Cara Lulus SPMB PKN STAN? Yuk Lakukan Persiapan Ini!

Siapa yang tak berharap lulus masuk PKN STAN? Pasti rata-rata siswa SMA/Sederajat mempunyai cita-cita untuk melanjutkan belajar ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah Kementerian Keuangan ini. Jika kamu benar-benar berharap masuk ke PKN STAN tentunya ada sebagian hal yang mesti dipersiapkan. Nah, bagaimana cara lulus SPMB PKN STAN? Yuk lakukan persiapan ini!

cara lulus SPMB PKN STAN

Mempelajari Tes Potensi Akademik (TPA)

Salah satu materi yang diujikan dalam ujian tertulis  adalah Tes Potensi Akademik (TPA). Ujiannya meliputi tes nalar bahasa seperti sinonim dan antonim. Dalam tes ini nantinya akan menghadapi sebagian soal mengenai persamaan kata, lawan kata, dan analogi.

Umumnya, bagi peserta yang tak mempersiapkan diri dengan pendalaman pengendalian bahasa, akan menghadapi kesusahan. Untuk itu, kau patut belajar lebih mendalam lagi mengenai bahasa.

Latihan paling gampang adalah dengan kerap kali membaca. kamu bisa membaca berbagi media seperti novel, koran, majalah, sampai kabar online. Dengan demikian, kau akan mempunyai pembendaharaan kata yang cukup banyak.

Selain hal tersebut kamu mulai belajar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Terbiasanya kamu membuka KBBI akan memberikan banyak pemahaman makna akan suatu kata. Dari hal itulah kau dapat mengidentifikasi persamaan kata, lawan kata, malah analogi suatu kata.

Melatih Berbahasa Inggris
Kecakapan berbahasa Inggris wajib kamu upgrade sekiranya jika kamu berkeinginan lulus SPMB PKN STAN. Karena, bahasa Inggris yaitu salah satu materi yang diujikan. untuk akrab dengan bahasa Inggris kamu bisa memperdengarkan musik dengan membaca liriknya

Metode kedua yaitu membaca tulisan berbahasa Inggris. Tentunya kata-kata bahasa Inggris yang sudah akrab bersumber dari nyanyian maupun novel. Lazimnya, banyak lho kata bahasa Inggris yang tidak kamu peroleh di kedua media itu.

Perdalam Kemampuan Logika
Salah satu materi ujian yang dirasa cukup susah untuk dihadapi merupakan materi matematika dan aritmatika. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan memacu akal berhitung.

Persiapannya cukup simpel, ialah perbanyak latihan latihan soal matematika. Seringlah melatih diri dengan model soal itu. Dengan semacam itu, kamu akan terbiasa menghadapi bermacam-macam soal.

 

Perluas Wawasan Kebangsaan
salah satu soal SPMB PKN STAN yang lumayan sulit adalah SKD bidang wawasan kebangsaan. jika kamu ingin lulus sebaik belajar yang giat mendalami wawasan kebangsaan. sepatutnya mempunyai pengetahuan kebangsaan. Pengetahuan itu mencakup bidang peraturan, politik, sampai ideologi kebangsaan.

Kau seharusnya tak jarang membaca isu-kabar politik, peraturan dan HAM, dan beraneka momen nasional lainnya. Membaca isu tentunya akan memberikan kau wawasan dasar mengenai pengetahuan kebangsaan.

Pelajari Karakterstik Pribadi

Di dalam Ujian SPMB PKN STAN terdapat materi Karakteristik Pribadi. Materi ini sebetulnya cukup simpel dan gampang dijalankan. Karena, tujuan soal dengan materi ini yaitu untuk mengenal kepribadianmu. Kalau kamu ingin lolos tahap ini pastikan dirimu adalah pribadi yang mau belajar dan bisa diajak maju.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *