Simak Yuk, Inilah Aspek Integritas Peserta Dan 6 Sistem Penilaiannya

October 24, 2021

Bagi calon taruna atau taruni untuk Sekolah Kedinasan IPDN nantinya akan melewati berbagai tahapan tes perlu untuk dilaksanakan serta diikuti. Di IPDN menggunakan sistem gugur pada tiap seleksi itu ada. Tes Psikologi, tes Integritas serta Kejujuran di IPDN juga dilaksanakan. Nah aspek integritas peserta dan 6 sistem penilaiannya juga harus diketahui loh.

Proses penerimaan taruna atau taruni baru. Beberapa tahap seleksi untuk menyaring peserta yang memiliki kualitas tinggi tentu sudah di lakukan IPDN. Standar penilaian integritas dan kejujuran dari beberapa aspek di dalam diri peserta memiliki peranan yang penting.

Terutama pada 6 sistem penilaian yang ada pada aspek integritas peserta ini juga tak kalah penting nya. Berikut akan di paparkan hal tersebut agar bisa kenal lebih lanjut serta nantinya akan lebih mempermudah dirimu. Perhatikan juga artikel terkait tes integritas dan kejujuran di IPDN ini ya.

Sebelum Tes IPDN, Kenali Dulu Apa Itu Aspek Integritas Peserta Dan 6 Sistem Penilaiannya

aspek integritas peserta dan 6 sistem penilaiannya
aspek integritas peserta dan 6 sistem penilaiannya

Aspek Integritas Peserta dan 6 Sistem Penilaiannya Salah Satunya Sikap dan Tindakan Jujur

Pertama yaitu pada sikap serta tindakan jujur yang dilakukan kepada diri sendiri maupun lingkungan di sekitarnya. Seperti yang kalian ketahui sikap atau perilaku jujur itu berarti bisa dipercaya dalam perkataan tindakan maupun pekerjaan.

Biasanya sikap jujur sudah menjadi kebiasaan setiap orang dalam kehidupan sehari-harinya. Tentunya tes ini bagi kalian tidaklah sulit bukan.

Konsistensi Dalam Sikap Serta Tindakan

Panitia juga akan menilai seberapa jauh konsistensi yang dimiliki sebagai peserta saat mengambil sebuah sikap maupun tindakan. Sebaiknya saat melakukan sebuah sikap maupun tindakan harus memikirkannya matang-matang.

Karena nantinya sikap atau tindakan yang kamu ambil harus konsisten. Konsisten di sini maksudnya tetap atau tidak berubah-ubah.

Komitmen Terhadap Visi Serta Misi

Peserta juga akan dilihat seberapa besar komitmen yang bisa dijaga untuk mewujudkan suatu visi dan misi yang sudah dimilikinya. Jadi sebelum menetapkan Visi dan juga misi harus memikirkan dengan matang-matang.

Setelah sudah menetapkan Visi dan juga misi tetaplah konsisten. Jangan jangan berubah-rubah, usahakan untuk berusaha mewujudkan visi dan misi yang sudah  ditetapkan.

Pandangan dan Sikap Menghadapi Permasalahan

Kamu nantinya juga akan dilihat seberapa objektifnya pandangan dan juga sikap  sebagai peserta ketika menghadapi suatu permasalahan yang ada. Ketika  menghadapi permasalahan juga harus bisa belajar dari suatu kegagalan.

Usahakan tetap tenang, jangan panik saat sedang mencari solusinya. Harus mencari tahu akar dari permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah itu kamu bisa menyelesaikan masalah satu persatu. Setelah masalah selesai usahakan tetap bersyukur karena masalah kamu telah berakhir.

Keberanian Serta Sikap Tegas Saat Ambil Keputusan dan Resiko

Saat saat kamu sedang menghadapi permasalahan kamu harus tetap tegas dalam mengambil keputusan maupun risiko yang ada. Seperti dikatakan sebelumnya kamu harus tetap tenang, jangan panik. Karena ketika kamu panik saat mengambil suatu keputusan.

Bisa jadi keputusan yang nantinya kamu ambil akan ada kekurangan. Atau bahkan bisa menambah suatu resiko yang telah ada sebelumnya. Kamu harus berani mengambil suatu resiko. Jadi tetap tenang selesaikan masalah dengan pikiran jernih, jangan lupa hati-hati.

Tingkat Kedisiplinan dan Tanggungjawab

Para peserta akan diukur seberapa besar tingkat kedisiplinan dan juga tanggung jawab yang dimiliki saat melaksanakan beragam tugas dana amanah yang sudah diberikan oleh panitia tes. Perhatikan juga artikel terkait aspek penilaian tes psikologi di IPDN ini ya.

Itulah beberapa aspek integritas peserta dan 6 sistem penilaiannya harus kamu ketahui sebelum tes IPDN. Karena hal itu sangat penting demi kelancaran tes yang akan kamu hadapi. Semoga beruntung & lolos semua tes yang diadakan oleh IPDN.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.