cara jadi mahasiswa PKN STAN

Bingung Cara Jadi Mahasiswa PKN STAN?  Lakukan Langkah Ini!

Bingung Cara Jadi Mahasiswa PKN STAN?  Lakukan Langkah Ini! Wah, tidak terasa kita sudah memasuki bulan Oktober ya? Itu artinya akhir tahun semakin dekat dan akhir semester akan segera tiba. Setelah itu, segalanya akan terasa begitu cepat, terutama bagi siswa yang duduk di bangku kelas XII. Belum lagi, serangkaian ujian yang sudah menanti, mulai dari UTS, UAS, dan UN. Bahkan, setelahnya kalian akan kembali mengikuti ujian untuk masuk ke perguruan tinggi, seperti SBMPTN dan ujian-ujian lainnya.

Bagi yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri, perlu banyak belajar untuk SBMPTN. Bagi yang ingin masuk ke perguruan tinggi swasta, harus giat mencari beasiswa yang ditawarkan. Tidak hanya itu, sekolah tinggi juga menjadi salah satu pilihan yang tidak kalah populer. Salah satunya adalah PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Nah, bagi Anda yang masih bingung, berikut cara jadi mahasiswa PKN STAN yang bisa Anda coba.

cara jadi mahasiswa PKN STAN
cara jadi mahasiswa PKN STAN
  1. Pemilihan Jurusan yang Tepat

Ternyata ada banyak orang yang mau masuk STAN, tetapi bingung harus memilih jurusan apa. Di STAN tidak hanya menawarkan jurusan Akuntansi saja, tetapi ada beberapa jurusan lainnya. Diantaranya jurusan Pajak, jurusan Kepabean dan Cukai, serta jurusan Manajemen Keuangan. Untuk program studi spesialisasi D-I terdiri dari D-I Kebendaharaan Negara, D-I Pajak, dan D-I Kepabean dan Cukai.

Sementara itu, untuk program studi spesialisasi D-III terdiri dari D-III Kebendaharaan Negara, D-III Pajak, D-III PBB/ Penilai, D-III Kepabean dan Cukai, D-III Manajemen Aset, dan D-III Akuntansi. Untuk daya tampungnya, biasanya berubah-ubah setiap tahunnya tergantung kebutuhan. Jadi, cara jadi mahasiswa PKN STAN yang harus Anda ikuti adalah menentukan jurusan yang tepat dan melihat jumlah kuota yang dibutuhkan.

  1. Persiapan cara jadi mahasiswa PKN STAN dengan Syarat-syarat Masuk

Agar dapat masuk STAN, sebagai calon peserta, Anda harus melengkapi sejumlah syarat-syarat yang sudah ditentukan. Beberapa syarat tersebut diantaranya laki-laki atau perempuan dengan usia mulai dari 17 sampai 20 tahun. Telah menyelesaikan SMA atau sederajat, belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menempuh pendidikan di kampus ini. Calon peserta juga tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan atau penerimaan di PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, persiapan syarat sebagai cara jadi mahasiswa PKN STAN yang lainnya adalah memiliki nilai rata-rata minimal 07.00 di rapor atau ijazah dengan skala nilai 100.00 atau 2.80 dengan skala nilai 4.00. Anda juga harus memiliki badan yang sehat dan normal, serta tidak buta warna dan bebas dari NAPZA (Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Bagi calon peserta perempuan memiliki tinggi minimal 155 cm dan 165 cm untuk calon peserta laki-laki (khusus untuk pendaftar bea cukai).

  1. Mengikuti Serangkaian Ujian

Agar diterima menjadi mahasiswa di STAN, Anda harus berhasil melewati 3 jenis ujian, yaitu ujian tertulis, ujian kesehatan dan kebugaran, serta ujian wawancara. Banyak yang bilang ketiga jenis ujian tersebut sangat sulit ditaklukkan. Ditambah lagi dengan saingan yang bisa berjumlah seratus ribu orang lebih. Akan tetapi, Anda tidak perlu berkecil hati apalagi pesimis, karena setiap orang memiliki peluang yang sama untuk masuk ke PKN STAN. Perhatikan juga cara daftar PKN STAN.

Yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan ujian dengan belajar dan berlatih yang sungguh-sungguh agar bisa melewatinya dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Itulah cara jadi mahasiswa PKN STAN yang bisa Anda ikuti dan persiapkan sebelum melakukan pendaftaran di PKN STAN. Setelah mengikuti ujian tersebut, nantinya ada pengumuman siapa saja yang diterima atau tidak, dan bagi yang lolos akan mengikuti pendaftaran ulang. Semoga berhasil.

 





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *