Sebelum Mendaftar, Ketahui 3 Jurusan POLSTAT STIS

July 28, 2022

Buat kamu yang ingin kuliah bebas biaya dan memiliki kesempatan untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Kamu bisa memilih salah satu dari 3 jurusan POLSTAT STIS, apakah di kuliah di jurusanD-III Statistika, D-IV Statistika, atau lebih memilih jurusan D-IV Komputasi Statistika.

Ini 3 Jurusan POLSTAT STIS yang Bisa Kamu Pilih

POLSTAT STISmerupakan salah satu sekolah kedinasan yang banyak diburu oleh para pelajar lulusan SMA dan sederajat.

Tidak heran jika hal tersebut terjadi karena sekolah kedinasan yang berlokasi di Jakarta Timur ini memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk belajar tanpa dibebani oleh biaya apapun. Jika tertarik, kamu bisa memilih salah satu diantara tiga jurusan yang tersedia, yaitu:

D3 Statistika

Jurusan POLSTAT STIS pertama yang bisa kamu pilih adalah D3 Statistika. Merupakan prodi (program studi) dengan 111 SKS yang dibebankan kepada mahasiswanya untuk ditempuh dalam waktu 3(tiga) tahun.

Terdiri dari 42 mata kuliah yang terdiri dari kuliah teori dan praktikum, ujian komprehensif, praktek kerja lapangan, dan tugas akhir. Komposisi beban SKS tersebut terdiri dari 35% teori dan 65% praktikum.

Akan berlaku sistem drop out (DO) pada jurusan D3 Statistika ini di setiap akhir semester I dan II. Jadi, kamu harus mencapai nilai minimum yang telah ditetapkan jika tidak ingin dikeluarkan dari Politeknik Statistika STIS.

Bagi mahasiswa yang lulus akan mendapat gelar Ahli Madya Statistika (A. Md. Stat.) dan berstatus ikatan dinas pada BPS serta diangkat sebagai CPNS dengan Golongan II-c. Baca juga lokasi PKN STAN dan jurusan yang tersedia di sana.

Penempatannya di kantor BPS di seluruh wilayah Indonesia, terutama akan ditempatkan di tingkat kabupaten/kota.

Para lulusan D3 Statistika ini diproyeksikan sebagai KSK (Koordinator Statistik Kecamatan) dan akan menjadi ujung tombak dari kegiatan statistik di BPS.

D4 Statistika, Jurusan POLSTAT STIS yang Kedua

Kamu bisa memilih kuliah di jurusan D4 Statistika sebagai alternatif yang kedua jika ingin bekerja di kantor BPS. Jumlah SKS yang harus diselesaikan adalah 145 SKS yang komposisinya terdiri dari 40% teori dan 60% praktikum.

Mata kuliah yang dipelajari diantaranya adalah Kalkulus, Aljabar Linier, serta Analisis Data Eksploratif. Di bagian mata kuliah peminatan dibagi lagi menjadi dua kategori.

Pertama adalah peminatan Statistika Sosial dan Kependudukan dan kategori yang kedua adalah Statistika Ekonomi.

Saat lulus nanti, para mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan bergelar sebagai Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.). Namun ingat, sungguh-sungguh lah dalam belajar karena ada sistem drop out (DO) jika gagal mencapai nilai minimum pada tahun pertama.

Jurusan POLSTAT STIS D4 Statistika ini juga berlaku ikatan dinas dan diangkat menjadi CPNS di BPS setelah lulus nanti.

D4 Komputasi Statistik

Untuk jurusan terakhir yang ada di POLSTAT STIS adalah D4 Komputasi Statistik yang membebankan minimal 144 SKS kepada mahasiswanya untuk bisa lulus dan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.).

Jika tidak, maka kamu akan terancam drop out (DO). Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang pemrograman komputer, jaringan, dan pengolahan data serta mengkombinasikan antara metode statistik dan algoritma data mining. 

Saat lulus nanti, kamu juga diangkat menjadi CPNS pada BPS yang penempatannya di seluruh wilayah Indonesia, baik di pusat, provinsi, atau di lembaga lain sesuai dengan penempatannya.

Itulah ketiga alternatif jurusan yang bisa kamu pilih di POLSTAT STIS apabila memiliki cita-cita untuk bekerja di kantor BPS.

Jika telah menentukan pilihan jurusan POLSTAT STIS, jangan lupa untuktetap semangat untuk belajar agar terhindar dari DO (drop out) di semester I. Semoga sukses.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.