Materi Tes TWK PKN STAN

April 24, 2022

Materi tes TWK PKN STAN- salah satu tes yang harus diikuti oleh calon mahasiswa di PKN STAN adalah Tes Wawasan Kebangsaan atau biasa disingkat TWK.  Tes ini termasuk salah satu bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TDK). Materi yang tercakup dalam TWK ini tidak jauh dari materi kebangsaan yang pernah dipelajari semasa duduk di bangku sekolah.

Mempelajari materi dalam TWK harus dilakukan agar bisa melewati tahap seleksi Mahasiswa Baru PKN STAN. Oleh karenanya penting pula untuk mengetahui apa saja materi yang termasuk bagian dari TWK tersebut.

Materi tes TWK PKN STAN
Materi tes TWK PKN STAN

Cakupan Materi Tes TWK PKN STAN

Hal yang perlu dipersiapkan agar mampu menjawab tes dengan baik tentu saja dengan mempelajari materi yang kira-kira akan masuk dalam tes tersebut. Adapun untuk tes TWK, terdapat beberapa materi yang selalu diangkat dalam tahapan tes ini. Yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Materi tes TWK PKN STAN Pancasila

Pertama yang selalu diangkat dalam seleksi tahap ini yaitu tema Pancasila. Hal-hal yang tentu harus diketahui, yaitu : makna Pancasila, bunyi tiap sila Pancasila beserta makna yang terkandung di dalammnya, lambang dari tiap sila Pancasila, detail gambar garuda seperti jumlah bulu, sejarah terbentuknya sila Pancasila, kedudukan Pancasila dan lain sebagainya.

Undang-undang Dasar 1945

Materi tes TWK PKN STAN selanjutnya mengenai Undang-undang Dasar 1945. Mengingat UUD 1945 merupakan hukum tertulis di Indonesia. Adapun beberapa pokok bahasan yang mesti dipelajari pada bagian ini, yaitu : UUD 1945 sebelum dan setelah amandemen yang mencakup bagian apa saja yang diamandemen, waktu amandemen, pasal pasal dalam UUD 1945, dan nilai yang terkandung dalam UUD 1945.

Selain itu, perlu pula mengetahui keterkaitan antara pembukaan dan batang tubuh UUD 1945, hubungan antara pembukaan UUD 1945 dan proklamasi, Sistem Pemerintahan Indonesia dan segala hal yang berkaitan dengan UUD 1945 itu sendiri. simak juga rangkuman materi TWK

Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika adalah sebuah kalimat yang menjadi semboyan bangsa Indonesia dan tertulis pada lambang negara Indonesia, Pancasila. Semboyan ini berasal dari Bahasa jawa kuno yang memiliki arti ‘Berbeda-beda tetapi tetap satu jua’. Materi yang mesti dipahami pada bagian ini yaitu makna dari semboyan tersebut, sejarah munculnya semboyan tersebut dan lain sebagainya.

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Pada materi ini, perlu dipelajari beberapa hal, diantaranya pengertian Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sejarah terbentuknya NKRI yang mencakup tujuan, fungsi, dan bentuk NKRI, ancaman yang dihadapi, cara menajga keutuhan NKRI, dan lain-lain.

Pada bagian ini juga perlu dipahamii tentang sistem tata negara baik pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah. Tugas, hak dan wewenan anggota Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif. 

Kabinet-kabinet di Indonesia

Pada masa demokrasi liberal, terjadi beberapa kali pergantian cabinet di Inonesia. Tercatat dala sejarah, terdapat 7 kabinet. Materi ini sering diangkat tiap tahun pada tes penerimaan mahasiswa baru PKN STAN. Yang perlu benar-benar diketahui adalah tahun setiap kabinet dan apa saja yang dilakukan oleh cabinet tersebut.

Itulah beberapa materi Tes TWK PKN STAN yang penting untuk dipelajari sebagai persiapan penerimaan mahasiswa baru PKN STAN. Belajar perlu dimulai dari sekarang, di mana saja dan kapan saja agar persiapan bisa maksimal. Di luar materi yang disebutkan di atas tentu bisa saja masuk dalam tes TWK, baca berbagai referensi untuk hasil yang lebih baik.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.