Jangan Salah Daftar!! Ini Dia 2 Link Pendaftaran Poltekim yang Harus Kamu Ketahui

August 1, 2022

Politeknik Imigrasi atau yang dikenal dengan sebutan Poltekim merupakan salah satu sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham). Terdapat 2 link pendaftaran Poltekim 2022/ 2023 yang harus kamu ketahui.

Sebab, jika salah mengirim ke link yang bukan resmi, bisa jadi pendaftaran sia-sia dan tidak dianggap melamar sebagai peserta ujian masuk Poltekim. Selain itu, pastikan untuk memenuhi persyaratannya tanpa ada yang kurang atau dipaksakan agar bisa lulus Poltekim. Baca juga TESTOMONIAL BIMBEL STAN NEWTONSIX yang perlu ketahui.

Link Pendaftaran Poltekim Formasi Umum

Calon peserta Poltekim wajib memiliki satu kewarganegaraan yaitu Warga Negara Indonesia (WNI). Laki-laki/ perempuan lulusan SMA sederajat bisa ikut mendaftar pada formasi umum Poltekim 2022/ 2023. Tinggi badan laki-laki minimal 170 cm, dan wanita minimal 160 cm.

Selain itu, berat badan juga harus ideal dengan tinggi badan pelamar Poltekim yang dibuktikan dari surat keterangan kesehatan dari rumah sakit daerah. Tidak boleh memiliki cacat fisik dan mental, serta mata minus, silinder, buta warna tidak dapat mendaftar Poltekim.

Link pendaftaran Poltekim untuk formasi umum dan putra-putri Papua/ Papua Barat dilakukan melalui laman Dikdin. Perhatikan ragam persyaratan lainnya yang harus dipenuhi, setelah itu lengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar Poltekim 2022/ 2023.

Pastikan input data sesuai dengan yang dibutuhkan pada laman resmi Dikdin untuk mendaftar Poltekim formasi umum dan putra-putri Papua Barat. Akses laman Dikdin hanya di https://dikdin.bkn.go.id untuk daftar Poltekim tahun 2022/ 2023.

Perhatikan setiap syarat untuk mengunggah dokumen dalam laman Dikdin tersebut agar bisa dinyatakan lulus seleksi berkas Poltekim. Sebab, jika kurang satu saja berkas atau mengakal-akali (pemalsuan data) bisa dipastikan tidak bisa ikut seleksi Poltekim tahap berikutnya.

Link Pendaftaran Poltekim Khusus Formasi Pegawai

Selanjutnya, terdapat link pendaftaran Poltekim yang dikhususkan bagi pegawai Kemenkumham umum dan pegawai Kemenkumham putra-putri Papua/ Papua Barat. Sehingga, link pendaftarannya berbeda dengan yang formasi umum.

Selain itu, persyaratan khusus formasi pegawai untuk daftar Poltekim pun berbeda. Jika formasi umum, usia minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun, maka formasi pegawai usia pendaftarnya tidak boleh lebih dari 26 tahun.

Adapun syarat khusus lainnya berupa surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi sebagai persetujuan untuk ikut tes Poltekim. Tidak sedang menjalani pemeriksaan atau proses hukum saat mendaftar Poltekim formasi pegawai. Selain itu, nilai Prestasi Kerja Pegawai diperlukan.

Di luar dari syarat khusus tersebut, daftar Poltekim lewat formasi pegawai, persyaratan dan kelengkapan dokumen sama seperti pendaftar melalui formasi umum. Unggah kelengkapan dokumen tersebut ke link pendaftaran Poltekim khusus formasi pegawai.

Jangan sampai salah mengunggah dokumen persyaratan ke link pendaftaran formasi umum. Sebab, keduanya dibedakan, dan jika salah sudah dapat dipastikan dianggap tidak mendaftar atau gagal seleksi berkas. Pastikan formasi yang dipilih umum atau pegawai sesuai link-nya.

Oleh karena itu, ketahui link pendaftaran yang tepat, serta mencatat seluruh persyaratan untuk daftar Poltekim sangat diperlukan. Banyak yang keliru mengirimkan berkas pendaftaran antara jalur formasi umum dengan formasi pegawai, sehingga gagal di seleksi berkas.

Padahal setiap calon Taruna/ Taruni Poltekim baru bisa ikut seleksi berikutnya apabila lulus pemberkasan. Selain itu, pastikan tidak salah unggah dokumen yang dibutuhkan dalam link sesuai formasi yang dipilih. Ini juga mengakibatkan tidak lulus seleksi berkas Poltekim.

Link pendaftaran Poltekim yang sesuai dengan formasi pegawai adalah yang berasal dari laman Kemenkumham yaitu https://catar.kemenkumham.go.id. Sementra untuk formasi umum Poltekim formasi umum memalui laman Dikdin.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.