BEASISWA PERGURUAN TINGGI YANG BISA DIDAPATKAN

December 9, 2016

BEASISWA PERGURUAN TINGGI YANG BISA DIDAPATKAN

BEASISWA PERGURUAN TINGGI YANG BISA DIDAPATKAN

Beasiswa tentu dapat meringankan beban biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh orangtua kita. Namun, mendapat beasiswa ini tentu tidak mudah karena selain jumlahnya terbatas, banyak saingan juga yang harus kita kalahkan agar bisa mendapatkan beasiswa yang terbatas ini.

Beasiswa sendiri terdiri dari beasiswa internal serta beasiswa eksternal. Beasiswa internal adalah beasiswa yang disediakan oleh pihak kampus dan biasanya diberikan pada calon mahasiswa yang hendak mendaftar. Sementara beasiswa eksternal adalah beasiswa yang diberikan oleh pihak ketiga di luar kampus dan biasanya diadakan ketika proses perkuliahan tengah berjalan.

Beasiswa Internal

Beasiswa internal atau dari dalam ini diberikan oleh pihak kampus PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan umumnya berupa keringanan biaya kuliah.

  1. Bidikmisi atau Bantuan Pendidikan Mahasiswa Berprestasi. Beasiswa ini diberikan pada mereka yang memiliki prestasi bagus selama SMA/sederajat namun berasal dari keluarga yang kurang mampu. Kelengkapan dokumen untuk mendaftar beasiswa Bidik Misi ini termasuk slip gaji orangtua serta SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Camat setempat.
  2. PMDK yang ditujukan untuk mereka yang berprestasi namun masih tergolong mampu untuk membayar biaya kuliah. Tidak dibutuhkan SKTM dan slip gaji orangtua apabila hendak mendaftar untuk mendapat beasiswa ini.

Beasiswa Eksternal

Sesuai namanya, beasiswa eksternal berasal dari luar kampus dan biasanya berasal dari perusahaan atau organisasi tertentu. Umumnya beasiswa ini diberikan pada mereka yang berprestasi dan aktif berorganisasi.

  1. Perusahaan besar seringkali membagikan beasiswa ini untuk mahasiswa yang terbukti berprestasi dan memiliki nilai Indeks Prestasi tinggi serta aktif menjadi bagian dari organisasi, baik di luar maupun di dalam kampus.
  2. Besaran beasiswa yang berasal dari luar ini beraneka macam dan biasanya diberikan dalam bentuk uang tunai. Kita bisa mendaftar untuk mendapatkannya saat sudah resmi menjadi mahasiswa.

Demikian adalah informasi beasiswa perguruan tinggi yang bisa didapatkan, baik internal maupun eksternal. Tidak ada salahnya untuk mengikuti beasiswa tersebut selagi kita memiliki kriteria yang menjadi syarat penerima beasiswa tersebut.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.