BIAYA YANG HARUS DIKELUARKAN SELAMA KULIAH DI PKN STAN

BIAYA YANG HARUS DIKELUARKAN SELAMA KULIAH DI PKN STAN

BIAYA YANG HARUS DIKELUARKAN SELAMA KULIAH DI PKN STAN – Karena statusnya sebagai lembaga pendidikan tinggi ikatan dinas, berkuliah di PKN STAN tidak akan dipungut biaya untuk keperluan kuliah per semesternya. Akan tetapi, ini bukan berarti biaya kuliah di kampus bergengsi ini sepenuhnya gratis. Masih ada beberapa pengeluaran khusus yang harus disediakan sendiri oleh mahasiswa.

Banyak yang mengira bahwa biaya kuliah di PKN STAN sepenuhnya gratis sehingga tidak mempersiapkan pengeluaran tambahan ini. Kita harus mengetahui biaya apa saja yang harus dipersiapkan agar tidak kehabisan uang saat menjalani proses perkualiahan. Berikut adalah beberapa biaya di luar biaya kuliah per semester di mana kita sebagai mahasiswa harus menyediakannya sendiri.

Biaya PKN STAN Terkait Kegiatan Perkuliahan

Walaupun biaya per semester digratiskan, namun masih ada sejumlah pengeluaran lain seputar kegiatan perkuliahan yang harus dibayar sendiri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Uang pendaftaran pada saat kita mengikuti Ujian Saringan Masuk atau USM PKN STAN. Biaya ini sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) dan dibayarkan saat mendaftar.
  2. Biaya daftar ulang sebesar Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Biaya tersebut akan digunakan untuk kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh BEM. Biaya ini tidak wajib dan kita bisa meminta keringanan saat mendaftar.
  3. Biaya wisuda pada saat kelulusan, sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Biaya Lain-lain Untuk Hidup Selama Kuliah

Kegiatan selama mengikuti masa perkuliahan tentu tidak sekedar belajar dan berorganisasi, namun juga hidup sehari-hari seperti transportasi, akomodasi hingga hiburan. Terutama untuk kita yang berasal dari luar kota, penting untuk menyiapkan biaya hidup sehari-hari ini.

  1. Biaya kos, apabila kita berasal dari luar kota dan tidak menumpang di tempat saudara. Besaran biaya kos tergantung dari fasilitas yang disediakan serta lokasi.
  2. Biaya makan dan keperluan bulanan, seperti alat mandi dan lain-lain.
  3. Kita juga mungkin akan membutuhkan biaya hiburan. Biaya ini akan tergantung dari gaya hidup kita selama kuliah. Demikian adalah biaya PKN STAN yang harus kita sediakan sendiri.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *