Ditempatkan Dimana Sajakah Lulusan PKN STAN?

Screenshot_34

Ditempatkan Dimana Sajakah Lulusan PKN STAN?

Lulusan PKN STAN memang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya apalagi jika melihat saat ini PKN STAN telah dipercaya sebagai salah satu pemasok sumber daya manusia untuk mengisi posisi-posisi penting di bidang keuangan Negara. PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN ini merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah Kementerian Keuangan yang bertanggung jawab pada Menteri Keuangan melalui Kepada BPPK ( Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan). Lalu, bagaimanakah prospek dari seorang lulusan perguruan tinggi dibawah Kementerian Keuangan tersebut?

Lulusan PKN STAN dan Penempatan Kerjanya

PKN STAN sudah tidak usah dipertanyakan lagi merupakan salah satu incaran calon mahasiswa di Indonesia dimana lulusan dari perguruan tinggi tersebut sudah memiliki sebuah posisi yang pasti dalam hal pekerjaan. Lalu, dapat bekerja dimana sajakah para lulusan STAN tersebut?

  • Kementerian Keuangan

Salah satu tempat yang pasti membutuhkan para lulusan STAN adalah Kementerian Keuangan. Dengan menjadikan PKN STAN sebagai tempat pendidikan mahasiswa yang menghasilkan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam lingkungan keuangan Negara, sudah pasti para lulusan STAN diharapkan dapat mengisi posisi-posisi untuk mengelola keuangan Negara di lingkungan kementerian keuangan.

  • Lembaga selain Kementerian Keuangan

Namun, para lulusan STAN juga bisa ditempatkan di posisi lain diluar Kementerian Keuangan, misalnya Kementerian lembaga lain, lembaga internasional, pemerintah daerah dan lembaga-lembaga lainnya yang membutuhkan tenaga keuangan.

Lulusan PKN STAN dan Kompetensi Keahliannya

Setelah dinyatakan lulus dari PKN STAN dengan memenuhi selurus SKS yang ada dan memuhi syarat yang telah dipersyaratkan, seorang lulusan STAN akan memiliki kemampuan dalam bidang yang sesuai dengan jurusan yang telah ia ambil. Kompetensi Keahlian tersebut terdiri dari Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Manajemen Negara. Kemudian setelah lulus, mereka akan diangkat menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Kementerian Keuangan maupun instansi lainnya baik instansi pemerintah yang berada di pusat maupun daerah. Dalam hal ini lulusan PKN STAN akan berada di golongan II.a untuk D1 dan II.c untuk D3.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *