Akan Menjadi Syarat Lulus PKN STAN 2021, Ini Dia Materi UTBK 2021 yang Wajib Kamu Tahu

April 20, 2021

Akan Menjadi Syarat Lulus PKN STAN 2021, Ini Dia Materi UTBK 2021 yang Wajib Kamu Tahu! Mau belajar UTBK 2021, tapi bingung mulai dari mana? Mungkin hal serupa juga terjadi kepada Kamu. Karena banyak materi yang perlu Kamu pelajari ketika ingin mengikuti UTBK, membuat siapa saja akan berfikir terlalu berlebihan.

Apalagi jika ingin masuk PKN STAN, Kamu harus mempelajari tentang TPS (Tes Potensi Solastik) dan juga TKA (Tes Kopentensi Akademik). Bila terlalu dipikirkan tentu saja akan membuat Kamu merasa materi-materi tersebut terlalu berat bukan?.

Dengan adanya masalah seperti ini, bila dibiarkan terus menerus dalam kebingungan kapan Kamu akan mulai belajar?. Nah, kali ini kami akan memberikan solusi untuk Kamu yang kebingungan mengenai materi UTBK 2021. Simak ulasan yang kami berikan di bawah ini hingga tuntas ya.

materi UTBK 2021
materi UTBK 2021

Materi UTBK 2021, Syarat Lulus PKN STAN.

Syarat untuk memenuhi administrasi masuk PKN STAN, materi yang akan digunakan seperti pada umumnya yakni TPS dan TKA  Soshum. Syarat administrasi tersebut merupakan hasil konfirmasi pihak LTMPT, yang melakukan pengumuman lewat live streaming instagram di akun resminya. simak juga tentang Jadwal dan Syarat UTBK 2021

Namun pada tanggal 21 Januari 2021 pihak PKN STAN dan BPPK Kemenkeu, memberikan konfirmasi. Konfirmasi tersebut memberitahukan bahwa materi UTBK 2021 yang akan digunakan untuk masuk PKN STAN adalah TPS.

Materi UTBK 2021, TPS (Tes Potensi Skolastik)

Tes Potensi Skolastik pada tes UTBK ini bertujuan untuk mengukur potensi yang dimiliki masing-masing peserta. Seperti potensi logika, pemahaman secara umum dan juga potensi kognitif. Intinya selain nilai akademik, Tes Potensi Skolastik ini untuk menilai peserta itu layak masuk perguruan tinggi apa tidak.

Sehingga jika materi UTBK 2021 TPS ini mendapatkan nilai yang besar, maka peluang masuk perguruan tinggi juga akan semakin besar. Dengan adanya Tes Potensi Skolastik ini membuat seleksi masuk perguruan tinggi menjadi lebih objektif dan sangat adil. Adapun materi-materi yang perlu Kamu persiapkan untuk mengikuti TPS ini, adalah sebagai berikut:

  • Tes Potensi Skolastik Penalaran Umum
  • Ujian Tes Potensi Skolastik Menulis serta Pemahaman Bacaan
  • Tes Potensi Skolastik Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan
  • Ujian Potensi Skolastik mengenai Pengetahuan Umum.

Tes Kompetensi Akademik disingkat Sebagai TKA

TKA ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan yang Kamu ketahui selama proses pembelajaran di sekolah berlangsung. Pengetahuan yang dibutuhkan juga sesuai dengan prodi atau kampus pilihan. Tipe soalnya sendiri berupa HOTS (Higher¸ Order, Thinking, Skill), buka hanya sekedar hafalan, tapi skill juga.

Tes Kopetensi Akademik ini akan diajukan sesuai dengan kelompok yang dipilih ya. Nah, jika Kamu ingin masuk PKN STAN materi yang akan diujikan yaitu TKA Soshum. Materi tersebut meliputi:

  • Geografi
  • Sosiologi
  • Ekonomi, dan
  • Sejarah.

Meskipun pihak PKN STAN menyatakan jika hanya nilai Tes Potensi Skolastik saja yang akan digunakan untuk seleksi masuknya. Namun, sebagai langkah persiapan diri agar lebih matang lagi, tidak ada salahnya bukan jika Kamu mepersiapkan materi TKA juga?. Menambah ilmu dengan belajar itu tidak ada ruginya, meskipun mungkin materi tersebut tidak akan digunakan dalam seleksi masuk PKN STAN.

Baik itu saja informasi yang dapat kami sampaikan seputar materi UTBK 2021 untuk seleksi lulus PKN STAN. Bagi Kamu yang sedang berjuang masuk ke perguruan tinggi impian, jangan lelah untuk berusaha dan tetap semangat ya!.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.