Wajib Kamu Ketahui Apa Saja 8 Dokumen Yang Harus Kamu Unggah Untuk Daftar Poltekim Dan Poltekip

June 4, 2022

Hai teman bagaimana nih apakah kamu sudah memutuskan belum ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi kedinasan yang mana? Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi kedinasan memang adalah salah satu impian untuk beberapa orang. Jika kamu setuju dan berminat siapkan 8 dokumen yang harus kamu unggah nantinya.

Sebelum itu apa sih poltekip dan poltekim itu? Poltekip atau Politeknik Ilmu Pemasyarakatan adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Begitu pula dengan poltekim yang merupakan Politeknik Imigrasi di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga.

Kedua sekolah kedinasan ini menerapkan sistem pendidikan yang sama yaitu vokasi program diploma. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dalam sistem pendidikannya menerapkan sistem pendidikan kedinasan untuk program studi diploma 4 pada bidang teknis pemasyarakatan.

Berbeda dengan Politeknik Imigrasi yang menerapkan sistem pendidikan kedinasan diploma 3 pada bidang teknis keimigrasian. Nah karena kedua perguruan tinggi kedinasan ini menerapkan sistem pendidikan kedinasan. Apakah secara otomatis mahasiswa atau taruna yang nantinya menempuh pendidikan di kehidupan sekolah kedinasan itu biaya kuliahnya gratis.

Bukan hanya itu saja nanti setelah lulus kuliah akan memperoleh jaminan mendapatkan pekerjaan dan menjadi aparatur sipil negara. Untuk program studi pada poltekip ada tiga yaitu teknik pemasyarakatan, manajemen pemasyarakatan dan bimbingan permasyarakatan.

Sedangkan program studi poltekim ada 5 yaitu keimigrasian, administrasi keimigrasian, hukum keimigrasian, manajemen keimigrasian dan manajemen teknologi keimigrasian.

8 Dokumen Yang Harus Kamu Unggah Ketika Mendaftar Poltekim Dan Poltekip

Inilah 8 Dokumen Yang Harus Kamu Unggah Saat Daftar Poltekim Dan Poltekip

Ketika nanti kamu sudah memutuskan untuk masuk pada sekolah kedinasan ini. kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen untuk nanti kamu unggah antara lain.

  1. Surat lamaran dengan materai 10.000 yang ditujukan kepada menteri hukum dan hak asasi manusia republik Indonesia di Jakarta. Surat lamaran ini kamu tandatangani dengan pena yang berwarna hitam.
  2. Persiapkan juga KTP asli atau bukti sudah melakukan perekaman e-ktp
  3. Siapkan ijazah terakhir atau ijazah SMA sederajat yang asli milik kamu
  4. Jangan lupa siapkan juga SKCK atau surat keterangan cakap kepolisian (asli) entah itu dari polsek polres polwitabes atau Polda.
  5. Berikutnya siapkan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang asli
  6. Surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit pemerintah ataupun TNI polri yang asli.
  7. Siapkan surat keterangan belum menikah yang dikeluarkan oleh kepala desa atau lurah tempat tinggalmu
  8. Dan terakhir jangan lupa pas foto dengan latar belakang merah untuk poltekip dan latar belakang biru poltekim. Baca juga daftar poltekim dan poltekip yang perlu di ketahui syaratnya.

Perlu kamu ketahui semua file yang kamu unggah harus formatnya PDF terkecuali pas foto formatnya jpg, jpeg atau png. Jangan lupa kamu pastikan file yang kamu upload maksimal ukurannya adalah 1 MB. Agar kamu bisa mencetak bukti pendaftaran berikutnya kamu lakukan proses upload untuk semua dokumen itu.

Setelah itu klik tombol selanjutnya guna memastikan biodata tambahan serta hasil unggahan dokumen yang kamu lakukan sudah benar. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan dalam proses unggah dokumen itu. Jika sudah benar tombol kirim data dan cetak lah bukti pendaftarannya.

Itulah 8 dokumen yang harus kamu unggah ketika melakukan pendaftaran poltekim dan poltekip

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.