3 Syarat Akademik Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Daftar STMKG

July 4, 2022

Hai guys tahukah kamu jika saat ini ada salah satu sekolah kedinasan yang juga membuka pendaftaran loh. STMKG sudah membuka pendaftaran untuk para taruna taruni baru dengan tahun akademik 2022-2023. Daftar STMKG bisa kamu lakukan mulai tanggal 9 April lalu dengan cara melalui portal SSCASN sekolah kedinasan serta portal pendamping institusi milik sdmkg sendiri.

STMKG sendiri adalah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika yang didirikan di bandung tahun 1955. Awal mula PTB ini sendiri bernama Akademi Meteorologi Dan Geofisika yang kampusnya berada pada Institut Teknologi Bandung.

Dan kemudian sekitar tahun 1960 AMG pindah ke Jakarta dan kampusnya berada pada kantor lembaga meteorologi dan geofisika. Singkat cerita tahun 2014 adalah tahun yang paling bersejarah karena tahun ini Akademi Meteorologi Dan Geofisika (AMG) menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika.

Di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG). Sekolah tinggi meteorologi klimatologi dan geofisika mempersiapkan kadar tenaga ahli tingkat madya untuk mendukung tugas BMKG.

Mengingat BMKG adalah lembaga acuan pertama di Indonesia untuk memberikan informasi mengenai meteorology, klimatologi, geofisika dan kualitas udara. Dan perlu kamu ketahui secara teknis akademik pembinaannya oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan namun secara teknis operasional oleh kepala BMKG.

Ada berapa sih program studi pada STMKG? Untuk program studinya sendiri yaitu sarjana terapan meteorology, sarjana terapan klimatologi, sarjana terapan geofisika dan terakhir sarjana terapan instrumentasi.

Untuk sarjana terapan instrumentasi artinya meliputi meteorology, klimatologi, kualitas udara dan geofisika. Namun sebelum itu kamu harus mengetahui tiga syarat akademik untuk nanti kamu mendaftar STMKG.

Beberapa Persyaratan Untuk Daftar STMKG 2022

Syarat Akademik Untuk Daftar STMKG

Persyaratan akademik ketika pendaftaran STMKG ada 3 antara lain.

  1. Untuk yang lulus atau akan lulus sekolah menengah atas atau madrasah Aliyah atau sekolah menengah kejuruan dan yang sederajat bisa untuk semua jurusan.
  2. Untuk kamu yang lulus pada tahun 2022 ini serta ijazahnya belum keluar. Kamu bisa dan wajib untuk menggunakan surat keterangan lulus atau surat keterangan aktif kelas XII
  3. Wajib melampirkan nilai raport dari semester 1 sampai semester 5 SMA sederajat. Baca juga daftar ulang STIN supaya tidak bingung.

Beberapa persyaratan untuk mendaftar STMKG

Selain persyaratan akademik ada persyaratan umum yang perlu kamu ketahui berikut ini.

  1. Warga negara Indonesia pria ataupun wanita bisa menjadi taruna taruna di sini.
  2. Pastinya kamu harus sehat jasmani dan rohani tidak buta warna. Bisa menggunakan kacamata dengan lensa maksimal minusl 4, lensa silinder minus 2 serta nantinya bersedia untuk melakukan pengobatan lasik dengan biaya sendiri.
  3. Per tanggal 1 September 2022 umur calon peserta tidak boleh kurang dari 15 tahun dan tidak boleh lebih dari 23 tahun.
  4. Pastinya calon peserta taruna/taruni belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menempuh proses pendidikan STMKG.
  5. Calon taruna/taruni harus bebas narkoba dengan bukti tes kesehatan yang dilakukan.
  6. ketika mendaftar bersedia untuk tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah kerja BMKG daerah NKRI.
  8. Untuk untuk calon taruna pria mempunyai tinggi badan sekurang-kurangnya 160 cm dan untuk taruna wanita sekurang-kurangnya 155 cm. Bentuknya dengan berat badan yang ideal sesuai dengan anjuran.

Itulah persyaratan umum dan persyaratan akademik untuk daftar STMKG 2022.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.