Ada 4 Cara yang Harus Kamu Lakukan untuk Daftar ke Poltekip dan Poltekim

August 1, 2022

Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Ham) menaungi dua sekolah kedinasan yang paling banyak diincar oleh pelamar. Ada Poltekip (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) dan Poltekim (Politeknik Imigrasi). Berminat untuk daftar ke Poltekip dan Poltekim 2022?

Anda harus memperhatikan 4 cara yang harus dilakukan untuk mendaftar ke sekolah kedinasan Kemenkumham ini. Sebab, melalui cara tersebut dapat menjadi langkah awal mengikuti serangkaian seleksi yang menentukan lulus atau tidaknya calon Taruna/ Taruni.

4 Cara Wajib Dilakukan untuk Daftar Poltekip dan Poltekim

Setiap calon Taruna/ Taruni Poltekip dan Poltekim 2022/ 2023 akan menghadapi serangkaian seleksi yang pasti sangat ketat. Dimulai dari seleksi pemberkasan, ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), hingga tahap seleksi penentuan akhir untuk dinyatakan lulus.

  • Perhatikan Formasi Pendaftaran Poltekip dan Poltekim

Sebelum mendaftarkan ke Poltekip atau Poltekim, pastikan hanya memilih salah satunya. Selanjutnya, terdapat dua formasi pendaftaran yang juga wajib untuk dipilih oleh calon Taruna/ Taruni 2022/ 2023.

Pertama, daftar ke Poltekip dan Poltekim ada formasi umum untuk lulusan SMA sederajat. Selain itu, formasi umum juga bisa diikuti oleh putra-putri Papua/ Papua Barat. Usia minimal 17 tahun, dan maksimal 23 tahun untuk daftar lewat formasi ini.

Kedua, tersedia formasi khusus pegawai yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di Poltekip atau Poltekim. Usia pelamar lewat formasi khusus ini tidak boleh lebih dari 26 tahun 0 bulan 0 hari.

  • Penuhi Persyaratan Peserta Poltekip dan Poltekim

Persyaratan peserta ini meliputi usia minimal yang sesuai dengan formasi yang dipilih untuk mendaftar Poltekip dan Poltekim. Memiliki tinggi badan (170 untuk calon Taruna, dan 160 bagi calon Taruni) dan berat badan yang ideal.

Daftar ke Poltekip dan Poltekim juga hanya dikhususkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI), tidak boleh memiliki dua kewarganegaraan atau lebih. Sehat secara jasmani dan rohani, tidak buta warna, minus, dan mengalami gangguan mata lainnya.

Temukan syarat kepesertaan untuk mendaftar Poltekip dan Poltekim di laman resmi Dikdin dan Kemenkumham. Pastikan sesuai dengan kebutuhan persyaratan tersebut agar lulus seleksi berkas pendaftaran 2022/ 2023. Baca juga Link Pendaftaran Poltekim yang Harus Kamu Ketahui.

  • Penuhi Persyaratan Dokumen Poltekip dan Poltekim

Adapun persyaratan dokumen yang perlu dipenuhi oleh calon Taruna/ Taruni sesuai formasi masing-masing. Dokumen ini harus asli dan sah, tidak boleh dipalsukan untuk melakukan tindakan curang, karena peserta 2022/ 2023 bisa langsung didiskualifikasi.

  • Berusaha Maksimal Ujian SKD Poltekip dan Poltekim

Daftar ke Poltekip dan Poltekim penuh dengan serangkaian seleksi yang ketat. Apabila dinyatakan lulus berkas, maka Anda wajib berjuang dengan maksimal untuk mendapatkan poin tinggi dalam Ujian SKD Poltekip dan Poltekim.

Seleksi Lanjutan Daftar ke Poltekip dan Poltekim

SKD Poltekip dan Poltekim akan menyaring calon Taruna/ Taruni berdasarkan kemampuan akademis. Meski ada ketentuan minimal, maka usahakan memiliki nilai yang maksimal, dengan banyak berlatih soal TWK, TIU, dan TKP.

Sebab, jika jumlah poin kalah dari peserta lainnya, bisa dipastikan Anda tidak lulus SKD Poltekip atau Poltekim. Namun, saat dinyatakan lulus SKD, itu artinya calon Taruna/ Taruni 2022/ 2023 wajib untuk ikut seleksi lanjutan terakhir (pantukhir).

Ada tes kesamptaan (tes kebugaran/ kekuatan fisik), tes kesehatan tahap II, psikotes, serta tes WPFK (wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan). Di sini calon Taruna/ Taruni wajib mempersiapkan fisik secara matang agar kuat melalui rangkaian seleksi terakhir.

Daftar ke Poltekip dan Poltekim pasti bisa lulus dengan memiliki persiapan yang matang. Memiliki kemauan dan niat yang kuat, bukan hana karena ikut-ikutan teman yang mendaftar. Sebab, sekolah kedinasan ini butuh dijalankan dengan keseriusan dan kesungguhan nantinya.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.