Berapa Biaya Kuliah di PKN STAN?

Berbagai macam perguruan tinggi bisa kamu tempuh untuk melanjutkan cita–cita. Salah satu perguruan tinggi yang banyak menjadi pilihan lulusan SMA/sederajat di Indonesia adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Namun layaknya mendaftar ke perguruan tinggi, kamu harus tahu berapa biaya kuliah di perguruan tinggi yang kamu inginkan. Nah, berapa biaya kuliah di PKN STAN?

Memang salah satu faktor yang menjadi penentu pemilihan tempat untuk meneruskan kuliah adalah masalah biaya selama perkuliahan. Untuk kuliah di PKN STAN, kamu tidak perlu merasa khawatir masalah biaya kuliah. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang menempuh pendidikan di PKN STAN akan dibebaskan dari segala macam bentuk biaya perkuliahan hingga lulus nanti.

Biaya Kuliah di PKN STAN

Sudah dijelaskan bahwa untuk biaya pendidikan selama berkuliah di PKN STAN sepenuhnya di tanggung oleh negara alias gratis. Akan tetapi, kamu harus menanggung biaya pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN sebesar Rp. 300.000,00. Ketika kamu secara resmi diterima sebagai mahasiswa PKN STAN, maka biaya kuliah kamu sepenuhnya gratis hingga lulus. Setelah lulus dari PKN STAN, biasanya akan diadakan acara seremonial wisuda. Untuk acara wisuda sendiri, kamu akan dikenai biaya sekitar Rp. 500.000,00.

Untuk hal lain selain biaya pendidikan, kamu harus menanggung biayanya sendiri, seperti biaya untuk menyewa kost atau kontrakan. Adapun tipe kost atau kontrakan juga memiliki harga sewa yang beragam tergantung kualitas bangunan dan fasilitas yang disediakan.

Tidak hanya itu, kamu juga harus menyiapkan biaya untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti sabun, shampoo, pasta gigi, dan sebagainya, dan juga makan. Karena PKN STAN berlokasi di kota besar, maka harga kebutuhan dan makan juga tidak murah. Kamu harus pandai mengalokasikan dana kamu agar tidak boros.

Tidak ada patokan berapa biaya hidup yang harus dikeluarkan dalam sebulan. Karena diri kamulah yang menentukan biaya hidupmu sendiri. Semakin kamu bijak dalam mengelola keuangan, semakin hemat biaya yang kamu keluarkan.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *