Beberapa Syarat dan Cara Mendaftar di STAN Jakarta

 Beberapa Syarat dan Cara Mendaftar di STAN Jakarta

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan negara dengan speisalisasi tertentu seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabean dan Cukai, dan Kepiutanglelangan. Sekolah tinggi ini tidak memberikan beban biaya sama sekali kepada peserta didik atau gratis dan memberikan jaminan penempatan kerja sebagai pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Departemen Keuangan dan instansi pemerintah lainnya seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Tak heran jika banyak lulusan SMA sederajat yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di sini terutama mereka yang berada di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Nah, apa saja syarat dan bagaimana cara mendaftar di STAN Jakarta? Simak ulasan berikut.

Cara mendaftar di STAN Jakarta cukup mudah, berikut ulasannya. Pendaftar diharuskan lulus SMA atau sederajat untuk semua bidang keahlian dengan nilai rata-rata ujian tertulis di ijazah atau SKL/SKHUN tidak kurang dari 7,25 (tujuh koma dua lima) dan bukan hasil dari pembulatan nilai, usia tidak kurang dari 17 tahun pada tanggal 30 September 2015 dan tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2015, berbadan sehat (tidak cacat badan) dan bebeas dari napza, belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan, membayar biaya pendaftaran USM sebesar Rp 150.000,00 dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi ditanggung oleh pendaftar. Khusus Spesialisasi Kepabean dan Cukai ditambahkan persyaratan terutama untuk Program Diploma I pendaftar laki-laki memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan perempuan dengan tinggi badan minimal 155 cm. Sedangkan untuk Program Diploma II pendaftar laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm. Untuk program diploma III tidak buta warna serta bagi pengguna kaca mata diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

Memang benar bila banyak orang yang sangat tertarik untuk masuk Stan mengingat adanya ikatan dinas setelah usai menempuh pendidikan yang berada di bawah naungan Kementrian Keuangan RI. Terdapat program diploma yang ada di Stan yakni prodi I Keuangan yang dapat ditempuh dalam jangka waktu 1 tahun atau sama dengan 2 semester. Terdapat pula prodi III Keuangan dapat ditemput dalam waktu 3 tahun atau 6 semester. Sangat disarankan untuk mempersiapkan materi pengetahuan yang luas dan juga fisik yang kuat dan bugar karena selain tes tertulis, Stan juga mewajibkan pesertanya untuk dapat mengikuti tes wawancara maupun tes kebugaran. Itulah, sedikit penjelasan mengenai cara mendaftar di Stan Jakarta.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *