kampus STAN Bintaro, dulunya kampus ini bernama Kampus STAN Jurangmangu. Alasannya adalah karena pintu masuk utama ke kampus pada saat itu hanya dari arah Jalan Ceger Raya Jurangmangu Timur. Baru pada tahun 2001 pintu masuk dari arah Jalan Bintaro Utama dibuka, dan bahkan saat ini sudah menjadi pintu masuk utama menuju kampus STAN, sehingga masyarakat lebih mengenal kampus ini dengan sebutan kampus STAN Bintaro.

Mengetahui Tentang Sejarah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

Pendidikan yang diselenggarakan oleh PKN STAN yaitu berupa Program Diploma Keuangan bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang ahli di bidang keuangan dengan dibekali pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan profesional sesuai dengan spesialisasi dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pegawai di departemen Keuangan serta Departemen lainnya.

Saat ini lulusan PKN STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditugaskan di berbagai  kota maupun daerah yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *