13 Alur Pendaftaran STTD Yang WAJIB Kamu Ketahui Biar Enggak Salah Daftar

February 13, 2022

Sebagai salah satu sekolah kedinasan, STTD menjadi pilihan yang banyak dilirik oleh para calon siswa. Pasalnya, sekolah kedinasan ini menawarkan prospek yang cukup menjanjikan untuk karir di masa depan. Namun sebelum bisa kuliah di sekolah tersebut, kamu perlu tahu alur pendaftaran STTD.

Mengetahui alur pendaftaran STTD sangatlah penting agar proses pendaftaran yang akan kamu lakukan bisa terproses dengan baik. Sehingga potensi dan peluang untuk diterima di sekolah tersebut pun bisa menjadi lebih besar.

STTD adalah singkatan dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat yakni sekolah kedinasan yang berfokus pada pendidikan tentang transportasi dan kendaraan darat bagi para siswanya. Sebagai salah satu sekolah kedinasan favorit, alur pendaftaran STTD terbilang cukup banyak.

Alur Pendaftaran STTD

Inilah 13 Alur Pendaftaran STTD Yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau kamu tertarik menjadi bagian dari STTD, berikut adalah langkah-langkah pendaftaran yang perlu diketahui. Simak juga tetang prodi stmkg yang membuat Anda tidak bingung lagi.

Alur Pendaftaran STTD : Login Portal SSCASN

Berikut ini adalah 13 alur pendaftaran STTD yang perlu kamu lakukan dengan runtut dan benar.

  1. Login ke portal SSCASN pada alamat : https://sscasn.bkn.go.id dari browser Anda.
  2. Silakan pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun serta mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id.
  3. Kamu bisa melakukan log in dengan menggunakan NIK serta password yang sudah didaftarkan.
  4. Kamu bisa swafoto, mendaftar sekolah serta jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian; Dalam hal ini, Anda hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas tentang sekolah kedinasan silahkan cek pada halaman web masing-masing sekolah kedinasan;
  5. Silakan kamu bisa memasukkan data-data nilai yang dimiliki dengan benar.
  6. Setelah itu, kamu perlu melakukan pelengkapan data pada kolom yang sesuai.
  7. Kemudian kamu bisa mengunggah semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran tersebut.
  8. Setelah itu kamu perlu cek lagi daftar isian yang sudah dilengkapi pada bagian resume.
  9. Kalau semua datanya sudah benar dan sesuai dengan yang kamu miliki, silakan klik Kirim. Ketika sudah dikirimkan maka kamu tidak lagi bisa mengubah data yang sudah dikirimkan tersebut.
  10. Setelah itu, kamu perlu menunggu beberapa waktu untuk proses verifikasi. Kamu bisa mengecek kembali hasil verifikasi sesuai dengan jadwal yang sudah diinstruksikan sebelumnya.
  11. Kalau kamu sudah dinyatakan lulus verifikasi maka akan mendapatkan kode billing untuk melakukan pembayaran. Silakan dilakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera untuk bisa mengikuti seleksi ujian.
  12. Kalau sudah melakukan pembayaran, kamu bisa melakukan verifikasi pembayaran pendaftaran sesuai dengan yang sudah diinstruksikan. Kalau pembayaran tersebut berhasil diverifikasi maka kamu akan mendapatkan kartu ujian yang bisa dicetak lewat akun SSCASN.
  13. Setelah tahapan tersebut dilakukan, kamu bisa mengikuti ujian seleksi STTD.

Tahapan Seleksi Pendaftaran STTD

Setelah mengetahui alur pendaftaran STTD, kamu pun perlu mengetahui tahapan seleksi pendaftaran di sekolah kedinasan tersebut. Secara umum, setidaknya terdapat 6 tahapan seleksi yang perlu diikuti sebelum kamu bisa dinyatakan lulus dan menjadi bagian dari STTD.

Tahapan tersebut mulai dari seleksi administrasi, tes TPA, tes Psikotes, Tes kesehatan, tes kesamaptaan dan wawancara, serta ada juga tes TKD. Agar bisa bergabung ke sekolah kedinasan tersebut, tentu kamu harus lolos semua seleksi di atas.

Itulah pembahasan lengkap mengenai alur pendaftaran STTD yang perlu kamu ketahui. Kini kamu tidak perlu bingung lagi kalau ingin melakukan pendaftaran di sekolah kedinasan tersebut.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.