INFO PKN STAN YANG PERLU KAMU KETAHUI

Info PKN STAN yang perlu kamu ketahui – Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Lokasinya berada di Bintaro, Tangerang Selatan, tepatnya di Jalan Bintaro Sektor V. Kampus PKN STAN nampak megah dari luar, begitupun ketika kamu memasuki area kampus PKN STAN di dalamnya.

pkn stan

Untuk menuju PKN STAN, kamu dapat mengendarai kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Untuk pengguna transportasi umum, kamu bisa menaiki KRL (kereta rangkaian listrik) dan turun di Stasiun Pondok Ranji. Rutenya adalah setelah transit di Stasiun Tanah Abang, kamu harus berpindah kereta dengan rute Serpong, Maja, atau Rangkasbitung. Setelah turun dari Stasiun Pondok Ranji, kamu dapat menggunakan transportasi ojek online. Hanya butuh waktu 5-10 menit untuk sampai di kampus PKN STAN.

Fasilitas Kampus PKN STAN

Seperti kampus pada umumnya, PKN STAN memiliki beberapa gedung yang digunakan sebagai sarana belajar mengajar, lengkap dengan akses internet bebas (Wi-Fi) dan ruang belajar yang nyaman. Selain itu ada gedung Student Center, perpustakaan, masjid, kantin, dan sebagainya yang bisa kamu datangi.

Ada bangunan yang iconic pada PKN STAN, yakni air mancur yang berada di bagian depan kampus. Air mancur ini menjadi lokasi andalan mahasiswa PKN STAN untuk berfoto, juga menjadi andalan lokasi foto bagi siswa SMA/sederajat yang sengaja mendatangi kampus PKN STAN untuk mencari informasi dan memiliki harapan untuk masuk PKN  STAN.

Jurusan dan Program Studi PKN STAN

Terdapat empat jurusan yang ada di kampus PKN STAN, yakni Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, serta Manajemen Keuangan. Dari jurusan-jurusan tersebut, dipecah lagi menjadi beberapa program studi yang terdiri dari diploma I (D-I), diploma III (D-III) dan diploma IV (D-IV).

Lama pendidikan yang ditempuh D-I adalah satu tahun atau setara dua semester, sedangkan untuk D-III adalah tiga tahun atau setara enam semester. Program D-IV hanya dikhususkan bagi lulusan PKN STAN yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di PKN STAN. Sehingga untuk mahasiswa baru lulusan SMA/sederajat hanya bisa memilih program D-I maupun D-III.

Program diploma yang ditempuh juga akan menjadi pembeda golongan PNS yang di dapat. Ya, lulusan PKN STAN nantinya akan langsung memperoleh pekerjaan baik di Kemenkeu ataupun Nonkemenkeu, baik di pusat ataupun di daerah dengan stasus CPNS selama setahun. Setelah itu statusnya akan berganti menjadi PNS.

Sangat menarik, bukan?

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *