Apa itu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)?

Apa yang dimaksud dengan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)?

            Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. PTK memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, di antaranya biaya kuliah yang terjangkau, bahkan ada yang gratis hingga fasilitas ikatan dinas yang menjanjikan.
           Maka dari itu, banyak siswa lulusan SMA/Sederajat berbondong-bondong mendaftar PTK karena banyak banyak keunggulan yang dimilikinya daripada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
           Perlu di ingat, siswa hanya boleh mendaftar satu PTK, jika mendaftar lebih dari satu, maka akan dinyatakan gugur. Sehingga, kalian perlu memutuskan secara pasti PTK mana yang akan kalian daftar.
Apa itu perguruan tinggi kedinasan
Lalu, institusi mana saja yang termasuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)?
Berikut ini beberapa PTK favorit yang ada di Indonesia, antara lain:

1.Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

PTK ini berlokasi di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15222. PKN STAN merupakan salah satu PTK yang paling banyak diminati para lulusan SMA/Sederajat. Baik lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dari jurusan IPA/IPS/Agama/Bahasa/Jurusan kejuruan lainnya bisa mendaftar.

Jurusan dan program studi yang tersedia di PKN STAN:

  1. Akuntansi (DIII dan DIV Akuntansi)
  2. Pajak (DI DIII Pajak; DIII PBB/Penilai)
  3. Kepabeanan dan Cukai (DI dan DIII Kepabeanan dan Cukai)
  4. Manajemen Keuangan (DI DIII Kebendaharaan Negara; DIII Manajemen Aset)

2. Politeknik Statistika STIS

Berlokasi di Jl. Otto Iskandardinata No.64C Jakarta 13330, PTK ini berfokus pada bidang statistik. Hanya siswa lulusan SMA/Sederajat dari jurusan IPA yang diperbolehkan mendaftar pada PTK ini. Lulusan Politeknik Statistika STIS akan berstatus CPNS di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) dengan golongan yang disesuaikan dengan program studi yang ditempuh.

Adapun program studi pada Politeknik Statistika STIS yaitu:

  1. Program studi DIII Statistika
  2. Program studi DIV Statistika
  3. Program studi DIV Komputasi Statistik

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

PTK ini berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Lulusan IPDN juga berstatus CPNS yang harus siap ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Kampus IPDN berpusat di Jl. Ir. Soekarno KM 20, Desa Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363. Adapun beberapa jurusan yang disediakan oleh IPDN antara lain Ilmu Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Studi Pembangunan, dan Ilmu Politik.

4. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

STTD merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasi di Jl. Raya Setu No. 89 Bekasi, Jawa Barat 17520.

STTD menyelenggarakan pendidikan dengan program studi:

  1. DII Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)
  2. DIII Lalu Lintan dan Angkutan Jalan (LLAJ)
  3. DIII Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (LLASDP)
  4. DIII Perkeretaapian
  5. DIV Transportasi Darat.

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang bernaung di bawah BMKG. STMKG ini setiap tahunnya mencetak para calon ahli cuaca, ahli iklim dan ahli gempa serta teknisi peralatan BMKG. PTK ini menganut pendidikan semimiliter, jadi mahasiswanya tentu harus memiliki jasmani dan rohani yang sehat serta disiplin.

STMKG beralamat di  Jl. Perhubungan I No.5 Pondok Betung, Bintaro, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15221.

STMKG hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputerdan Jaringan.

Berikut program studi yang ada di STMKG:

  1. DIV Meteorologi
  2. DIV Klimatologi
  3. DIV Geofisika
  4. DIV Instumentasi

Masih banyak Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang tersebar di kota-kota di Indonesia. Tentukan pilihan kalian dari sekarang ya! Mau masuk ke PTN, PTS, atau PTK. Dan pastikan hanya memilih satu PTK untuk pendaftaran seleksi mahasiswa baru 2020 ya!

 





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *