Masuk Sekolah Tinggi Akutansi Negara (Departemen Keuangan)

Screenshot_28

Masuk Sekolah Tinggi Akutansi Negara (Departemen Keuangan)

Sekolah Tinggi Akutansi Negara (Departemen Keuangan) merupakan sekolah tinggi yang berada di bawah naungan kementerian keuangan. Seperti dapat dilihat dari namanya, Sekolah Tinggi Akuntan Negara (STAN) merupakan sekolah tinggi yang memiliki program diploma dengan bidang keuangan. Berbagai jursan terkait bidang keuangan ada disana seperti Akutansi, Keuangan, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, dan sebagainya. Tentunya bagi anda yang memiliki minat pada bidang ini, STAN akan menjadi sekolah tinggi yang sangat menarik bagi anda. Hal ini semakin didukung dengan kesempatan kerja di berbagai departemen keuangan di Indonesia walaupun tidak sepenuhnya dijamin. Jika anda berhasil masuk ke STAN, maka anda tak perlu memikirkan biaya pendidikan karena biaya pendidikan akan ditanggung oleh pemerintah. Namun untuk masuk STAN bukanlah hal yang mudah karena berbagai tahap harus anda lalui.

Tahap  Masuk Sekolah Tinggi Akutansi Negara (Departemen Keuangan)

Seperti halnya masuk perguruan tinggi, maka STAN pun memiliki tahap pendaftaran atau penerimaan mahasiswa baru. Umumnya perguruan tinggi hanya memiliki tahapa dministrasi dan tes tertulis (bagi jalur tertulis). Namun berbeda dengan STAN yang memiliki tahap lainnya.

  • Verifikasi berkas
  • Tertulis
  • Tes  kesehatan dan tes kebugaran
  • Tes assesment atau semacam tes wawancara

Berbagai tes tersebut akan anda lewati, maka bagi anda yang memang berminat masuk ke STAN perlu untuk mempersiapkannya sematang mungkin.

Sekolah Tinggi Akutansi Negara (Departemen Keuangan) Tetap Harus Tes CPNS

STAN merupakan sekolah tinggi yang ada untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang keuangan negara. Tenaga-tenaga ini dibekali dengan spesialisasi tertentu maka berbagai jurusan keuangan ada di dalamnya. Spesialisasi dilakukan untuk emmenuhi kebutugan dan pegawai dan menciptakan calon-calon pengelola keuangan negara yang berkualitas. Maka lulusan SAN sangat berkesempatan untuk bisa bekerja di berbagai departemen keuangan negara. Namun kini agak berbeda dari sebelumnya. Anda yang ingin masuk departemen keuangan dan menjadi PNS maka harus melewati tes CPNS seperti kebanyakan lulusan lainnya. Walaupun begitu, anda sebagai lulusan Sekolah Tinggi Akutansi Negara (Departemen Keuangan) tentunya memiliki nilai plus tersendiri.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *