Ketahui 12 Perbedaan Tes PKN STAN dengan Sekolah Kedinasan Lainnya Bersama Bimbel Kedinasan

December 29, 2021

Lulus tes kedinasan merupakan impian banyak orang. Hal ini dikarenakan sekolah kedinasan sudah menjamin pekerjaan jika lulus dari studi. Oleh karena itu bagi siswa SMA yang sangat tertarik dengan sekolah kedinasan harus mempersiapkan strategi dan mengetahui perbedaan tes PKN STAN dengan sekolah kedinasan lainnya Bersama Bimbel Kedinasan.

Perbedaan Tes PKN STAN dengan Sekolah Kedinasan Lainnya

Sekolah kedinasan

Sekolah kedinasan sangat berbeda dengan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang lainnya. Letak perbedaannya bisa dilihat dari pendirinya. Jika sekolah tinggi kedinasan didirikan dan dikelola oleh Lembaga pemerintah baik kementerian maupun non kementerian. Yang menjadi perbedaan selanjutnya adalah bisa langsung mendapat kerja setelah lulus studi.

Macam-Macam Sekolah Kedinasan

Di Indonesia banyak sekali sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan ini didirikan oleh Lembaga pemerintahan yang berbeda beda yang memiliki tujuan yang berbeda beda juga. Berikut ini akan disampaikan mengenai macam macam sekolah kedinasan yang bisa Anda pilih untuk melanjutlan studi Anda dan tentunya sekolah kedinasan ini gratis dan tidak dipungut biaya.

1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negeri Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Sekolah kedinasan ini didirikan dan dikelola oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. STAN akhir akhir ini menjadi sekolah kedinasan favorit yang banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan pekerjaan setelah lulus dari STAN yang menjanjikan yaitu ditempatkan di kementerian.

2. Politeknik Statistika STIS

STIS didirikan dan dikelola oleh Badan Pusat Statistik. STIS menawarkan 2 program studi diploma IV yaitu jurusan Statistika dan jurusan komputasi Statistik. Lulusan STIS ini akan menjadi sarjana.

3. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Sekolah kedinasan ini didirikan dan dikelola oleh Kementerian dalam negeri. Lulusan dari sekolah IPDN ini dipersiapkan agar mampu mengelola pemerintahan baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah.

Perbedaan Tes PKN STAN dengan Sekolah Kedinasan Lainnya Bersama Bimbel Kedinasan

Tes PKN STAN sangat berbeda dengan tes sekolah kedinasan yang lainnya. Jadi bagi Anda yang terterik dengan STAN, harus mempersiapkan strategi dalam menjawab soal tes dan mengetahui perbedaan dengan tes yang lainnya. Baca juga tentang Bimbel Kedinasan Terbaik yang perlu diketahui.

Perbedaan Tes PKN STAN dengan Sekolah Kedinasan Lainnya Bersama bimbel kedinasan yang pertama adalah rangkaian tes yang berbeda.

Tes STAN terdiri dari 3 rangkaian yaitu seleksi administrasi, ujian tulis, dan Tes Psikotes dan TKK. Tentunya rangkaian tes di STAN lebih rumit daripada tes masuk kedinasan yang lain. Sehingga Anda perlu mempersiapkannya sebaik mungkin.

  • Perbedaan Persyaratan umur yang diperbilehkan mendaftar

Untuk ujian STAN, yang boleh mendaftar untuk kategori D1 minimal memiliki umur 17 tahun dan maksimal berumur 20 tahun. Sedangkan untuk yang mendaftar kategori D4 minimal umur adalah 15 tahun dan maksumal 20 tahun.

  • Perbedaan Syarat Tinggi badan

PKN StAN menerapkan minimal tinggi badan khusus untuk jurusan kepabeaan dan cukai. Untuk D1 Kepabean dan Cukai syarat minimal tinggi badan untuk laki laki adalah 165 cm dan 155 cm untuk perempuan. Untuk D3 Kepabean dan cukai minimum tinggi badan untuk laki laki adalah 165 cm.

  • Jenis tes tulis yang banyak

Tes tulis tersiri dari 3 kategori yaitu Tes Potensi Akademik, tes Bahasa inggris, dan tes kompetensi dasar.

  • Tes TPA dan TKD yang hampir mirip tes CPNS
  • Berbeda program studi yang ditawarkan
  • TKK yang rumit dan sangat susah untuk dilewati
  • Biasanya banyak yang gugur dalam tes Bahasa inggris dan TKK
  • Seblum masuk ke ruang tes akan dilakukan pengecekan di seluruh tubuh untuk menghindari kecurangan.
  • Tes diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan langsung.
  • Hasil tes akan keluar secara langsung setelah tes selesai.
  • Ketika melakukan tes, semua peserta wajib menggunakan pakaian formal yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara yaitu menggunakan kemeja putih dan bahwan hitam.

Berikut tadi adalah 12 Perbedaan Tes PKN STAN dengan Sekolah Kedinasan Lainnya Bersama Bimbel Kedinasan. Semoga membantu Anda dalam mendaftar tes di sekolah kedinasan PKN STAN.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.