Jurusan-jurusan yang Ada di STAN

Jurusan-jurusan yang ada di STAN ada 6 lho.
Saranku, tanya mahasiswa STAN yang kamu kenal mengenai jurusan yang ada.

Dibawah ini aku berikan keterangan secara umum. Cuma buat gambaran aja.
Keterangan lebih detail dan isu-isu yang ada, sengaja tidak aku
publikasikan disini.

1. Administrasi PERPAJAKAN atau *PAJAK*

Gak jauh dari namanya, jurusan ini emang ngurusin pajak. Pajak
penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan berbagai jenis pajak yang
lain. Tapi tentunya yang dipelajarin bukan hanya pajak aja, masih ada
akuntansi, bahasa inggris, budaya nusantara, dan yang lain-lain. Budaya
nusantara juga dipelajarin karena mahasiswa yang bisa ditempatkan di
seluruh Indonesia. Biasanya setelah lulus dari jurusan ini, kita
ditempatkan di Direktorat Jendral Perpajakan.

Sebenarnya bukan jurusan pajak yang menentukan besarnya gaji dan
tunjangan, tapi yang menentukan besarnya gaji adalah dimana dia bekerja.
Jurusan akuntansi pun bisa masuk ke Direktorat Jenderal Perpajakan. Tapi
yang jelas sebagian besar mahasiswa perpajakan bekerja di Direktorat
Jenderal Perpajakan. Gaji dan tunjangan Golongan 3A di Direktorat
Jendral Perpajakan sekitar 12 juta. Like this…

Kenapa saya tidak memilh jurusan ini, simple alasannya, karena saya
tidak tahu. Saya baru tahu setelah kuliah di STAN. Walau bagaimana pun,
aku tetep bersyukur bisa kuliah di STAN.

Yang diterima sekitar 400 orang setiap tahun.

1. *2. **AKUNTANSI PEMERINTAHAN*

Jurusan ini yang paling banyak diterima di STAN. Sekitar setengah dari
mahasiswa STAN adalah jurusan akuntansi. Setelah survei ke jurusan yang
lain, jurusan ini relatif yang paling sulit di STAN karena ada pelajaran
yang namanya akuntansi. Akuntansi dibahas abis-abisan disini. Akuntansi
dipelajari secara mendalam. Jadi wajar kalau tiap tahun banyak mahasiswa
STAN yang ke DO di jurusan ini. Saya juga ikut stress gara-gara belum
ngerti pelajaran satu ini. Tapi aku tetep bersyukur pernah dapat index
prestasi 3,70.

Setiap tahun yang diterima di akuntansi sekitar 1000 orang. Yang ter DO
tiap tahun sekitar 30 orang.

Tapi tentu saja jurusan ini tidak hanya mempelajari akuntansi, ada
pelajaran tentang pajak, bea cukai, dan lain-lain. Pelajaran selain
akuntansi memang diperlukan karena kedepannya jurusan ini bisa
ditempatkan dimana saja.

Penempatannya paling fleksibel, bisa di Badan Pemeriksa Keuangan, bisa
di Departemen Keuangan, dan lain-lain.

1. *PENILAI* (Pajak Bumi dan Bangunan)

Bisa dibilang ini adalah jurusan tekniknya STAN. Bagi yang suka
matematika dan fisika, di PENILAI masih ada kok pelajaran yang membahas itu.

Secara teori penilaian itu dapat diartikan sebagai proses pekerjaan
seseorang penilai dalam memberikan opini tertulis mengenai nilai
ekonomis pada saat tertentu seperti perumahan, kantor, toko, apartemen
dan sebagainya. Mata kuliah yang dipelajari perencanaan kota, teknologi
bangunan, ilmu ukur tanah. Tak lupa juga ada akuntansinya juga, tapi gak
extrim sulitnya. Ada juga statistik, hukum, ekonomi dan lain-lain. Semua
dipelajari, tapi gak terlalu mendalam. Nyante aja, gampang kok di
jurusan ini.

Penempatan biasanya di Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal
Kekayaan Negara.

1. *Kepiutanglelangan* atau Pengurusan Piutang Lelang Negara (PPLN)

Asing di telinga sebagian besar orang. Bisa dibilang ini jurusan
hukumnya STAN. Mata kuliahnya aja ada penilaian, pengetahuan lelang,
pengurusan piutang lelang Negara, hukum perikatan, pemeriksaan dan
penyitaan dan lain-lain. Gak ketinggalan ada juga jurusan akuntansiny,
tapi yang ini gampang kok. Jarang banget ada yang /drop out/ dari
jurusan ini.

Mata kuliah yang lain juga masih banyak, contohnya nih, pengantar
ekonomi, pengantar bisnis dan manajemen, hukum administrasi, hukum
keuangan Negara, pengantar perpajakan.

1. *5. **Bea Cukai (khusus laki-laki)*

Jurusan ini semimiliter. Tempat kuliahnya terpisah dengan jurusan yang
lain. Bagi yang suka yang berbau militer, jurusan ini yang paling cocok.
Mata pelajarannya standart aja kayak yang lain, tetapi tentu aja ada
pelajaran yang khusus buat Bea Cukai.

Penempatan tentunya di Direktorat Jenderal Bea Cukai. Tersebar di
seluruh Indonesia tercinta. Di pelabuhan-pelabuhan dan di
bandara-bandara serta di daerah penghasil rokok.

1. Kebendaharaan Negara

Jurusan ini gak jauh beda dengan akuntansi. Tapi tentunya ini lebih
nyante dari jurusan akuntansi.

Pemilihan jurusan ini ada skala prioritas. Yang menentukan skala
prioritas itu sendiri adalah ANDA. Kalau tahun 2009 saat pendaftaran
kita disuruh untuk memilih 4
jurusan.

TIPS memilih jurusan yang saya berikan untuk Anda:

1. Pilih jurusan yang paling Anda minati terlebih dulu.
2. Kalau belum ada atau belum tahu jurusan yang diminati, saya beri
listnya…

Rekomendasi saya:

1. ADMINISTRASI PERPAJAKAN (karena kesempatan ke Direktorat Jendral
Pajak sangat besar) (Bea cukai oke juga bagi yang cowok)
2. PENILAI (Pajak Bumi dan Bangunan) (karena kesempatan ke Direktorat
Jendral Pajak besar)
3. AKUNTANSI PEMERINTAHAN

Intinya, jurusan yang Anda pilih sebaiknya ada AKUNTANSI dan
PERPAJAKANNYA, karena jurusan itu diterima paling banyak. Jadi peluang
Anda untuk diterima di STAN semakin besar.

Sebenarnya yang menentukan kamu di jurusan apa adalah nilai dan pilihan
jurusanmu. Kalo nilai USM STAN -mu bagus, kamu
bisa mendapatkan jurusan sesuai pilihanmu. Kalo kurang bagus, kamu bisa
ditempatkan di jurusan yang bahkan tidak kamu pilih.

Apapun jurusannya, anda harus sangat bersyukur bila anda bisa diterima
di STAN. Kita akan mencintainya ketika kita sudah terbiasa…

Segera mendaftar ketika pendaftaran stan





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *