Informasi Terkait PKN STAN Indonesia

Screenshot_26

Informasi Terkait PKN STAN Indonesia

PKN STAN Indonesia merupakan pendidikan tinggi dengan status ikatan dinas yang berada langsung di bawah Kementerian Keuangan. PKN STAN dulunya bernama STAN saja, namun akhirnya diubah menjadi PKN STAN untuk menegaskan status sebagai perguruan tinggi yang setara dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. PKN STAN menyelenggarakan pendidikan antara lain Prodip Bidang Keuangan yang terdiri dari Akuntansi, Perpajakan serta Bea Cukai. STAN berdiri atas dasar hukum dari Keputusan Presiden serta Peraturan Menteri Keuangan pada tanggal 18 Februari tahun 1977. Prodi yang diselenggarakan sendiri khusus untuk lulusan SMK, SMA serta MA dengan Prodip I serta Prodip III.

PKN STAN Indonesia dan Program Diploma Yang Tersedia

Program Diploma atau Prodip yang tersedia di PKN STAN terbagi dua yaitu Prodip I serta Prodip III. Untuk Prodip I sendiri antara lain tersedia spesialisasi di bidang Pajak, Bea dan Cukai serta Kebendaharaan Negara. Sementara khusus Prodip III tersedia spesialisasi di bidang Akuntasi, Penilai dai Pengurusan Piutang serta Lelang Negara. Ada pula beberapa prodi non reguler yang terdiri dari Prodip IV akuntansi, Prodip III kurikulum khusus sebagai ajun akuntan, Prodip III spesialisasi pajak serta prodi pembantu akuntan atau PA. Lama pendidikannya adalah satu tahu untuk Prodip I serta tiga tahun untuk Prodip III.

PKN STAN Indonesia dan Tempat Kuliah

Pendidikan Prodip I bidang keuangan yang dilaksanakan selama satu tahun terbagi ke dalam dua semester. Tempat pendidikannya sendiri di kampus PKN STAN Bintaro serta balai diklat keuangan yang berada di delapan daerah di seluruh Indonesia, antara lain Palembang, Medan, Yogyakarta, Balikpapan, Cimahi, Malang, Makassar serta Manado. Sementara Prodip III bidang Keuangan dilaksanakan selama tiga tahun yang terbagi ke dalam enam semester di mana tempat kuliahnya hanya di kampus PKN STAN Bintaro. Mahasiswa tidak akan dipungut biaya apapun selama masa perkuliahan, hanya diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran, kelembagaan serta wisuda. Selebihnya gratis tanpa syarat. Demikian informasi mengenai PKN STAN Indonesia.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *