Apa Aja Sih Jurusan di PKN STAN?

Screenshot_2

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang dikelola oleh pemerintah di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dari sejarahnya, PKN STAN berdiri pada tahun 1952 dengan nama Kursus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA). Setelah mengalami beberapa kali pergantian nama, sejak tahun 2015 hingga sekarang nama kampus primadona ini adalah PKN STAN. Apa aja sih jurusan di PKN STAN?

Jurusan di PKN STAN

Ada 4 (empat) jurusan yang terdapat di PKN STAN, dimana jurusan ini semuanya berkaitan dengan keuangan negara. Berikut ini merupakan jurusan yang terdapat di PKN STAN, yaitu:

  • Akuntansi

Di jurusan Akuntansi sendiri, terdapat dua program studi diploma yaitu D-III Akuntansi dan D-IV Akuntansi. Untuk calon mahasiswa baru dapat memilih program studi D-III Akuntansi saja ya! Karena program studi D-IV Akuntansi dikhususkan bagi alumni PKN STAN.

  • Pajak

Di jurusan Pajak sendiri, terdapat tiga program studi yang dapat calon mahasiswa baru pilih. Program studi tersebut adalah D-I Pajak, D-III Pajak, dan D-III Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)/Penilai. Program studi Pajak termasuk yang favorit lho! Banyak peserta yang memilih program studi ini di pilihan pertama, kedua, maupun ketiga.

  • Kepabeanan dan Cukai

Terdapat program studi D-I dan D-III Kepabeanan dan Cukai di dalam jurusan ini. Program studi ini termasuk sedikit kuota penerimaannya. Berbasis semi militer, mahasiswa Kepabeanan dan Cukai harus punya jasmani dan rohani yang sehat serta disiplin. Khusus calon mahasiswa perempuan hanya bisa mendaftar D-I Kepabeanan dan Cukai ya! Selain itu, ada kriteria khusus untuk mendaftar program studi ini, yaitu untuk tinggi badan laki-laki minimal 165 cm dan perempuan 155 cm. Keadaan mata minus/plus/silinder maksimal 2 dioptri.

Yang tidak sesuai kriteria, tenang saja. Masih bisa kok memilih program studi yang lainnya di PKN STAN!

  • Manajemen Keuangan

Di jurusan Manajemen Keuangan terdapat program studi D-I Kebendaharaan Negara, D-III Kebendaharaan Negara dan D-III Manajemen Aset. Tertarik memilih salah satunya di daftar program studi yang kamu pilih?

Rentang Waktu Kuliah di PKN STAN

Untuk program studi D-I, kamu dapat menyelesaikannya dalam kurun waktu satu tahun saja atau setara dua semester. Sedangkan untuk program studi D-III, kamu dapat menyelesaikannya dalam kurun waktu tiga tahun atau setara enam semester.

Namun apapun program studi yang kamu dapatkan nanti, tetap bersyukur ya! Intinya kan kuliah di PKN STAN ^,^





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *