Cara Masuk STAN Balikpapan dan Sekitarnya

Cara Masuk STAN Balikpapan dan Sekitarnya

STAN merupakan satu-satunya perguruan tinggu yang membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswanya. Seluruh mahasiwa STAN dibiayai oleh pemerintah sehingga para mahasiswa tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya kuliah. Selain itu, STAN menjamin para lulusan terbaiknya dapat bekerja di kantor pajak atau menjadi Pegawai Negeri Sipil. Tak heran bila Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tersebut banyak diminati oleh setiap orang diseluruh kota di Indonesia, termasuk Balikpapan. Bagi Anda yang berada di Balikpapan dan ingin mencoba untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk STAN, berikut adalah beberapa cara masuk STAN Balikpapan yang harus Anda ketahui.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan registrasi online. Anda harus mengisi data diri Anda dengan benar sesuai dengan berkas yang nanti akan Anda berikan. Setelah Anda berhasil melakukan registrasi, maka Anda diwajibkan untuk melakukan penyetoran dan membayar biaya pendaftaran sebesar 150 ribu. Biaya pendaftaran tersebut sepenuhnya ditanggung oleh peserta USM. Setelah Anda berhasil melakukan registrasi dan pembayaran, maka Anda berhak mendapatkan BPU atau Bukti Peserta Ujian. Khusus untuk daerah Balikpapan, Anda bisa mengambil BPU di Balai Diklat Keuangan Jalan MT Haryono Rt 84 No. 39A. Cara masuk STAN Balikpapan sangatlah mudah bila Anda bisa mengikuti proses pendaftaran dengan baik dan benar.

Biasanya BPU diambil beberapa hari sebelum USM STAN dimulai. Karena USM dilakukan serentak di seluruh Indonesia secara bersama-sama, maka Anda harus mengambil BPU tepat pada waktunya atau Anda akan gugur. Dalam pengambilan BPU, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Pertama, Anda harus mengambil BPU tanpa perwakilan. Kedua, menyerahkan bukti registrasi, bukti pembayaran, pas foto 4 x 6, dan ijazah. Ketiga, menunjukan bukti diri Anda yang asli dan berfoto seperti KTP atau SIM. Keempat, Anda tidak diperbolehkan mengajukan pindah lokasi. Bila Anda tidak bisa memenuhi salah satu dari persyaratan tersebut, maka Anda gugur. Jadi, tadi adalah cara masuk STAN Balikpapan khusus bagi Anda yang berdomisili di Balikpapan dan sekitarnya.