apa itu jurusan Beacukai

Yuk Ketahui Lebih Dalam Tentang Apa Itu Jurusan Beacukai

Yuk Ketahui Lebih Dalam Tentang Apa Itu Jurusan Beacukai. Kamu ingin mengambil jurusan beacukai? Beacukai menjadi salah satu jurusan perkuliahan yang cukup tenar karena prospek kerjanya bagus, yakni di Kementerian Keuangan. Bagi yang sedang mencari kampus dengan prospek menjanjikan serta jurusannya tidak biasa, PKN STAN bisa menjadi pilihan terbaik.

Di kampus ini kamu bisa mendapat kuliah gratis dan bisa bekerja langsung setelah lulus. Kerjanya juga di bawah naungan Kemenkeu, jadi lebih menjanjikan. Jurusan Bea dan Cukai menyediakan dua program studi yang bisa ditempuh di PKN STAN. Yakni untuk program D3 dan juga D1. Bagi yang mau mendaftar di program D3, asyangnya hanya untuk laki-laki saja.

Nah, sebelum mengikuti SPMB di STAN dan mengambil jurusan beacukai, tentu saja kamu harus apa itu jurusan Beacukai dengan baik terlebih dahulu. Dengan tahu seluk beluknya, tentu saja jika ditanya kenapa mau mengambil jurusan ini Anda bisa menjawab dengan pas. Berikut informasi lengkap seputar jurusan ini.

apa itu jurusan Beacukai
apa itu jurusan Beacukai

Apa itu jurusan Bea Cukai?

Sebelum membahas mengenai jurusan, kita akan membahas mengenai pengertian terlebih dahulu dari istilah ini. Jadi, Beacukai itu dibagi menjadi dua dengan pengertian yang berbeda juga. Meskipun berbeda tapi dari sisi kesimpulan dan fungsi tetap sama. Bea adalah pungutan negara yang dikenakan untuk proses impor dan ekspor barang. Perhatikan juga PKN STAN ada program studi dan jurusan apa saja yang sangat menarik.

Sedangkan cukai menjadi pungutan negara untuk barang tertentu yang memiliki sifat atau karakteristik yang telah ada di UU. Jika digabungkan dan disambungkan dengan jurusan, maka Bea Cukai menjadi fakultas yang mahasiswanya mempelajari seputar barang yang ada di dunia dan nantinya dari barang tersebut dipungut pajak berupa Bea Keluar, Bea Masuk dan juga Cukai. Jadi sudah paham bukan apa itu jurusan Beacukai?

Informasi tambahan, Bea masuk adalah pajak yang dikenakan untuk barang-barang impor yang didatangkan dari luar negeri. Sebaliknya, Bea keluar menjadi pajak yang dikenakan untuk barang yang akan dikirimkan ke luar negeri alias ekspor. Sedangkan cukai menjadi pungutan yang dilakukan oleh negara untuk beberapa barang yang mempunyai karakteristik tertentu.

Karakteristik Barang Yang Terkena Pungutan Cukai

Seperti penjelasan dari apa itu jurusan Beacukai yang sudah dibahas, Cukai itu adalah pungutan untuk beberapa barang yang memenuhi kriteria tertentu. Artinya memang ada kriteria barang yang mengharuskannya untuk terkena pungutan ini. Lantas seperti apa kriteria barang yang dimaksud? Barang bisa terkena pungutan cukai jika memenuhi kriteria berikut:

  1. Konsumsinya harus dikendalikan di dalam masyarakat
  2. Peredaran barang harus diawasi di pasaran oleh badan tertentu
  3. Penggunaan barang tersebut bisa menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan hidup dan juga masyarakat sekitar
  4. Penggunaan barang membutuhkan pembebanan untuk pungunan negara agar keadilan dan keseimbangan bisa tercipta
  5. Barang termasuk barang mewah seperti emas, berlian atau barang berharga lainnya

Beacukai juga ada badan yang mengawasi supaya pelaksanannya tidak ada penyelewengan. Badan yang dimaksud adalah Kepabeanan. Kepabeanan merupakan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan pengawasan lalu lintas dari barang yang masuk dan keluar di daerah paben dan juga pemungkutan Bea Masuk.

Jadi sudah tahu belum apa itu jurusan beacukai di PKN STAN? Bagi yang mau mendaftar di kampus milik Pemerintah ini, siapkan dulu fisik dan mental sebaik mungkin. Pasalnya jumlah pesaingnya sangat tinggi dengan tes masuk yang berlapis.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *