Jurusan Politeknik Keuangan Negara STAN Terbaru

Screenshot_2

Jurusan Politeknik Keuangan Negara STAN Terbaru

Jurusan Politeknik Keuangan Negara STAN terdiri dari beberapa macam. Pemilihan jurusan ini penting karena akan berhubungan juga dengan penempatan lulusan nantinya. Memilih jurusan yang tepat harus diawali dengan mengetahui apa saja jurusan yang tersedia dan bisa dipilih, karakteristiknya hingga penempatan lulusan nantinya. PKN STAN sendiri memiliki Program Diploma atau Prodip I dan III yang masing-masing terdiri dari beberapa jurusan berbeda. Mengetahui berbagai jurusan yang ada terutama penting bagi para lulusan SMA yang hendak mendaftar ke PKN STAN supaya tidak salah pilih dan bisa memilih jurusan yang benar-benar tepat sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Jurusan Politeknik Keuangan Negara STAN Diploma I

Terdapat total tiga jurusan atau spesialisasi pada pendidikan Diploma I PKN STAN. Di antaranya adalah Bea dan Cukai, Pajak serta Kebendaharaan Negara. Untuk Prodip I sendiri masa pendidikan adalah selama satu tahun dengan total dua semester serta beban SKS antara empat puluh sampai dengan lima puluh SKS. Lulusan dari Prodip I akan menjadi CPNS pada golongan II.a serta berkesempatan diangkat menjadi PNS yang pangkatnya adalah Pengatur Muda. Untuk penempatan lulusan sendiri sangat beragam, mulai dari kantor pusat dan kantor wilayah Dirjen Pajak, Dirjen Bea dan Cukai, serta kantor-kantor lain yang masih berada di lingkup Kemenkeu.

Jurusan Politeknik Keuangan Negara STAN Diploma III

Terdapat sebanyak enam jurusan atau spesialisasi pada pendidikan khusus untuk Prodip III PKN STAN. Keenamnya meliputi tiga jurusan yang juga tersedia pada pendidikan Prodip I serta tiga jurusan yang hanya tersedia pada Prodip III yaitu Akuntansi, Penilai dan Manajemen Aset. Masa pendidikan Prodip III adalah selama tiga tahun dengan total enam semester, sementara untuk jumlah SKS yang dibebankan berkisar antara seratus sepuluh sampai seratus dua puluh SKS. Lulusan Prodip III akan diangkat CPNS golongan II.c dan diangkat PNS dengan pangkat Pengatur. Penempatan lulusannya juga sangat beragam, mulai dari Setjen Kemenkeu, Dirjen Pajak, Dirjen Bea dan Cukai, KPP Pratama, hingga Kanwil di tiap wilayah. Demikian informasi mengenai jurusan Politeknik Keuangan Negara STAN.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *