Beasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Beasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi merupakan harapan para lulusan SMA/sederajat. Namun karena keterbatasan dana, seringkali lulusan SMA/sederajat memilih untuk langsung bekerja dan tidak meneruskan pendidikannya. Dengan adanya beasiswa perguruan tinggi negeri di Indonesia, diharapkan para lulusan SMA/sederajat dapat tetap melanjutkan pendidikan walaupun memiliki keterbatasan biaya. Dengan adanya beasiswa ini pun, beban orangtua dalam menyekolahkan anak akan dapat berkurang.

Walaupun bersekolah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terbilang ringan biayanya, namun masih ada pengeluaran lain yang harus dibayarkan sendiri oleh mahasiswa. Beasiswa sendiri terbagi menjadi beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi atau Bidik Misi dan juga PMDK.

Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi lebih diutamakan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu namun tetap berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam jumlah terbatas. Adapun manfaat dan syarat bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi adalah sebagai berikut:

  1. Penerima Bidikmisi akan dibebaskan dari biaya pendaftaran, biaya kuliah, hingga biaya lain yang termasuk ke dalam biaya perkuliahan seperti wisuda dan KKN.
  2. Untuk mendapatkan beasiswa ini, diperlukan adanya proses pendaftaran dan pendataan di mana salah satu syaratnya adalah slip gaji orangtua serta surat keterangan tidak mampu atau SKTM dari camat setempat. Setelah melengkapi semua berkas yang disyaratkan, barulah peserta dapat mengajukan diri untuk menerima bantuan beasiswa Bidik Misi.

Beasiswa PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan)

Selain beasiswa Bidikmisi, ada pula beasiswa PMDK. Berbeda dengan penerima beasiswa Bidikmisi yang rata-rata berasal dari keluarga kurang mampu, beasiswa PMDK dapat diikuti oleh mereka yang berasal dari keluarga mampu sekalipun. Adapun manfaat dan syarat bagi mahasiswa penerima beasiswa PMDK adalah sebagai berikut:

  1. Persyaratan dalam PMDK umumnya lebih sederhana karena tidak menyertakan slip gaji orangtua serta SKTM. Umumnya calon penerima beasiswa PMDK akan diusulkan oleh sekolah, yakni mereka yang menempati ranking sepuluh besar di kelasnya atau secara paralel.
  2. Penerima beasiswa PMDK akan dibebaskan dari biaya kuliah per semester, namun biasanya masih harus membayar biaya pendaftaran serta biaya-biaya lain terkait perkuliahan, seperti wisuda dan KKN. Demikian adalah beberapa beasiswa yang dapat kita ajukan untuk diterima.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *