13 Syarat Yang Harus Kamu Penuhi Untuk Daftar Poltekim Dan Poltekip

June 4, 2022

Hai sobat bagaimana apakah kamu sudah memutuskan belum ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi kedinasan yang mana? Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi kedinasan memang adalah salah satu kebanggaan untuk beberapa orang. Jika kamu setuju dan masih bingung memutuskan untuk memilih sekolah kedinasan mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk daftar poltekim dan poltekip.

Apa sih poltekip dan poltekim itu? Poltekip atau Politeknik Ilmu Pemasyarakatan adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia. Begitu pula dengan poltekim yang merupakan Politeknik Imigrasi di bawah naungan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia juga.

Nah karena kedua perguruan tinggi kedinasan ini menerapkan sistem pendidikan kedinasan. Apakah secara otomatis mahasiswa atau taruna yang nantinya menempuh pendidikan di kehidupan sekolah kedinasan itu biaya kuliahnya gratis.

Bukan hanya itu saja nanti setelah lulus kuliah akan memperoleh jaminan mendapatkan pekerjaan dan menjadi aparatur sipil negara. Untuk program studi pada poltekip ada tiga yaitu teknik pemasyarakatan, manajemen pemasyarakatan dan bimbingan permasyarakatan.

Sedangkan program studi poltek ada 5 yaitu keimigrasian, administrasi keimigrasian, hukum keimigrasian, manajemen keimigrasian dan manajemen teknologi keimigrasian. Berikut ini syarat untuk menjadi calon taruna/taruni poltekim dan poltekip.

Inilah Syarat Untuk Daftar Poltekim Dan Poltekip

Beberapa Syarat Daftar Poltekim Dan Poltekip

  1. Harus warga negara republik Indonesia entah itu pria ataupun wanita.
  2. Pendidikan minimal SMA sederajat dan nilai ijazahnya rata-rata 7,0. Serta nilai bahasa Inggris sekurang-kurangnya 7,0 untuk raport semester akhir. Teruntuk putra daerah asli Papua dan Papua barat nilai ijazah rata-rata 6,0 dan nilai bahasa Inggrisnya juga 6,0.
  3. Berusia paling rendah 17 tahun dan tidak lebih dari usia 22 tahun dengan lampiran akte kelahiran atau surat keterangan lahir.
  4. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan untuk wanita minimal 158 cm. Untuk berat badan yang ideal sesuai dengan pengukuran yang pelaksanaannya ketika verifikasi dokumen asli.
  5. Mempunyai badan yang sehat tidak ada cacat fisik dan mental bebas HIV AIDS bebas narkoba. Bukan hanya itu saja tidak memakai kacamata atau kontak lensa tidak buta warna dan tidak tuli.
  6. Untuk pria tidak bertato atau ada bekas tato dan tidak ditindik atau bekas tindik pada anggota badan lainnya. Terkecuali karena suatu sebab yaitu ketentuan agama atau adat istiadat daerah.
  7. Untuk wanita tidak ada tato atau bekas tato dan tidak ada tindik atau bekas tindik pada anggota badannya terkecuali telinga.
  8. Belum pernah menikah dengan lampiran bukti surat keterangan dari lurah dan pernyataan sanggup tidak menikah ketika menempuh pendidikan.
  9. Bersedia untuk penempatan pada unit pelaksanaan teknis pemasyarakatan dan imigrasi seluruh wilayah Indonesia.
  10. Tidak pernah drop out dari poltekim atau Poltekip atau sekolah kedinasan pemerintah yang lain.
  11. Membuat serta mengisi formulir pernyataan dan lengkapi surat-surat keterangan lainnya setelah verifikasi lulus sebagai calon siswa atau siswi.
  12. Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau tidak menjalani pekerjaan dengan instansi atau perusahaan lain. Baca juga tentang Syarat dan Pendaftaran Sekolah Akuntansi Negara Malang yang perlu di ketahui.
  13. Membuat serta mengisi formulir pernyataan dan lengkapi surat keterangan lainya usai verifikasi lolos sebagai calon taruna/taruni

Itulah 13 persyaratan yang wajib kamu penuhi untuk daftar poltekim dan poltekip.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.