Lulusan akuntansi

Prospek Kerja Untuk Kamu Lulusan Akuntansi pkn STAN

Prospek Kerja Untuk Kamu Lulusan Akuntansi pkn  STAN – Perguruan tinggi kedinasan PKN STAN merupakan perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Kampus ini merupakan incaran banyak siswa siswi SMA karena jika kuliah di kampus PKN STAN ini, tidak perlu pusing lagi mencari kerja.

Lulusan PKN STAN nantinya akan langsung bekerja di instansi – instansi di bawah lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Adapun masa wajib kerjanya adalah selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun. Lulusan PKN STAN akan langsung diangkat menjadi packaging food grade Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di mana yang lulusan PKN STAN harus menjalani rangkaian tes terlebih dahulu sebelum diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Lulusan akuntansi PKN STAN harus siap ditempatkan kerja di mana pun di seluruh Indonesia. Baik itu di daerah maupun pusat sesuai dengan ketentuan perundang – undangan yang telah ditetapkan.

Lulusan akuntansi
Lulusan akuntansi

Setelah penempatan di berbagai instansi tersebut, maka lulusan PKN STAN akan langsung diproses pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Untuk prodi D1 maka akan memperoleh golongan II.a dan prodi D3 memperoleh golongan II.c.

Sudah sangat jelas bukan prospek kerja yang akan kamu dapatkan jika mengeyam pendidikan di PKN STAN ini. Khususnya untuk prodi akuntansi. Lulusan akuntansi PKN STAN ini nantinya akan ditempatkan di beberapa instansi.

Cakupan instansi untuk jurusan akuntansi ini sangat luas karena pada hampir seluruh instansi pemerintahan pasti membutuhkan seorang akuntan. Beda lagi dengan prodi bea cukai yang prospek kerjanya lebih mengerucut.

Nah, instansi mana saja sih yang menerima lulusan akuntansi PKN STAN?

Yang pertama ada Direktorat Jenderal Pajak atau DJP. Umumnya, lulusan prodi pajak yang menempati posisi di DJP ini. Akan tetapi, lulusan akuntansi juga dapat bekerja di DJP dengan posisi pekerjaan yang sesuai.

Selanjutnya, lulusan akuntansi PKN STANdapat bekerja di Direktorat Jenderal Bea Cukai atau DJBC. Selain lulusan prodi bea cukai, ternyata lulusan akuntansi juga dapat bekerja di instansi ini lho.

Lulusan akuntansi memang sangat luas cakupannya, jadi sangat mungkin di tempatkan di berbagai instansi pemerintah.

Berikutnya adalah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara atau DJKN. Lagi – lagi, lulusan akuntansi dapat bekerja di lingkungan yang umumnya diisi oleh lulusan prodi manajemen aset. Lulusan prodi ini dapat bekerja di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara ini dengan menempati posisi yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari pastinya.

Bekerja di instansi pemerintah

Selain itu, lulusan PKN STAN khususnya akuntansi dapat bekerja di 26 instansi pemerintah lainnya di luar Kementrian Keuangan seperti Kemenko Perekonomian, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Perencanaaan Pembangunan Nasional atau Bappenas, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian BUMN, Kementerian Pemuda dan Olahraga juga lembaga – lembaga negara lain seperti Badan Pemeriksa Keuangan, Komnas HAM, hingga Bawaslu. Perhatikan juga mengenai jurusan yang jadi pilihan top di PKN STAN.

Bagaimana? Prospek kerja yang sangat menggiurkan bukan? Selain kuliahnya yang gratis, lulusannya juga akan bekerja di pemerintahan tentunya sebagai PNS. Hal inilah yang menjadikan PKN STAN mempunyai banyak peminat setiap tahunnya. Bahkan, tak sedikit yang rela mengorbankan Perguruan Tinggi Negeri demi PKN STAN ini.

Jangan lagi ragu jika kamu ingin mencoba mengikuti ujian saring masuk PKN STAN ini karena dengan sedikit penjelasan saja, kamu pasti sudah bisa membayangkan tak perlu repot – repot mencari pekerjaan saat kamu lulus nanti.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *