Tips Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) SPMB PKN STAN

Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) menjadi salah satu proses seleksi yang harus Anda lalui ketika ingin masuk menjadi mahasiswa PKN STAN. Nah, akan tetapi banyak sekali peserta gugur dalam tahapan ini. Lalu, apa saja sih tips Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) SPMB PKN STAN?

Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) SPMB PKN STAN

            Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips tes kebugaran untuk masuk PKN STAN, agaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu tes kesehatan dan kebugaran apa saja yang harus Anda lakukan ketika mengikuti tes tersebut.

Jadi, secara umum saat mengikuti tes kesehatan di PKN STAN, Anda akan melewati beberapa tahapan tes kesehatan sebagai berikut :

  1. Mengisi Formulir Kesehatan
  2. Cek Kesehatan Umum
  3. Cek Kesehatan Mata
  4. Cek Kesehatan Tubuh secara Keseluruhan
  5. Tes kebugaran

Beberapa tahap tersebut harus Anda lakukan terlebih dahulu untuk dapat lolos di PKN STAN.

Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) SPMB PKN STAN

Tips Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) SPMB PKN STAN

Untuk dapat lolos dalam 4 (empat) tahapan tes kebugaran di PKN STAN, apa saja sih yang harus dilakukan? Dan bagaimana tips ujian kesehatan dan kebugaran (UKK) untuk masuk PKN STAN itu?

1. Lakukan Latihan Fisik Jauh-jauh Hari

Untuk dapat lolos dari ujian kesehatan dan kebugaran (UKK)  PKN STAN, hal pertama yang harus Anda lakukan dari jauh-jauh hari adalah melakukan latihan fisik. Bila perlu, latihan fisik ini harus Anda lakukan minimal 6 bulan sebelumnya.

Melakukan aktivitas latihan fisik akan sangat membantu Anda dalam melakukan tes kebugaran nantinya dan hal ini juga akan membuat badan Anda terbiasa untuk melakukan tes kebugaran. Oleh karena itu, tips ujian kesehatan dan kebugaran (UKK) yang pertama adalah dengan melakukan latihan fisik sejak jauh-jauh hari.

Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) SPMB PKN STAN

2. Konsumsi Makanan Sehat

Tips tes kebugaran yang kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat selama sebelum melakukan tes kebugaran ataupun sehari sebelum Anda menjalani tes kebugaran tersebut. Hal ini menjadi suatu hal yang penting karena apa yang Anda konsumsi juga akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan Anda, sehingga untuk menjaga kondisi kesehatan, Anda harus selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

3. Datang Lebih Pagi saat Tes

Kemudian, tips ujian kesehatan dan kebugaran (UKK) yang selanjutnya adalah menyangkut saat tes berlangsung. Sebelum tes dimulai, usahakan Anda datang lebih pagi. Hal ini akan  membuat kamu jauh lebih tenang dan tidak teburu buru sehingga energi kamu tidak terkuras karena terlambat

Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) SPMB PKN STAN

4. Jangan Nervous dan Grogi

Tips tes kebugaran yang selanjutnya adalah jangan nervous ataupun grogi saat tes kesehatan berlangsung, apa lagi ketika proses pemeriksaan kesehatan. Saat Anda nervous atau grogi maka hal tersebut akan dapat membuat tekanan darah Anda menjadi naik sehingga tensi darah pun bisa menjadi naik juga.

5. Gunakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Dan yang terakhir adalah gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman saat tes berlangsung. Hal ini akan sangat membantu Anda saat melakukan tes tersebut, jangan sampai karena pakaian dan sepatu yang tidak nyaman, tes kebugaran Anda bisa terganggu di tengah jalan. Jadi, usahakan memilih pakaian dan sepatu yang nyaman, ya!

Nah, itulah 5 tips tes kebugaran yang bisa Anda lakukan sebelum mengikuti tes di PKN STAN. Semoga tips tersebut bisa membantu Anda ya! Tetap semangat!

4 Jurusan PKN STAN yang Cocok untuk Perempuan

            PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN  memang tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu kampus yang sangat bergengsi di Indonesia. Dengan reputasinya itulah banyak pelajar yang ingin menuntut ilmu di kampus tersebut termasuk para pelajar perempuan. Lalu, apa saja jurusan apa saja yang cocok bagi perempuan?

4 Jurusan PKN STAN yang Cocok untuk Perempuan

Jurusan Untuk Perempuan yang ada di PKN STAN

Memang selama ini mahasiswa di PKN STAN dikenal lebih banyak laki-laki, dan tentu saja merupakan hal yang wajar karena memasuki PKN STAN memang membutuhkan tes logika dan memang laki-laki akan jauh lebih unggul dalam tes logika dibandingkan perempuan. Namun, bukan berarti perempuan tidak bisa masuk di PKN STAN ya! Dan berikut ini merupakan 4 jurusan untuk perempuan yang ada di PKN STAN.

  1. Jurusan Manajemen Aset

Jurusan untuk perempuan yang ada di PKN STAN yang pertama adalah jurusan manajemen aset. Selama ini, banyak sekali pelajar perempuan yang membidik jurusan ini ketika mendaftarkan diri mereka ke PKN STAN. Dimana pada jurusan ini setiap mahasiswa diharuskan untuk mempelajari bagaimana mengelola setiap aset negara dengan baik.

Jurusan manajemen aset hanya tesedia prodi DIII, artinya mahasiswa melalui masa pendidikan selama 6 semester atau 3 tahun, dan lulusannya akan bergelar A.Md.M.

  1. Jurusan Kebendaharaan Negara

Kemudian, jurusan untuk perempuan yang ada di PKN STAN selanjutnya adalah jurusan kebendaharaan negara. Jurusan ini menjadi favorit bagi pendaftar perempuan di SPMB PKN STAN setiap tahunnya. Waktu tempuh kuliah dalam jurusan ini berlangsung selama 2 semester (1 tahun) ataupun 6 semester (3 tahun) tergantung program studi yang ditempuh, yakni DI atau DIII. Lulusan DI akan bergelar A.P.Kb.N. sedangkan lulusan DIII akan bergelar A.Md.Kb.N.

  1. Jurusan Pajak

Banyak calon mahasiswa yang mengincar jurusan ini. Berdasarkan SPMB PKN STAN 2019, jurusan ini paling banyak diminati selain jurusan akuntansi. Jurusan ini banyak di incar pendaftar perempuan karena persyaratannya tidak seketat jurusan kepabeanan dan cukai. Jurusan pajak tersedia program studi DI dan DIII. Lulusan DI nya akan bergelar A.P.A.Pj. sedangkan lulusan DIII bergelar Amd.A.Pj.

  1. Jurusan Akuntansi

Jurusan untuk perempuan yang terakhir adalah jurusan akuntansi dengan program studi DI dan DIII. Jurusan ini merupakan jurusan di  PKN STAN yang memiliki kuota penerimaan cukup banyak, dan menjadi bidikan bagi banyak pelajar perempuan setiap tahunnya.

jurusan di pkn stan

Prospek Menjanjikan

            PKN STAN memang menawarkan prospek pekerjaan yang sangat menjanjikan di masa depan. Hal ini memang yang menjadi alasan utama mengapa banyak pelajar yang menginginkan untuk menuntut ilmu di PKN STAN. Penempatan di Kementerian Keuangan juga menjadi tawaran yang sangat menggiurkan bagi para pelajar untuk jenjang karir mereka kedepannya.

Bagi perempuan, bukanlah suatu halangan untuk bisa masuk dan menuntut ilmu di PKN STAN. Empat jurusan untuk perempuan yang telah disebutkan sebelumnya merupakan peluang yang bisa Anda tempuh ketika ingin masuk PKN STAN. Persiapkan diri dengan baik, dan maksimal sehingga bisa memastikan diri lolos di PKN STAN tersebut.

Walaupun harus bersaing dengan ribuan pendaftar lain yang berasal dari seluruh Indonesia, akan tetapi ketika Anda memiliki tekad yang sungguh-sungguh dan juga komitmen untuk belajar yang tinggi, persaingan itu pasti tetap bisa dilewati. Jadi, untuk perempuan yang ingin daftar di PKN STAN, tetap semangat, ya!

BIAYA HIDUP KULIAH DI PKN STAN

Menjadi salah satu punggawa PKN STAN adalah hal yang sangat membanggakan. Calon abdi Negara yang bersiap untuk mengabdikan diri pada bangsa dan Negara. Nggak heran, siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesialah yang akan terpilih untuk kuliah di PKN STAN. Karena lokasi PKN STAN sendiri ada di Bintaro, Tangerang Selatan dan dekat sekali dengan Jakarta, pasti kalian-kalian yang berada di luar kota bahkan pulau sering nanyain, biaya hidup kalau kuliah di PKN STAN berapa sih? Apa-apa pasti serba mahal ya?

Biaya Hidup di PKN STAN

Well, miNSix akan kasih gambaran ke kalian tentang biaya hidup selama kuliah di PKN STAN. Kalau masalah biaya kuliah, kalian nggak usah khawatir lagi ya karena kuliah di PKN STAN itu gratis tiss tiss!

Nah untuk para calon perantau, yang harus kalian siapkan sih pastinya tempat tinggal alias kost. Untuk harga kost di sekitar kampus PKN STAN cukup beragam mulai dari Rp. 500.000,- sampai Rp. 1.800.000,-/bulan tergantung fasilitas yang disediakan oleh kost. Kalau kalian ingin punya kamar kost yang ber-AC, ada TV, Wi-fi, kamar mandi dalam pasti harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

Lanjut….

Sekarang kita bahas biaya makan untuk sehari ya!

Biaya Hidup Kuliah di PKN STAN

Di lingkungan kampus banyak tersedia warung makan atau “warteg” untuk mengisi amunisi di perut kalian 😀 untuk sekali makan biasanya kalian bisa mengeluarkan budget sekitar 7.000-15.000 tergantung lauk yang dipilih.

Kalau mau beli jajanan seperti cilok, siomay, dkk kalian bisa mengeluarkan budget sekitar 5.000-10.000. Kalian bisa banget atur pengeluaran harian untuk hal ini. Sesuaikan juga dengan budget kalian ya!

Jangan terlalu boros atau terlau hemat nih dalam urusan makan kalau kalian hemat banget bisa-bisa kalian sakit, kalau kalian boros banget bisa-bisa akhir bulan cuma bisa minum obat maag *eh :p

miNSix kasih solusi nih, buatlah anggaran pengeluaran perhari untuk beli makanan ya! Contohnya nih, miNSix sendiri punya anggaran 30.000/hari untuk beli makan, jadi sebisa mungkin dalam sehari beli makanan maksimal 30.000. Nah, sobatNS juga bisa menentukan sendiri anggaran pengeluaran untuk beli makanan ya.

Tapi….tapi….jangan lupa juga siapkan anggaran untuk beli barang-barang kebutuhan di kost kalian ya, misalnya beli sabun mandi, pasta gigi, detergen, dsb.

“terus kalau pengin jalan-jalan atau refreshing gitu, kemana ya min?”

Kebetulan di deket kampus PKN STAN ada Bintaro Plaza, Bintaro Jaya X-Change (BXC) dan Lotte Mall. Kalau favorit miNSix sih BXC, karena disana bisa duduk-duduk santai di atas rumput sambil ngobrol sama temen dan ngliatin anak-anak kecil yang main kejar-kejaran 😀 di BXC juga lumayan banyak store yang tersedia dari outfit, makanan, serta produk kecantikan. Tapi ingat pesan miNSix, jangan boros!

Ah si miNSix lagi-lagi ngomongin jangan boros, nggak ada solusi ya min gimana caranya tetep bisa makan enak, jalan-jalan atau belanja tapi uang bulanan kita juga gak abis?
Jawabannya, ada!!!

Kalian bisa jadi pengajar ketika kuliah di PKN STAN, membuka usaha online shop, atau jadi freelancer, karena disini banyak banget lowongan magang/freelance. Tapi sesuaikan sama jadwal kuliah kalian ya, jangan sampai kuliahnya terabaikan.

Udah ya segitu dulu cerita dari miNSix. miNSix doakan semoga tahun depan kalianlah siswa-siswi terbaik yang terpilih masuk ke PKN STAN. Dan rasakan sendiri pengalaman baru serta keseruan-keseruan selama kuliah di PKN STAN dan hidup di Bintaro! miNSix tunggu ceita bahagia kalian ya!

Apa itu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)?

Apa yang dimaksud dengan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)?

            Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. PTK memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, di antaranya biaya kuliah yang terjangkau, bahkan ada yang gratis hingga fasilitas ikatan dinas yang menjanjikan.
           Maka dari itu, banyak siswa lulusan SMA/Sederajat berbondong-bondong mendaftar PTK karena banyak banyak keunggulan yang dimilikinya daripada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
           Perlu di ingat, siswa hanya boleh mendaftar satu PTK, jika mendaftar lebih dari satu, maka akan dinyatakan gugur. Sehingga, kalian perlu memutuskan secara pasti PTK mana yang akan kalian daftar.
Apa itu perguruan tinggi kedinasan
Lalu, institusi mana saja yang termasuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)?
Berikut ini beberapa PTK favorit yang ada di Indonesia, antara lain:

1.Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

PTK ini berlokasi di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15222. PKN STAN merupakan salah satu PTK yang paling banyak diminati para lulusan SMA/Sederajat. Baik lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dari jurusan IPA/IPS/Agama/Bahasa/Jurusan kejuruan lainnya bisa mendaftar.

Jurusan dan program studi yang tersedia di PKN STAN:

  1. Akuntansi (DIII dan DIV Akuntansi)
  2. Pajak (DI DIII Pajak; DIII PBB/Penilai)
  3. Kepabeanan dan Cukai (DI dan DIII Kepabeanan dan Cukai)
  4. Manajemen Keuangan (DI DIII Kebendaharaan Negara; DIII Manajemen Aset)

2. Politeknik Statistika STIS

Berlokasi di Jl. Otto Iskandardinata No.64C Jakarta 13330, PTK ini berfokus pada bidang statistik. Hanya siswa lulusan SMA/Sederajat dari jurusan IPA yang diperbolehkan mendaftar pada PTK ini. Lulusan Politeknik Statistika STIS akan berstatus CPNS di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) dengan golongan yang disesuaikan dengan program studi yang ditempuh.

Adapun program studi pada Politeknik Statistika STIS yaitu:

  1. Program studi DIII Statistika
  2. Program studi DIV Statistika
  3. Program studi DIV Komputasi Statistik

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

PTK ini berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Lulusan IPDN juga berstatus CPNS yang harus siap ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Kampus IPDN berpusat di Jl. Ir. Soekarno KM 20, Desa Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363. Adapun beberapa jurusan yang disediakan oleh IPDN antara lain Ilmu Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Studi Pembangunan, dan Ilmu Politik.

4. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

STTD merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasi di Jl. Raya Setu No. 89 Bekasi, Jawa Barat 17520.

STTD menyelenggarakan pendidikan dengan program studi:

  1. DII Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)
  2. DIII Lalu Lintan dan Angkutan Jalan (LLAJ)
  3. DIII Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (LLASDP)
  4. DIII Perkeretaapian
  5. DIV Transportasi Darat.

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang bernaung di bawah BMKG. STMKG ini setiap tahunnya mencetak para calon ahli cuaca, ahli iklim dan ahli gempa serta teknisi peralatan BMKG. PTK ini menganut pendidikan semimiliter, jadi mahasiswanya tentu harus memiliki jasmani dan rohani yang sehat serta disiplin.

STMKG beralamat di  Jl. Perhubungan I No.5 Pondok Betung, Bintaro, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15221.

STMKG hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputerdan Jaringan.

Berikut program studi yang ada di STMKG:

  1. DIV Meteorologi
  2. DIV Klimatologi
  3. DIV Geofisika
  4. DIV Instumentasi

Masih banyak Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang tersebar di kota-kota di Indonesia. Tentukan pilihan kalian dari sekarang ya! Mau masuk ke PTN, PTS, atau PTK. Dan pastikan hanya memilih satu PTK untuk pendaftaran seleksi mahasiswa baru 2020 ya!

 

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) 2020. Yuk Daftar!

Inilah daftar Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) 2020. Yuk daftar!

daftar perguruan tinggi kedinasan

Tolong bagikan kepada keluarga dan orang-orang yang membutuhkan! GRATIS dan IKATAN DINAS 2020!

Mohon diinfokan kepada siswa dan atau orang tua yang ingin menyekolahkan lanjut putra/i nya. berikut daftar Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah naungan Kementerian RI, yaitu:

  1. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip). Alamat Jl. Raya Gandul No.4, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16512.
  2. Akademi Analisis Kimia (AKA) . Alamat Jl. Pangeran Sogiri, RT.05/RW.11, Tanah Baru, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16154.
  3. Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) . Alamat Jl. Timbul No.34, RT.7/RW.5, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630.
  4. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) . Alamat Jl. Gajah Mada No.38, Mentul, Karangboyo, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58315.
  5. Akademi Militer Republik Indonesia (Akmil) . Alamat Jl. Gatot Subroto Jurangombo Selatan Magelang Selatan, Seneng Satu, Banyurojo, Kec. Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172.
  6. Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol) . Alamat Jl. Sultan Agung No 131 Gajahmungkur Semarang 50232.
  7. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) . Alamat Jl. Perhubungan I No. 5, Pondok Betung, Pondok Aren, Pd. Betung, Tangerang Selatan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15221.
  8. Politeknik Statistika STIS. Alamat Jalan Otto Iskandardinata No.64C 1 4, RT.1/RW.4, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
  9. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Alamat Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15222.
  10. Sekolah Tinggi Multi Media MMTC. Alamat Jl. Magelang No.KM.6, Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284.
  11. Sekolah Tinggi Manajemen Industri . Alamat Jl. Letjend Suprapto No.26, RT.10/RW.5, Cempaka Putih Timur, Kec. Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510.
  12. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) . Alamat Jl. Dr. Setiabudhi 186 Bandung – 40141, Jawa Barat, Indonesia
  13. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) . Alamat Jl. Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Kec. Legok, Tangerang, Banten 15820.
  14. Sekolah Tinggi Perikanan (STP) . Alamat Jl. Aup Bar. Jl. Raya Ps. Minggu, RT.1/RW.9, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
  15. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN). Alamat Jalan Tata Bumi No.5, Banyuraden, Gamping, Area Sawah, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55293
  16. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Alamat Jl. Raya Haji Usa, Putat Nutug, Ciseeng, Putat Nutug, Kec. Ciseeng, Bogor, Jawa Barat 16120
  17. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT). Alamat Jl. Jakarta No. 31 Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  18. Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD. Alamat Jalan Raya Setu No.89 Bekasi,17520.
  19. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Alamat Jl. Raya Jatinangor KM. 20, Sumedang, Jawa Barat 45367
  20. Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos). Alamat Jl. Ir. H. Juanda No. 367 Bandung.

Apa itu Psikotes?

Apa itu psikotes?

apa itu psikotes

Psikotes atau tes psikologi merupakan tes untuk mengukur aspek-aspek individu seseorang dalam segi psikisnya. Dalam tes tersebut, hal yang diukur adalah kecenderungan perilaku seorang individu.

Psikotes lumrahnya berisikan berbagai soal yang menguji kemampuan kognitif dan afektif dari diri seseorang. Kognitif meliputi potensi kecerdasan pikiran atau IQ, sedangkan afektif meliputi kecerdasan emosional atau EQ.

Lalu, apa itu psikotes dan apa saja jenisnya? Berikut adalah beberapa contoh psikotes:

  • Draw A Person (DAP)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar seseorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktivitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

  • Draw A Tree (BAUM)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sebuah pohon dengan kriteria berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya. Kemudian anda berikan nama jenis pohon tersebut.

  • House Tree Person (HTP)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sebuah rumah, pohon, dan orang dalam satu frame kertas. Tes HTP (House tree Person) umumnya memiliki tujuan untuk mengukur keseluruhan pribadi seseorang.

  • Wartegg Test

Test Wartegg ini memiliki 8 kotak, dimana masing-masing kotak berisikan suatu gambar dan memiliki makna yang berbeda-beda, mulai dari titik, garis kurva, tiga garis sejajar, kotak kecil berwarna hitam, dan garis lengkung yang cukup besar.

  • Kraepelin Test

disebut juga dengan tes koran. Cara pengerjaannya adalah menjumlahkan dua angka dari bawah ke atas secara vertikal. Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat dan mengetahui hasil kerja yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kecepatan, ketelitian, ketekunan dan juga daya tahan.

  • Pauli Test

Tes ini hampir mirip dengan kraepelin test, hanya berbeda saja cara mengerjakannya. pada tes ini cara mengerjakannya adalah menjumlahkan dua angka secara vertikl dari atas ke bawah. Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat dan mengetahui hasil kerja yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kecepatan, ketelitian, ketekunan dan juga daya tahan.

  • EPPS (Edward Personal Preference Schedule)

Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS adalah tes kepribadian yang terdiri atas pilihan-pilihan jawaban yang mencerminkan diri seorang individu. Tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang.

 

Cara Lulus SPMB PKN STAN? Yuk Lakukan Persiapan Ini!

Siapa yang tak berharap lulus masuk PKN STAN? Pasti rata-rata siswa SMA/Sederajat mempunyai cita-cita untuk melanjutkan belajar ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah Kementerian Keuangan ini. Jika kamu benar-benar berharap masuk ke PKN STAN tentunya ada sebagian hal yang mesti dipersiapkan. Nah, bagaimana cara lulus SPMB PKN STAN? Yuk lakukan persiapan ini!

cara lulus SPMB PKN STAN

Mempelajari Tes Potensi Akademik (TPA)

Salah satu materi yang diujikan dalam ujian tertulis  adalah Tes Potensi Akademik (TPA). Ujiannya meliputi tes nalar bahasa seperti sinonim dan antonim. Dalam tes ini nantinya akan menghadapi sebagian soal mengenai persamaan kata, lawan kata, dan analogi.

Umumnya, bagi peserta yang tak mempersiapkan diri dengan pendalaman pengendalian bahasa, akan menghadapi kesusahan. Untuk itu, kau patut belajar lebih mendalam lagi mengenai bahasa.

Latihan paling gampang adalah dengan kerap kali membaca. kamu bisa membaca berbagi media seperti novel, koran, majalah, sampai kabar online. Dengan demikian, kau akan mempunyai pembendaharaan kata yang cukup banyak.

Selain hal tersebut kamu mulai belajar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Terbiasanya kamu membuka KBBI akan memberikan banyak pemahaman makna akan suatu kata. Dari hal itulah kau dapat mengidentifikasi persamaan kata, lawan kata, malah analogi suatu kata.

Melatih Berbahasa Inggris
Kecakapan berbahasa Inggris wajib kamu upgrade sekiranya jika kamu berkeinginan lulus SPMB PKN STAN. Karena, bahasa Inggris yaitu salah satu materi yang diujikan. untuk akrab dengan bahasa Inggris kamu bisa memperdengarkan musik dengan membaca liriknya

Metode kedua yaitu membaca tulisan berbahasa Inggris. Tentunya kata-kata bahasa Inggris yang sudah akrab bersumber dari nyanyian maupun novel. Lazimnya, banyak lho kata bahasa Inggris yang tidak kamu peroleh di kedua media itu.

Perdalam Kemampuan Logika
Salah satu materi ujian yang dirasa cukup susah untuk dihadapi merupakan materi matematika dan aritmatika. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan memacu akal berhitung.

Persiapannya cukup simpel, ialah perbanyak latihan latihan soal matematika. Seringlah melatih diri dengan model soal itu. Dengan semacam itu, kamu akan terbiasa menghadapi bermacam-macam soal.

 

Perluas Wawasan Kebangsaan
salah satu soal SPMB PKN STAN yang lumayan sulit adalah SKD bidang wawasan kebangsaan. jika kamu ingin lulus sebaik belajar yang giat mendalami wawasan kebangsaan. sepatutnya mempunyai pengetahuan kebangsaan. Pengetahuan itu mencakup bidang peraturan, politik, sampai ideologi kebangsaan.

Kau seharusnya tak jarang membaca isu-kabar politik, peraturan dan HAM, dan beraneka momen nasional lainnya. Membaca isu tentunya akan memberikan kau wawasan dasar mengenai pengetahuan kebangsaan.

Pelajari Karakterstik Pribadi

Di dalam Ujian SPMB PKN STAN terdapat materi Karakteristik Pribadi. Materi ini sebetulnya cukup simpel dan gampang dijalankan. Karena, tujuan soal dengan materi ini yaitu untuk mengenal kepribadianmu. Kalau kamu ingin lolos tahap ini pastikan dirimu adalah pribadi yang mau belajar dan bisa diajak maju.

Apa Saja Persiapan SPMB PKN STAN 2020?

Apa saja persiapan SPMB PKN STAN 2020?

Bagi kamu siswa kelas 12 pasti sekarang kegiatan kalian disibukkan oleh ujian praktikum, UTS, maupun UAS. Selain itu pasti kalian sibuk mempersiapkan ujian untuk masuk ke perguruan tinggi. Apa saja persiapan SPMB PKN STAN 2020?

persiapan spmb pkn stan

Kapan waktu pendaftaran SPMB PKN STAN 2020?

Pendaftaran SPMB PKN STAN biasanya diadakan sekitar bulan April, Mei, Juni, Juli, Agustus. Di bulan-bulan itu biasanya berlangsung proses seleksi mahasiswa baru PKN STAN. Kamu harus selalu cek website resminya ya!

Apa saja persyaratan yang harus disiapkan oleh pendaftar?

  1. Pastikan kamu lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan.
  2. Pastikan nilai rata-rata kamu adalah 70.00 keatas baik dari nilai raport bagi siswa yang belum lulus maupun nilai ijazah bagi yang sudah lulus SMA/sederajat.
  3. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 20 tahun. Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya), serta belum menikah. Dan masih banyak lagi.

Bagaimana soal SPMB PKN STAN 2020?

Untuk menghadapi SPMB PKN STAN 2020, kita merujuk pada SPMB PKN STAN 2019. Di tahun 2019, ujian terdiri dari 3 tahap yaitu tes tertulis, psikotes, dan ujian kesehatan dan kebugaran (UKK). Pada tes tertulis, sistemnya berbasis komputer (CAT). Tes tertulis terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD); ada Tes Inteligensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), serta Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI).

syarat pendaftaran pkn stan 2018

PENGUMUMAN

NOMOR PENG – 46/PKN/2018

TENTANG

 

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU SPESIALISASI

DIPLOMA l DAN DIPLOMA III POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN TAHUN 2018

UNTUK CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN KEUANGAN DAN NON -KEMENTERIAN KEUANGAN

 

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/225/M.SM.01.00/2018 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi PKN STAN Tahun Anggaran 2018, Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) akan menerima putra-putri Warga Negara lndonesia untuk mengikuti pendidikan pada PKN STAN dengan alokasi setiap spesialisasi sebagai berikut:


A. KRITERIA PESERTA

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:

  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di lndonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non- Kementerian
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut.

B. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN

  1. Lulusan (tahun 2017 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2018) semua sekolah menengah atas atau yang
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan ) bagi pendaftar
    1. Untuk Iulusan tahun 2017 dan sebet umnya memiliki rata-rata nitai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    2. Untuk calon lulusan tahun 2018, memiliki nilai ra ta-ra ta rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70 00 dengan skala 100 00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00
  1. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1998 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III
  2. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, Dsikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah:
    1. mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    2. mampu melakukan tugas seperti men9analisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    3. mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
  1. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan
  2. Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut:
    1. Jenis kelamin dan tinggi badan:
      • Spesialisasi Diploma I:
        • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
        • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
      • Spesialisasi Diploma III:
      • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;
    2. Tidak cacat badan ;
    3. Tidak buta warna ; dan
    4. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri
  1. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    1. dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Teng9ara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (SatU) Siswa terbaiknya; dan
    2. telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara
  1. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian
  2. Pendaftar tidak pernah terdaftar sebagai mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

C. TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Tahapan pendaftaran meliputi:
    1. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedinasan: PKN STAN melalui portal http://sscndikdin bkn.go.id pada tanggal 9 — 30 April 2018. Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari salu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan 9ugur;
  2. Pengisian formulir   pendaftaran   online    (e-regislration)    melalui    portal  http://spmb. pknstan.ac.id pada tanggal 9 — 30 April 2018 yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
  3. Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal http://sscndikdin.bkn.go.id;
    1. Mengisi data         pilihan          unit         penempatan           (Kementerian            Keuangan           atau Non- Kementerian Keuangan);
    2. Mengisi data pilihan spesialisasi;
    3. Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan (ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2018 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang;
    4. Mengunci data dan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account);
    5. Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan; dan
    6. Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).
  1. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
    1. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMU/SLTA dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA hanya mencalonkan 1 (satu) siswa terbaiknya ;
    2. Ijazah SD dan Ijazah SMP atau Akta Kelahiran, KTP ayah atau ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa.
  1. Calon peserta melakukan pembaya ran dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Periode pembayaran adalah 9 April – 3 Mei 2018 ;
    2. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM], m-banking, atau internet banking (perhatikan tala cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA;
    3. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun;
    4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online [e-registralion) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran, dapat mengunduh Bukti Peserta Ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4;
  2. Peserta yang telah mengunduh  BPU  menempelkan  pas  foto  berwarna  terbaru  ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos) pada tempat yang telah disediakan di BPU. Pas foto yang ditempel harus sama dengan yang diunggah pada saat pendaftaran
  3. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bpok.kemenkeu.qo.id, dan http://www.pknstan.ac.id.

D. TAHAPAN PELAKSANAAN UJIAN

Ujian terdiri atas:

  1. Ujian Tertulis
    1. Ujian Tertulis dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni sampai dengan 7 Juli 2018 di lokasi sebagai berikut:
1)            Jakarta

2)           Banda Aceh

3)            Medan

4)            Padang

5)            Pekanbaru

6)           Batam

7)            Jambi

8)           Bengkulu

9)            Palembang

10)        Bandar Lampung

11) Cimahi

12) Semarang

13)    Yogyakarta

14)    Surabaya

15)    Malang

16)    Denpasar

17)     Mataram

18)     Kupang

19)     Pontianak

20)     Banjarmasin

21)     Balikpapan

22)     Manado

23)     Palu

24)     Ma kassar

25)     Ambon

26)     Sorong

27)     Jayapura

28)     Tarempa

29)     Ternate

30)     Merauke

 

b.          Ujian Tertulis terdiri atas:

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) meliputi:

a. Tes Karakteristik Pribadi

b. Tes Intelegensi Umum ; dan

c. Tes Wawasan Kebangsaan.

2. Tes Potensi Akademik (TPA), dan

3, Tes Bahasa lnggris (TBI)

c. Peserta dinyatakan lulus Ujian Tertulis apabila:

  • memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai PERMENPANRB Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi/Taruna-Taruni Sekolah Kedinasan Pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018 ;
  • memenuhi nitai ambang batas TPA (67) dan TBI (30);

3)   peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia.

  1. Pemeringkatan hasil ujian tertulis sebagaimana dimaksud pada poin c nomor 3) dilakukan

berdasarkan:

  • Nilai total yang merupakan penjumlahan dari nilai TPA dan TBI;
  • apabila terdapat peserta dengan jumlah nilai total TPA dan TBI yang sama sehingga mengakibatkan jumlah yang dapat diterima melebihi kebutuhan, nilai peserta tersebut akan diurutkan berdasarkan nilai SKD sesuai dengan PERMENPANRB Nomor 22 Tahun
  1. Peserta Program Afirmasi, dinyatakan lulus ujian tertulis apabila memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai PERMENPANRB Nomor 22 Tahun 2018 dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai
  2. Penentuan spesialisasi bagi peserta yang lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN ditentukan oleh Panitia Pusat berdasarkan nilai total TPA dan TBI dan pilihan peserta pada saat
  3. Pengumuman jadwal dan tempat Ujian Tertulis dapat dilihat melalui situs http://www.kemenkeu.qo.id, http://wwvv.bppk.kemenkeu.qo.id,                                       dan http://www pknstan.ac. id pada tanggal 31 Mei
  4. Ujian Tertulis dilaksanakan selama 150 menit dengan pembagian sesi sebagai berikut:

 

 

Sesl

Waktu
Senin, Selasa, Rabu, Kamis,

Sabtu, dan Minggu

Jumat
08.00 s.d. 10.3008.00 s.d. 10.30
II11.30 s.d. 14.0013.30 s.d. 16.00
III15.00 s.d. 17.30Tidak ada
  • Peserta wajib hadir dan melakukan verifikasi 60 menit sebelum jadwal sesi ujiannya dengan menunjukkan:
  • Bukti Peserta Ujian (BPU) asli yang telah ditempel pas foto berwarna sebagaimana dimaksud pada huruf C angka 1 poin b.7); dan
  • Bukti Identitas (KTP/SIM/Surat Keterangan Pengganti KTP/Kartu Keluarga/Paspor) asli sesuai dengan
  1. Pelaksanaan Ujian Tertulis diselenggarakan sesuai dengan alamat lokasi pelaksanaan ujian dan pembagian sesi sebagaimana tercantum pada pengumuman (poin g).
  2. Peserta hanya daDat mengikuti Ujian Tertulis pada hari/tanggal dan sesi sesuai yang tercantum pada pengumuman (poin g). Bagi peserta yang terlambat dan/atau salah waktu/lokasi ujian tidak diperkenankan masuk untuk mengikuti ujian, dan dinyatakan gugur.
  1. Peserta pria wajib mengenakan kemeja lengan panjang/pendek polos warna putih, celana panjang formal warna hitam polos, dan ikat
  2. Peserta wanita wajib mengenakan busana/blus lengan panjang/pendek polos warna putih, dan rok panjang formal (sampai mata kaki) tanpa belahan warna hitam polos.

 

  1. Ujian Kesehatan dan Kebugaran
    1. Ujian Kesehatan dan Kebugaran hanya diikuti oleh calon mahasiswa Spesialisasi

Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai.

  1. Ujian Kesehatan dan Kebugaran diselenggarakan pada tanggal 23 — 25 Juli

Lokasi, dan jadwal ujian akan diumumkan pada tanggal 13 Juli 2018.

  1. Ujian Kesehatan dan Kebugaran meliputi:

1) Ujian Kesehatan, yaitu pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan lainnya.

  • Ujian Kebugaran, yaitu tari mengelilingi lintasan, pull up/chinning, push up, sit  up, shuttle run dan/atau aktivitas lainnya
  1. Peserta dinyatakan lulus Ujian Kesehatan dan Kebugaran apabila:
    • peserta memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran yang dilentukan oleh Panitia Pusat;
    • peserta berada di peringkat yang *esuai dengan jumlah kebutuhan yang
  2. Pemeringkatan peserta dilakukan berdasarkan nilai Ujian

 

  1. JADWAL KEGIATAN SPMB PKN STAN

 

NoTanggalKegiatan
1.9 s.d. 30 April 2018Pendaftaran online
2.9 April s.d. 3 Mei 2018Pembayaran biaya pendaftaran
3.31 Mei 2018Pengumuman jadwal dan lokasi Ujian Terlulis
4.27 Juni s.d. 7 Juli 2018Ujian Tertulis
5.13 Juli 2018Pengumuman jadwal dan lokasi Ujian Kesehatan dan

Kebugaran

6.23 — 25 Juli 2018Ujian Kesehatan dan Kebugaran
7.1 Agustus 2018Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN
8.3 September 2018Mutai pendidikan

 

Pengumuman dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.qo.id, dan http://www.pknstan.ac.id.

PENDIDIKAN

 

  • PKN STAN tidak menerbitkan pembahasan soal-soat seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak membuat prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar manapun
  • Kelalaìan atau kesalahan yang dilakukan oleh peserta pada seluruh tahapan SPMB menjadi tanggung jawab peserta.
  • Panitia SPMB berwenang untuk mengaIokasikan peserta yang dinyatakan lulus pada Spesialisasi sesuai dengan kebutuhan yang
  • Keputusan Panitia SPMB Spesialisasi Diploma I dan Diploma III PKN STAN Tahun 2018
  • tidak dapat diganggu gugat.
  • Apabila Peserta SPMB Spesialisasi Diploma I dan Diploma III PKN STAN Tahun 2018memberikan keterangan dan/atau data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui,

baik pada:

  1. setiap tahapan ujian;
  2. pendaftaran ulang
  3. saat telah menjadi mahasiswa ; atau
  4. saat telah dinyatakan sebagai lulusan PKN STAN, maka Politeknik Keuangan Negara STAN berhak:
  1. membatalkan kelulusan yang bersangkutan dalam SPMB Spesialisasi Diploma I dan Diploma III PKN STAN Tahun 2018; atau
  2. mengeluarkan yang bersangkutan dari program pendidikan di PKN STAN; atau
  3. membatalkan kelulusan pada program pendidikan di PKN STAN dalam hal yang bersangkutan telah dinyatakan sebagai lulusan Politeknik Keuangan Negara
  4. Apabila terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah yang terkait dengan proses pendaftaran, calon peserta dapat menghubungi Panitia Pusat SPMB PKN STAN melalui e-mail: spmb@pknstan.ac.id.
  5. Informasi terkait SPMB PKN STAN dapat diakses melalui Twitter (@pknstanid), Facebook

(PKN STAN), dan lnstagram (@pknstan).

 

 

 

 

Syarat Masuk PKN STAN

pkn stan..

Syarat Masuk PKN STAN

PKN STAN telah menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi terfavorit karena merupakan lembaga ikatan dinas yang bekerja sama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Ini artinya lulusan dari PKN STAN akan bekerja di instansi pemerintah di bawah Kemenkeu serta diangkat menjadi CPNS dan juga PNS. Tidak heran syarat masuk PKN STAN terbilang ketat. Selain syarat-syarat umum seperti nilai rata-rata minimal dan usia, untuk bisa mendaftar di PKN STAN juga dibutuhkan badan yang sehat, bebas narkoba serta tinggi badan minimal. Ketatnya persyaratan ini dimaksudkan agar lulusan PKN STAN nantinya dapat menjadi CPNS serta PNS yang berkualitas.

Syarat Masuk PKN STAN Umum dan Khusus

Terdapat syarat umum serta syarat khusus yang harus dipenuhi semua calon mahasiswa dari semua Progarm Studi serta satu Program Studi tertentu.

  1. Syarat umum meliputi calon mahasiswa baru harus merupakan lulusan SMA atau sederajat, nilai rata-rata minimal 7.00 dan bukan hasil pembulatan, usia minimal tujuh belas tahun, usia maksimal dua puluh tahun, berbadan sehat serta belum menikah dan bersedia tidak menikah selama berkuliah di PKN STAN.
  2. Syarat khusus berlaku untuk Program Studi Kepabeanan dan Cukai di mana calon mahasiswa harus memiliki tinggi badan minimal, tidak mengalami cacat badan dan buta warna, dan pemakaian kacamata atau lensa kontak ditolerir sampai dua dioptri.

Tips Agar Bisa Lolos USM STAN

Banyak orang berharap bisa lolos USM STAN, namun tiap tahun hanya sedikit saja yang benar-benar lolos dan berkuliah di STAN. Kita bisa menerapkan kita berikut agar bisa kuliah di PKN STAN.

  1. Yang pertama tentu menyiapkan diri sendiri untuk mengikuti USM STAN. Kita bisa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.
  2. Persiapkan pula fisik yang prima. Terutama, pastikan kita bebas napza serta tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak yang ukurannya  lebih dari dua dioptri.

Jangan hanya mempersiapkan diri untuk ujian masuk STAN tapi juga ujian kelulusan. Ini karena salah satu syarat masuk PKN STAN adalah