KULIAH DI PKN STAN, GRATIS LHO!

Kuliah di PKN STAN gratis lho! Setiap orang yang menjadi mahasiswa di PKN STAN digratiskan dari segala bentuk biaya maupun pungutan pendidikan. Hal ini terjadi karena kampus PKN STAN merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang dikelola oleh pemerintah khususnya Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara.

Mahasiswa PKN STAN yang nantinya lulus atau menamatkan pendidikan di kampus tersebut diharapkan mampu menjadi pengabdi yang baik di masyarakat dengan bekerja menangani masalah keuangan di kantor-kantor pemerintahan. Dan perlu diketahui bahwa status lulusan PKN STAN adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Lagi pula, persyaratan untuk masuk ke perguruan tinggi kedinasan tersebut sudah cukup berat sehingga hanya orang yang benar-benar memiliki kompetensi sesuai yang bisa menempuh pendidikan di kampus PKN STAN.

Biaya kuliah di PKN STAN

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kuliah di PKN STAN tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis. Mahasiswa hanya mengeluarkan biaya ketika ingin mendaftar SPMB PKN STAN sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Selebihnya jika diterima, mahasiswa tidak perlu membayar uang gedung, uang semester, atau lainnya.

Yang perlu ditekankan bahwa, PKN STAN tidak menyediakan asrama bagi mahasiswa, sehingga untuk mahasiswa yang tinggal jauh di luar kota alias merantau, harus menyiapkan biaya untuk meyewa kost atau kontrakan, juga menyiapkan biaya untuk kehidupan sehari-hari selama kuliah di PKN STAN.

Sedangkan biaya untuk buku materi atau paket tidak ada, jadi para mahasiswa PKN STAN sama sekali tidak dibebani dengan biaya pendidikan dalam bentuk apapun.

Kesimpulannya, PKN STAN sama sekali tidak menarik biaya pendidikan dari para mahasiswa. Biaya yang dikeluarkan oleh mahasiswa tersebut tidak berkaitan dengan biaya pendidikan seperti biaya hidup untuk makan dan kost, biaya pendaftaran, jas almamater, serta wisuda sehingga orang yang ingin masuk ke PKN STAN tidak perlu memikirkan tentang biaya kuliah di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *