KETENTUAN PENGGUNAAN SERAGAM DI PKN STAN

KETENTUAN PENGGUNAAN SERAGAM DI PKN STAN – PKN STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Karena statusnya kedinasan, maka mahasiswa di PKN STAN pun berkuliah menggunakan seragam yang sudah ditetapkan ketentuannya. Hal ini diterapkan agar mahasiswa terbiasa menggunakan seragam ketika menjadi calon pegawai sipil (CPNS) nanti.

Hal ini tentu berbeda dengan mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi pada umumnya, karena mereka bebas menggunakan pakaian apa saja yang penting sopan dan sesuai dengan tata tertib yang berlaku. Lalu, bagaimana ketentuan penggunaan seragam di PKN STAN? Berikut penjelasannya.

Jadwal Penggunaan Seragam di PKN STAN pada jurusan Akuntansi, Pajak, dan Manajemen Keuangan yakni sebagai berikut:

Jadwal hari Senin dan Rabu

Untuk mahasiswa laki-laki menggunakan kemeja lengan panjang/pendek berwarna putih tanpa motif (polos), celana panjang kain warna hitam, dan ikat pinggang. Sedangkan untuk mahasiswa perempuan menggunakan kemeja lengan panjang/pendek berwarna putih tanpa motif, rok panjang warna hitam, serta ikat pinggang. Untuk mahasiswi yang menggunakan jilbab, kemeja tidak wajib dimasukkan ke dalam rok.

Jadwal hari Selasa dan Jumat

Untuk mahasiswa laki-laki menggunakan kemeja lengan panjang/pendek bermotif polos warna cerah, celana panjang warna gelap, dan ikat pinggang. Sedangkan untuk mahasiswa perempuan menggunakan kemeja lengan panjang/pendek bermotif polos warna cerah, rok panjang warna gelap, dan tidak lupa juga menggunakan ikat pinggang.

Jadwal Kamis dan Sabtu (Kuliah Tambahan)

Untuk mahasiswa laki-laki menggunakan kemeja lengan panjang/pendek bermotif batik, celana panjang warna gelap, dan ikat pinggang. Dan untuk mahasiswa perempuan menggunakan kemeja lengan panjang/pendek bermotif batik, rok panjang warna gelap, serta ikat pinggang.

Sedangkan untuk mahasiswa/i jurusan Kepabeanan dan Cukai, menggunakan seragam khusus yang berbeda dari jurusan lainnya. Tidak mengherankan juga karena jurusan ini memang bersifat semi militer.

Manfaat dari adanya aturan penggunaan seragam di PKN STAN ini selain agar mahasiswa disiplin, juga menjadikan mahasiswa PKN STAN memiliki kesamarataan status sosial dalam pendidikan. Dengan adanya penggunaan seragam ini, mahasiswa yang satu dengan yang lainnya tidak perlu berlomba-lomba menjadi diri yang paling hebat.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *