Beasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Internal dan Eksternal

Beasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Internal dan Eksternal

Beasiswa akan dapat meringankan beban orangtua dalam membiayai anak karena biaya kuliah dapat ditekan atau bahkan tidak perlu membayar sama sekali. Termasuk di antaranya adalah beasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Beasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Internal dan Eksternal ternyata memiliki beberapa perbedaan.

Beasiswa internal adalah yang berasal dari dalam kampus, seperti Bidikmisi dan PMDK. Kedua jenis beasiswa ini umum disediakan oleh pihak kampus. Sementara beasiswa eksternal adalah yang berasal dari luar kampus dan bisa diikuti oleh semua mahasiswa selama mengikuti pendidikan.

Beasiswa Internal

Untuk beasiswa PTN internal ini umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu Bidikmisi atau Bantuan Pendidikan Mahasiswa Berprestasi serta PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan).

  1. Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program ini diselenggarakan sejak tahun 2010.
  2. Beasiswa PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) adalah seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Beasiswa Eksternal

Banyak lembaga pemerintah maupun nonpemerintah yang menyediakan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa. Besaran beasiswa pun beragam serta dapat sangat membantu operasional pendidikan. Syarat mendaftar beasiswa PTN eksternal antara lain:

  1. Beasiswa ini umumnya diberikan kepada mahasiswa yang aktif di organisasi kampus serta tetap memiliki prestasi, seperti mendapat nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi dan lain sebagainya.
  2. Kita bisa mengajukan diri sendiri untuk mendapat beasiswa ini. Umumnya beasiswa akan diadakan tiap tahun sekali atau tiap semester tergantung dari kebijakan lembaga yang memberikan beasiswa.
  3. Beasiswa eksternal juga akan sangat membantu meringankan beban biaya pendidikan karena besarnya uang yang diterima. Demikian adalah beberapa beasiswa yang dapat kita ajukan.

Demikian penjelasan mengenai beasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Internal dan Eksternal, dan juga beberapa perbedaan yang dimiliki. Dengan mendapatkan beasiswa, biaya kuliah anda akan menjadi lebih ringan.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *