Apa itu Psikotes?

Apa itu Psikotes?

Apa itu psikotes?

apa itu psikotes

Psikotes atau tes psikologi merupakan tes untuk mengukur aspek-aspek individu seseorang dalam segi psikisnya. Dalam tes tersebut, hal yang diukur adalah kecenderungan perilaku seorang individu.

Psikotes lumrahnya berisikan berbagai soal yang menguji kemampuan kognitif dan afektif dari diri seseorang. Kognitif meliputi potensi kecerdasan pikiran atau IQ, sedangkan afektif meliputi kecerdasan emosional atau EQ.

Lalu, apa itu psikotes dan apa saja jenisnya? Berikut adalah beberapa contoh psikotes:

  • Draw A Person (DAP)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar seseorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktivitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

  • Draw A Tree (BAUM)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sebuah pohon dengan kriteria berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya. Kemudian anda berikan nama jenis pohon tersebut.

  • House Tree Person (HTP)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sebuah rumah, pohon, dan orang dalam satu frame kertas. Tes HTP (House tree Person) umumnya memiliki tujuan untuk mengukur keseluruhan pribadi seseorang.

  • Wartegg Test

Test Wartegg ini memiliki 8 kotak, dimana masing-masing kotak berisikan suatu gambar dan memiliki makna yang berbeda-beda, mulai dari titik, garis kurva, tiga garis sejajar, kotak kecil berwarna hitam, dan garis lengkung yang cukup besar.

  • Kraepelin Test

disebut juga dengan tes koran. Cara pengerjaannya adalah menjumlahkan dua angka dari bawah ke atas secara vertikal. Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat dan mengetahui hasil kerja yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kecepatan, ketelitian, ketekunan dan juga daya tahan.

  • Pauli Test

Tes ini hampir mirip dengan kraepelin test, hanya berbeda saja cara mengerjakannya. pada tes ini cara mengerjakannya adalah menjumlahkan dua angka secara vertikl dari atas ke bawah. Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat dan mengetahui hasil kerja yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kecepatan, ketelitian, ketekunan dan juga daya tahan.

  • EPPS (Edward Personal Preference Schedule)

Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS adalah tes kepribadian yang terdiri atas pilihan-pilihan jawaban yang mencerminkan diri seorang individu. Tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang.

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *