Aspek Penilaian Tes Psikologi Di IPDN Yang WAJIB Kamu Ketahui

November 10, 2022

Sekolah Kedinasan atau Perguruan Tinggi Kedinasan sering menjadi pilihan bagi siswa kelas 12 yang ingin meneruskan ke pendidikan tinggi ke jenjang yang lebih tingggi. Jika ingin masuk ke perguruan tinggi ini tentunya kamu harus tahu aspek penilaian tes psikologi di IPDN agar nantinya bisa memudahkan kamu.

Proses penerimaan taruna atau taruni baru. Untuk IPDN sendiri telah menjalankan beberapa tahap seleksi untuk menyaring peserta yang memiliki kualitas tinggi tentunya. Pada tahapan seleksi tersebut termasuk juga Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran telah diberikan kepada peserta yang telah lulus melaksanakan Tes Kesehatannya. Perhatikan juga artikel terkait jurusan yang bisa kamu pilih di IPDN ini ya.

Panitia biasanya sudah menentukan standar materi dan juga penilaian tertentu untuk mengukur kemampuan yang dimiliki oleh pesertanya. Sama halnya pada tes psikologi, ada beberapa materi yang menjadi aspek penilaian dari Tes Psikologi yang dilaksanakan setelah lolos dari tes kesehatan. Untuk tahu lebih lanjut simak penjelasan berikut ini.

Simak Aspek Penilaian Tes Psikologi Di IPDN Yang WAJIB Kamu Ketahui

aspek penilaian tes psikologi di IPDN
aspek penilaian tes psikologi di IPDN

Aspek Penilaian Tes Psikologi di IPDN Yaitu Penilaian Tingkat Kecerdasan yang Dimiliki Para Peserta

Tingkat kecerdasan seseorang atau biasa dikenal dengan IQ. Jadi makin tinggi tingkat IQ nya seseorang itu akan dinilai dengan angka ataupun nilai dalam beberapa kategori, maka akan dianggap semakin cerdas.

Analisa Sintesa

Dengan meihat kemampuan para peserta saat melakukan analisa sintesa. Analisa sintesa maksudnya itu kemampuan dalam mengurangi masalah, melakukan analisa, serta buat kesimpulan atas suatu masalah – masalah.

Kualitas Kecepatan

Kualitas kecepatan peserta dalam melakukan pekerjaan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemantapan tekad untuk terus bekerja. Biasanya bisa dirasakan dan terlihat di lapangan dan akan terasa dampaknya.

Simak dari Tingkat Ketelitian

Tingkat ketelitian peserta saat menyelesaikan pekerjaan. Tingkat ketelitian ini akan menunjukkan penyimpangan maksimum hasil dari pengukuran dari waktu penyelesaian sesungguhnya.

Ketahanan Peserta

Melihat seberapa besarkah ketahanan para peserta saat melakukan pekerjaan sampai selesai.

Nilai Ketekunan

Dengan cara melakukan penilaian terhadap ketekunan dalam bekerja tentu harus dimiliki oleh pesertanya.

Tingkat Manajemen Waktu dan Kerja

Panitia biasanya juga akan melihat dan menilai tingkat manajemen waktu dan kerja dilakukan oleh para peserta.

Kepercayaan Diri

Melihat seberapa percaya dirinya peserta kepada dirinya sendiri. Jadi kamu di haruskan jangan sampai merasa malu. Buktikan bahwa kamu memang bisa dan bangga terhadap diri sendiri.

Bekerjasama

Kemampuan peserta dalam melakukan kerjasama dengan orang lain itu juga akan dinilai.

Motivasi Diri Dalam Prestasi

Panitia tentu juga akan lihat seberapa besar motivasi yang ada di dalam diri peserta untuk dapat meraih prestasi.

Disiplin

Tingkat kedisiplinan yang dimiliki oleh peserta selama kegiatan penilaian berlangsung sampai dengan selesai itu juga di jadikan sebuah penilaian.

Nilai Loyalitas

Seberapa jauh nilai loyalitas atau sikap setia yang ada di dalam diri peserta akan di lihat jadi persiapkan dirimu baik-baik.

Jiwa Kepemimpinan

Melihat bagaimana jiwa kepemimpinan pada diri pesertanya. Biasanya ini tidak muncul begitu saja. Akan tetapi dari kebiasaan – kebiasaan yang sudah pernah dilakukan oleh para peserta.

Kreativitas

Juga di lihat kemampuan peserta dalam mengelola kreativitas di dalam dirinya. Jadi kamu harus menunjukkan seberapa kreativitas kamu. Buktikan bahwa kamu memang bisa. Perhatikan juga artikel terkait 8 fasilitas yang akan kamu dapatkan jika masuk IPDN ini ya.

Nah itu dia beberapa aspek penilaian tes psikologi di IPDN yang harus kamu tahu dan tentu harus di siapkan. Bagi kamu yang akan ikut serta semoga beruntung dan lolos sesuai dengan keinginan kamu.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.