BERAPA SIH BIAYA KULIAH DI PKN STAN?

BERAPA SIH BIAYA KULIAH DI PKN STAN?

Banyak orang menanyakan berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan saat kuliah di PKN STAN. Beberapa menganggap biaya kuliahnya gratis walaupun sebenarnya masih ada beberapa biaya yang tetap harus dibayarkan. Memang, biaya kuliah di PKN STAN selama satu atau tiga tahun terbilang gratis karena telah ditanggung oleh negara.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa biaya yang ditanggung oleh negara hanya sebatas biaya kuliahnya saja. Masih ada beberapa biaya lain yang menjadi tanggungan mahasiswa sendiri. Hal inilah yang harus diperhatikan terutama apabila kita berpikir bahwa seratus persen biaya kuliah di PKN STAN gratis.

Biaya yang perlu dikeluarkan sebelum atau sesudah masuk PKN STAN

Berikut adalah beberapa biaya di PKN STAN yang harus dibayar oleh kita sendiri sebagai mahasiswa serta tidak termasuk ke dalam biaya yang ditanggung negara.

  1. Uang pendaftaran sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) yang dibayarkan saat pertama kali mendaftar di PKN STAN.
  2. Biaya daftar ulang sebesar Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) yang dibayarkan untuk kegiatan kemahasiswaan. Biaya ini tidak wajib dan kita bisa meminta keringanan pada saat pendaftaran.
  3. Biaya wisuda sekitar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah). Biaya ini tidak wajib apabila kita tidak mengikuti wisuda.

Biaya Lain-lain Selama Kuliah di PKN STAN

Selain biaya-biaya yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan, masih ada biaya lain yang harus dibayarkan. Biaya ini terkait dengan biaya hidup, terutama apabila kita berasal dari luar kota.

  1. Biaya tempat tinggal atau kos. PKN STAN tidak menyediakan sebuah asrama khusus sehingga kita harus mencari tempat kos sendiri terutama apabila berasal dari luar daerah. Harga tiap kamar kos akan berbeda tergantung dari fasilitas dan lokasinya.
  2. Biaya makan. Biaya makan akan sangat tergantung dari tempat di mana kita membeli makanan serta makanan apa yang kita beli.
  3. Biaya untuk membeli buku, alat tulis, serta hiburan. PKN STAN biaya ini sangat ditentukan oleh gaya hidup kita dalam menghabiskan uang.

 

Demikian informasi mengenai biaya kuliah di PKN STAN, semoga bermanfaat!





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *