5 Syarat Administrasi Ini Harus Kamu Penuhi untuk Daftar STIN

November 17, 2022

Punya keinginan untuk menjadi badan intelijen negara, itu artinya kamu harus siap memenuhi semua persyaratan untuk daftar STIN dan bersaing dengan ribuan calon lainnya. Jika berhasil lolos uji seleksi dan terpilih sebagai taruna/taruni.

Maka, kamu akan terbebas dari biaya kuliah dan bahkan dijamin akan diangkat menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) setelah lulus nanti.

Syarat Administrasi untuk Daftar STIN

Mengutip dari situs resmi STIN, setiap taruna/taruni diharapkan bisa menyajikan intelijen secara akurat, cepat, dan tepat yang sesuai dengan perannya sebagai Personal Intelijen Negara.

Namun sebelum bisa mengikuti seleksi tersebut, terlebih dahulu persiapkan enam persyaratan administrasi berikut ini.

Surat Izin

Persyaratan administrasi yang harus dibawa untuk daftar STIN salah satunya adalah berupa surat izin dari orangtua atau orang yang menjadi wali. Hal ini mutlak harus kamu siapkan agar bisa lolos dan masuk ke tahap penyeleksian yang berikutnya.

Surat Keterangan

Persyaratan yang kedua adalah hal-hal yang berkaitan dengan berbagai surat keterangan, diantaranya adalah:

~ Surat keterangan yang menyatakan bahwa telah lulus dari jenjang pendidikan yang sebelumnya.

~ Surat keterangan sehat dari Puskesmas atau RSUD yang menyatakan bahwa kamu tidak buta warna dan memiliki badan yang sehat.

~ Surat keterangan bahwa bebas dari Narkoba dari pihak RSUD.

~ Surat keterangan dari Kelurahan atau Kepala Desa yang menyatakan bahwa kamu belum pernah menikah. Baca juga Bimbel STAN Surakarta yang memberikan hasil maksimal.

Pas Foto Diri dan Foto Orang Tua/Wali untuk Daftar STIN

Syarat yang dibutuhkan berikutnya untuk melakukan pendaftaran sebagai taruna/taruni di STIN adalah berupa pas foto berwarna dengan ketentuan sebagai berikut:

~ Peserta putri (calon taruni), pas foto dengan latar belakang berwarna biru.

~ Peserta putra (calon taruna), pas foto dengan background berwarna merah.

Kamu harus menyiapkan pas foto tersebut dengan ukuran 4x6 sebanyak satu buah. Kemudian, siapkan pula foto berwarna untuk seluruh badan berukuran postcard dengan menggunakan pakain putih dan bawahan berwarna hitam bahan.

Foto postcard tersebut terdiri dari empat bagian, yaitu foto dengan tampak bagian depan, tampak belakang, serta tampak samping untuk sisi kanan dan sisi kiri. Selain itu, masih ada satu lagi yang harus kamu siapkan, yaitu foto orang tua atau wali 

Foto Copy Ijazah

Syarat administrasi yang berikut ini menjadi syarat wajib yang tidak boleh terlupakan. Yaitu berupa foto copy ijazah kelulusan untuk jenjang SMA/ MA/ SMK dengan nilai rata-rata 70 (tujuh puluh).

Selain itu, kamu juga harus menyertakan foto copy raport dengan nilai rata-rata 70 dan terdiri dari:

~ Fotocopy raport yang menyatakan telah lulus SMA/ MA/ SMK

~ Foto copy  semester genap untuk raport kelas X dan XI

~ FC raport semester genap kelas XI

Foto Copy Akta Lahir

Syarat administrasi yang keenam sebagai pelengkap persyaratan yang sebelumnya adalah berupa foto copy akta kelahiran. Selain itu, sertakan pula foto copy Kartu Keluarga (KK) dan foto copy kartu BPJS.

Itulah keenam syarat administrasi yang harus kamu penuhi ketika memutuskan untuk menjadi calon taruna/taruni di STIN.

Jangan lupa untuk menyiapkan semua persyaratan tersebut dan lakukan cek ulang kelengkapannya agar saat membuka laman https://dikdin.bkn.go.id untuk daftar STIN, semua proses pendaftarannya bisa kamu jalani dengan lancar tanpa hambatan. Semoga sukses.  

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.