Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum USM PKN STAN?

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum USM PKN STAN?

Beberapa perguruan tinggi kedinasan memiliki prosedur penerimaan yang berbeda. Tak terkecuali Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang memiliki tiga tahap proses penerimaan mahasiswa baru. Tahap pertama yaitu tes tertulis atau yang lebih dikenal Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN, kamu perlu tahu hal apa yang perlu dipersiapkan yaitu:

  1. Lokasi Ujian

Bagi kamu yang sudah mengikuti verifikasi berkas dan memperoleh Bukti Peserta Ujian (BPU), tak lupa cermati lokasi ujian tertulis yang tertera di BPU. Sebelum ujian dilaksanakan, ada baiknya meninjau lokasi ujian terlebih dahulu.

Hal tersebut berguna untuk mengetahui jarak lokasi ujian dengan daerah rumah kamu. Karena terlambat datang saat ujian tertulis sudah dianggap gugur.

Selain lokasi ujian, kamu bisa memastikan ruang dan nomor kursi agar tidak kesulitan keesokan harinya. Sehingga esok hari kamu sudah lebih siap dan fokus untuk mengerjakan USM PKN STAN.

  1. Pakaian Peserta Ujian

Perihal pakaian yang dikenakan saat ujian, PKN STAN memang tidak memiliki peraturan tersendiri. Tetapi ada baiknya kamu mengenakan pakaian sopan dan rapi saat mengikuti ujian tertulis.

Seperti atasan kemeja berkerah, celana bahan bukan jeans bagi laki-laki, dan rok bahan tidak transparan bagi perempuan, serta mengenakan sepatu tertutup. Buat dirimu senyaman mungkin agar lebih fokus dalam pengerjaan soal USM PKN STAN.

 

      3. Alat Kelengkapan Ujian

A. Kartu BPU, yang satu ini menjadi kelengkapan yang utama dan harus kamu bawa saat USM PKN STAN.

 

B. Identitas Diri Berfoto (KTP/SKCK/SIM/Ijazah), yang diperlukan yaitu asli bukan fotokopi.

C. Alat Tulis, bagi hal yang satu ini, jangan dianggap enteng karena dapat berpengaruh besar untuk kelulusan USM PKN STAN.

1. Pensil, perhatikan saat membeli jangan sampai tertukar jenis pensilnya. Nah, USM PKN STAN menggunakan pensil 2B. Selain itu, kamu harus membawa pensil cadangan, siapkan minimal empat pensil untuk antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

 

 

2. Rautan, bisa dibawa jika diperlukan. Namun baiknya siapkan pensil cadangan dalam kondisi sudah diruncingkan sebelum ujian dimulai agar tidak menguras waktu ujian saat meraut nanti,

 

 

 

 

3. Karet penghapus, tidak boleh ketinggalan dengan benda yang satu ini. Memungkinkan buat kamu untuk menghapus jawaban salah yang sudah dibulatkan, karena USM PKN STAN untuk jawaban salah mendapat skor -1.

 

 

 

 

4. Papan ujian landasan, berguna untuk alas lembar ujian komputer. Apalagi jika kamu mendapatkan lokasi ujian yang tidak memiliki meja seperti Gelora Bung Karno Jakarta.

Ataupun beberapa lokasi ujian di daerah lain yang tidak memungkinkan adanya alas untuk peserta ujian.

 

 

 

 

5. Pulpen, kalau yang ini berguna untuk menandatangani daftar hadir peserta ujian.

Setelah yakin akan mimpi menjadi mahasiswa PKN STAN agaknya kamu harus mempersiapkan mulai dari hal yang paling sederhana. Walaupun terlihat mudah tapi jangan disepelekan, karena hal kecil bisa menentukan kesuksesan kamu ke depan.