Beberapa Syarat dan Cara Mendaftar di STAN Malang

 Beberapa Syarat dan Cara Mendaftar di STAN Malang

Kini tahun ajaran baru semakin dekat, anak-anak yang sudah berada di tingkat akhir SMA, SMK, maupun MA pasti banyak yang sudah memilih ingin melanjutkan studi di mana. Ada yang ke perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi negeri swasta, ataupun sekolah lain yang setingkat dengan perguruan tinggi. Mungkin Stan menjadi pilihan Anda yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Stan atau Sekolah Tinggi Akuntasi Negara ialah sekolah setingkat perguruan tinggi yang sama sekali tidak membebankan biaya pendidikan bagi semua mahasiswanya alias gratis. Untuk itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk dapat lolos seleksi masuk Stan ini. Malang merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah pendaftar stan terbanyak dari daerah lainnya. Nah, apa saja syarat dan bagaimana cara mendaftar di Stan Malang? Simak ulasan berikut.

Cara mendaftar di Stan Malang ternyata tidak cukup sulit. Ini ada beberapa penjelasan mengenai syarat masuk Stan yang bisa Anda simak. Syaratnya yakni lulusan SMA atau sederajat, memiliki nilai rata-rata ujian tertulis di ijazah atau SKL/SKHUN tidak kurang dari 7,25 (tujuh koma dua lima) dan bukan hasil dari pembulatan nilai, usia yang tercantum pada ijazah tidak kurang dari 17 tahun, bebas dari napza, tidak memiliki cacat di tubuh, sehat jasmani rohani, belum menikah, dan juga bersedia untuk tidak menikah selama menempuh pendidikan. Untuk tambahan, khusus program diploma I pendaftar laki-laki harus bertinggi minimal 165 cm dan wanita minimal 155 cm. Untuk program diploma III tidak buta warna serta bagi pengguna kaca mata diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

Memang benar bila banyak orang yang sangat tertarik untuk masuk Stan mengingat adanya ikatan dinas setelah usai menempuh pendidikan yang berada di bawah naungan Kementrian Keuangan RI. Terdapat program diploma yang ada di Stan yakni prodi I Keuangan yang dapat ditempuh dalam jangka waktu 1 tahun atau sama dengan 2 semester. Terdapat pula prodi III Keuangan dapat ditemput dalam waktu 3 tahun atau 6 semester. Sangat disarankan untuk mempersiapkan materi pengetahuan yang luas dan juga fisik yang kuat dan bugar karena selain tes tertulis, Stan juga mewajibkan pesertanya untuk dapat mengikuti tes wawancara maupun tes kebugaran. Itulah, sedikit penjelasan mengenai cara mendaftar di Stan Malang.