daftar PKN STAN

Siapkan Berbagai Macam Syarat Daftar PKN STAN

Siapkan berbagai macam syarat daftar PKN STAN. Anda ingin mendaftar menjadi mahasiswa PKN STAN? Lalu Anda bingung apa persyaratannya? Tenang! Disini akan kami bahas tuntas persyaratan untuk mendaftar PKN STAN yang bisa menjamin Anda lolos.

Sebelum mendaftar Anda perlu tahu bahwa ada dua program di PKN STAN. Yaitu program reguler dan afirmasi. Program reguler berlaku untuk semua pendaftaran yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan afirmasi ada kekhususan untuk pendaftaran yang mengisi formasi di daerah Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Barat.

daftar PKN STAN
daftar PKN STAN

Berikut  beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat daftar PKN STAN

Daftar PKN STAN saat lulus sekolah menengah atas

Jika sudah tahu program diatas, anda harus memenuhi persyaratan daftar PKN STAN yang lain. Yang terpenting adalah Anda merupakan lulusan tahun tersebut dan satu tahun sebelumnya. Jika Anda mendaftar PKN STAN tahun 2020, setidaknya Anda harus lulusan 2020 atau 2019.

memiliki nilai rata-rata diatas 70

Selain lulusan, nilai Anda harus bagus. Setidaknya Anda nilai rata-rata Anda tidak di bawah 70 kalau skalanya 100 atau 2,8 jika skalanya adalah 4,0. Jika nilai Anda kurang seperti yang telah dijelaskan pikir-pikir ulang dulu.

Segi usia

Dari segi usia. Seseorang yang melakukan daftar PKN STAN maksimal umur 20 tahun pada bulan September. Jika ukuran minimal, Anda harus mempunyai umur di atas 17 tahun pada bulan September.

Kesehatan

Selanjutnya dari segi kesehatan. Sebelum Anda sebaiknya lakukan olahraga yang rutin dan cek kesehatan.

Karena ada beberapa surat-surat kesehatan yang diperlukan seperti surat sehat dan surat bebas napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

Anda juga tidak boleh mempunyai cacat badan seperti tulang patah, bengkok dan lainnya. Mata Anda juga tidak boleh buta warna. Selain itu Anda bukan pengguna kacamata berlensa baik minus, plus, maupun silinder. Jika masih di bawah 2 dioptri masih ditoleransi.

Masih tentang kesehatan. Seseorang yang mendaftar harus mampu melihat, melihat dan berbicara dengan baik. Anda harus dapat bergerak dengan sendiri tanpa bantuan sebuah alat. Anda juga harus dapat menyelesaikan tugas uang memerlukan analisis, mengetik, bahkan diskusi.

Terdapat sebuah kekhususan bagi Anda yang mengambil spesialisasi D1 dan D3 kepabeaan dan cukai. Jika Anda laki-laki, tinggi badan Anda harus lebih dari 165 cm. Sedangkan bagi perempuan, minimal tinggi badan setinggi 155 cm. Perhatikan juga langkah-langkah daftar PKN STAN dengan benar.

Tidak menikah

Ketika Anda mendaftar maupun sudah diterima di studi tersebut, sebaiknya Anda jangan menikah terlebih dahulu. Anda baru bisa menikah jika program studi Anda selesai.

Sebuah kekhususan lagi bagi program afirmasi. Setidaknya Anda pernah menyelesaikan pendidikan SD/sederajat, SMP/sederajat dan SMA/sederajat di wilayah Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur. Anda juga hrays mempunyai garis keturunan dari ayah atau ibu kandung yang asli dari Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

Biaya daftar PKN STAN

Setelah Anda mengetahui persyaratan daftar PKN STAN diatas. Anda juga perlu menyiapkan uang tunai sebesar Rp.300 ribu. Uang tersebut digunakan untuk biaya pelaksanaan seleksi dasar yang akan Anda tempuh selanjutnya.

Ada hal lain yang mungkin dianggap remeh. Seseorang pendaftar juga tidak boleh dinyatakan lulus pada pengumuman seleksi pendaftaran pada tahun-tahun yang telah lalu. Jika Anda di tahun lalu gagal maka Anda masih mempunyai satu kali kesempatan lagi di tahun tersebut.

Mungkin bagi Anda tidak terlalu banyak persyaratan di atas. Namun anda harus melengkapi semua persyaratan di atas. Jika salah satu tidak terpenuhi, sudah dipastikan Anda tidak bisa lolos.

 





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *