Menggunakan UTBK, Jadwal dan Syarat UTBK 2021

June 15, 2022

Menggunakan UTBK, Jadwal dan Syarat UTBK 2021! Perlu Kamu tahu bahwa pendaftaran jalur UTBK-SBMPTN sudah dibuka sejak tanggal 15 Maret 2021, tepatnya pukuk 15.00 WIB. Nah bagi Kamu lulusan SMA/SMK/MA tahun 2019 hingga 2021, sudah bisa mendaftarkan diri ya.

Perlu Kamu catat dan ingat lagi, jika pendaftaran jalur tersebut akan berakhir pada tanggal 1 April 2021. Selain itu dalam proses mendaftarkan diri ada baiknya Kamu menggunakan komputer atau laptop, untuk kelancaran proses pendaftarannya. Oh iya pastikan juga jika koneksi internet Kamu sangat lancar, guna meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Membahas soal pendaftaran ada informasi seputar UTBK 2021, yang perlu Kamu tahu. Lantas seperti apa jadwal dan syarat apa saja yang diperlukan?, mari simak bersama-sama ulasan di bawah ini.

jadwal dan syarat UTBK 2021
jadwal dan syarat UTBK 2021

Perlu Kamu Tahu, ini dia Jadwal dan Syarat UTBK 2021

Ini dia syarat untuk Peserta UTBK 2021

Pertama, persyaratan pertama untuk peserta UTBK 2021 adalah sudah memiliki akun LTMPT. simak juga tentang pembobotan nilai UTBK

syarat kedua,adalah harus merupakan siswa SMA/SMK/MA sederajat. Ada beberapa syarat yang perlu Kamu ketahui diantaranya:

  • Siswa kelas 12 lulusan tahun 2021, atau paket C maksimal usia 25 tahun.
  • Lulusan 2019 dan 2020 SMA/SMK/MA sederajat atau paket C maksimal usia 25 tahun.

Ketiga, peserta memilih prodi studi dengan syarat:

  • Jika peserta ingin memilih prodi SOSHUM, maka tes yang harus diikuti adalah TPS dan TKA SOSHUM.
  • Peserta ingin memilih prodi SAINTEK, maka tes yang harus diikuti adalah TPS dan TKA SAINTEK.
  • Jika peserta ingin memilih prodi campuran yakni Soshum dan Saintek, maka tes yang diikuti adalah TPS, TKS SAINTEK dan SOSHUM.

Jadwal dan syarat UTBK 2021 yang keempat adalah peserta sudah dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPTN. Peserta tersebut dinyatakan tidak lulus SMPTN pada tahun 2019, 2020 dan 2021.

Terakhir melakukan pembayaran biaya untuk UTBK 2021 melalui bank mitra LTMPT, yakni BRI, BNI, BTN, atau Mandiri.

Catat!, ini dia Jadwal UTBK 2021

Adapun jadwal dari UTBK itu sendiri sebagai berikut:

  • Pendaftaran UTBK dan juga SBMPTN dimulai pada tanggal 15 Maret 2021, dan berakhir pada tanggal 1 April 2021.
  • Pendaftaran UTBK ada dua gelombang. Gelombang pertama pada tanggal 12 hingga 18 April 2021. Sedangkan pendaftaran untuk gelombang 2 pada tanggal 26 April hingga 2 Mei 2021.
  • Pengumuman seleksi UTBK untuk Jalur SBMPTN pada tanggal 14 Juni 2021, pada pukul 15.00 WIB.

Berikut Hal yang Perlu Kamu Tahu

Seperti yang telah disampaikan di atas mengenai jadwal UTBK . Ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui diluar jadwal dan syarat-syarat UTBK, karena ditahun 2021 ini ada perubahan. Jika Kamu mungkin mengetahui UTBK hanya untuk seleksi jalur berbasis SBMPTN saja, di tahun ini berbeda. Ada beberapa perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta, mulai memberlakukan nilai UTBK sebagai seleksi jalur Mandiri loh.

Alasan utama mengapa sekarang nilai UTBK diberlakukan untuk seleksi Mandiri, sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus corona. Mengingat virus corona hingga saat ini di Indonesia belum usai, maka banyak rencana yang mengalami perubahan. Salah satunya mengenai pemberlakuan dan pembobotan nilai UTBK 2021.

Nah itu saja yang dapat kami sampaikan seputar jadwal dan syarat UTBK 2021. Dengan adanya informasi ini diharapkan Kamu yang ingin mengikuti seleksi lewat nilai UTBK, untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Semakin tinggi nilai UTBK yang dimiliki, maka semakin besar peluang masuk perguruan tinggi yang diinginkan.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.