Benarkah Isu Politeknik Keuangan Negara STAN ditutup

Screenshot_5

Benarkah Isu Politeknik Keuangan Negara STAN ditutup??

Kementerian Keuangan selaku pengelola Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun 2020.

Kebijakan PKN STAN Tidak Membuka Pendaftaran Tahun 2020
Berdasarkan Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) nomor B/435/M.SM.01.00/2020 tanggal 6 Mei 2020 tentang Rencana Pembukaan Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2020, khususnya mengenai keputusan Kementerian Keuangan yang mengelola Politeknik Keuangan Negara, PKN STAN memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun 2020. Selain keputusan bahwa PKN STAN tidak membuka pendaftaran, berikut poin-poin penting lainnya.

  • Bahwa sesuai dengan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, menyebabkan seleksi dalam bentuk tes umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif, mengingat jumlah rata-rata pendaftar selama tiga tahun terakhir mencapai angka 130.000 peserta.
  • Bahwa saat ini sedang dilaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN, serta dari sumber-sumber lain.
  • Bahwa saat ini sedang dilaksanakan penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN, termasuk di dalamnya penataan
    Program Studi dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan PKN STAN di masa depan, serta aspek pengembangan karakter Aparatur Sipil Negara.
  • Berdasarkan pertimbangan poin 1-3 di atas, Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN untuk tahun 2020 tidak dilaksanakan.
    Keputusan PKN STAN Tidak Membuka Pendaftaran Hingga Tahun 2024?
  • Seperti yang sudah disebutkan di atas, pemerintah melakukan moratorium yang menimbulkan asumsi di masyarakat bahwa PKN STAN tidak membuka pendaftaran hingga 2024. Dalam moratorium tersebut, Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa tidak akan membuka lowongan PNS baru hingga tahun 2024. Pemerintah juga menyebutkan terkait proyeksi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) Aparatur Kementerian Keuangan tahun 2020 hingga 2024.

Proyeksi kebutuhan SDM aparatur Kementerian Keuangan untuk jangka waktu 5 tahun tersebut akan dihitung dan disusun secara hati-hati berdasarkan ketentuan yang berlaku. Selain itu, proyeksi yang dilakukan juga memperhatikan arah kebijakan nasional dibidang pengelolaan SDM aparatur dan kondisi existing SDM Kementerian Keuangan. Proyeksi tersebut disusun dengan asumsi sebagai berikut:

  • Arahan Menteri Keuangan untuk menerapkan kebijakan minus growth tahun 2020.
  • Pelaksanaan moratorium rekrutmen CPNS umum dan lulusan PKN STAN pada tahun 2020-2024.
  • Proyeksi pegawai keluar dihitung melalui prediksi pegawai yang memasuki batas usia pensiun (BUP) dan pegawai keluar non pensiun sampai dengan 5 tahun ke depan. Jumlah prediksi pegawai BUP berdasarkan pada data per Januari 2020.
  • Pemenuhan pegawai baru tahun 2020 berasal berasal dari rekrutmen umum 2019.
  • Kecukupan anggaran dan dana prasarana pendukung lainnya.

Sebelumnya, keputusan penutupan pendaftaran tersebut telah disampaikan dalam Siaran Pers Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan No. SP – XX/KLI/2020 berjudul “Penundaan SPMB PKN STAN Tahun 2020”. Keputusan ini diambil karena Indonesia kini masih dilanda oleh pandemi corona (COVID-19). Sehingga tes seleksi STAN tidak dapat dilaksanakan dengan efektif. Pasalnya, rata-rata jumlah peserta yang mendaftarkan diri di STAN mencapai ratusan ribu orang. Semoga PKN STAN Lekas Buka Kembali yaa teman-teman.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *