Format dan Informasi Laporan PKL PKN STAN

Screenshot_11

Format dan Informasi Laporan PKL PKN STAN

Laporan PKL PKN STAN merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa PKN STAN setelah melakukan peningkatan kualitas melalui pendidikan dan pelatihan di balai pendidikan dan latihan keuangan. PKL merupakan Praktik Kerja Lapangan yang digunakan untuk memenuhi persyaratan kelulusan pendidikan Diploma-I ataupun Diploma-III di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Oleh sebab itu, PKL merupakan salah satu agenda yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa PKN-STAN. Berdasarkan prosedur pelaksanaan PKL, PKL dilaksanakan di balai pendidikan dan pelatihan keuangan ataupun instansi keuangan dan lembaga pemerintah lainnya, menyesuaikan dengan program studi yang diambil, yang kemudian pelaksanaan PKL dilakukan dalam kelompok kecil, masing-masing beranggotakan lima orang, demi memenuhi kualitas dan kemudahan dalam mengakses informasi selama masa PKL.

Prosedur Laporan PKL PKN STAN

Tidak jauh berbeda dengan penulisan proposal ilmiah pada pendidikan S-1, laporan PKL yang harus dikerjakan oleh masing-masing mahasiswa berisi informasi yang diperoleh selama menjalani masa PKL di instansi maupun lembaga keuangan negara yang dipilih. Oleh sebab itu, selain memenuhi kualitas dan kondusivitas selama masa PKL dengan membagi kelompok PKL dalam kelompok-kelompok kecil, pembagian kelompok kecil ini pun bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan judul laporan PKL yang akan dikerjakan. Tidak mengherankan bahwa masing-masing mahasiswa PKN STAN menganggap bahwa penugasan PKL merupakan salah satu agenda wajib yang tidak dapat disepelekan, mengingat laporan PKL, yang akan dituangkan dalam laporan akhir, merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari program Diploma-I maupun Diploma-III yang telah mereka pilih.

Format Laporan PKL PKN STAN

Format pengerjaan laporan PKL tidak jauh berbeda dengan penulisan proposal riset yang dikerjakan oleh mahasiswa program studi S-1, yaitu:

  • Judul laporan PKL yang sesuai dengan program studi atau jurusan yang dipilih.
  • Pendahuluan, meliputi latar belakang, tujuan penulisan laporan PKL, ruang lingkup pembahasan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan
  • Uraian permasalahan, yaitu berupa permasalahan yang akan disorot selama pelaksanaan PKL, serta gambaran umum tempat pelaksanaan PKL.
  • Landasan Teori
  • Pembahasan

Hm, memang benar, tidak mudah, bukan, bertahan di STAN selama dua semester atau enam semester, dan justru gagal pada saat mengerjakan laporan PKL PKN STAN?





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *