4 Tipe Formasi Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar Poltekim Dan Poltekip

June 3, 2022

Hai calon penerus bangsa penasaran gak sih sama kampus atau universitas kece poltekip dan poltekkim? Mungkin kamu pernah dengar namun masih bingung sebenarnya kampus apa sih ini? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai poltekim dan poltekip serta 4 tipe formasi yang wajib kamu tahu.

Poltekip sendiri adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan yang merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan kementerian hukum dan hak asasi manusia. Untuk poltekip sendiri mempunyai tiga program studi yaitu teknik pemasyarakatan, manajemen pemasyarakatan serta bimbingan pemasyarakatan.

Untuk prospek pekerjaannya sendiri lulusan dari AKIP ini bisa ke berbagai lembaga. Akan tetapi pada faktanya banyak sekali lulusan akhir yang menduduki posisi yang strategis pada Kementerian Hukum dan HAM RI.

Tentunya hal itu karena SDM dan kompetensi dan jiwa korsanya yang selalu dijunjung tinggi oleh alumni akip. Apa sih poltekim itu? Politeknik Imigrasi adalah salah satu perguruan tinggi yang naungannya sama dengan poltekip yaitu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Mempunyai tiga program studi yaitu hukum imigrasian, administrasi keimigrasian dan manajemen teknologi keimigrasian. Untuk prospek pekerjaan lulusan poltekim yang sudah wisuda akan memperoleh bravet pejabat imigrasi.

Bukan hanya itu saja nantinya akan mengikuti pendidikan penyidik pegawai negeri sipil di pusat pendidikan reserse di dna kriminal polri Cisarua Bogor. Dan sebentar lagi poltekip dan poltekim akan membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru. Tentu hal ini merupakan kabar baik dan kesempatan untuk putra-putri terbaik bangsa yang mempunyai cita-cita mengerti menjadi PNS.

Namun sebelum itu kamu harus mengetahui 4 tipe formasi dari poltekip dan poltekim berikut ini ya.

4 Tipe Formasi Perguruan Tinggi Poltekip Dan Poltekim

4 Tipe Formasi Pertama

Untuk formasi yang pertama ada formasi umum yang khusus untuk pelamar dengan lulusan SLTA sederajat. Tentunya sudah memenuhi kualifikasi persyaratan yang sudah tercantum dalam pengumuman penerimaan mahasiswa baru poltekip dan poltekim.

Jenis Formasi Kedua

Untuk informasi kedua adalah formasi putra putri Papua atau Papua barat yang merupakan calon mahasiswa lulusan SLTA sederajat keturunan Papua atau Papua barat. Tentunya hal itu berdasarkan garis keturunan dari orang tua bisa salah satunya saja atau kedua orang tua asli Papua barat. Baca juga 7 syarat khusus perlu ketahui untuk masuk IPDN.

Dengan melampirkan bukti KTP bapak atau ibu kandung akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dengan tambahan surat keterangan dari kepala desa lurah atau kepala suku.

Jenis Formasi Yang Ketiga

Untuk informasi ketiga adalah formasi pegawai yang merupakan pelamar sudah menjadi pegawai negeri sipil kementerian hukum dan ham. Dan sudah dipastikan memenuhi kualifikasi persyaratan yang sudah tercantum dalam pengumuman pendaftaran.

Jenis Formasi Yang Keempat

Untuk formasi yang terakhir adalah formasi pegawai putra atau Putri Papua atau Papua barat yang merupakan pelamar keturunan asli dari putra-putri Papua atau Papua barat. Yang sebelumnya sudah menjadi pegawai negeri sipil kementerian hukum dan HAM. Dan sudah memenuhi kualifikasi persyaratan yang tercantum dalam pengumuman penerimaan mahasiswa poltekip dan poltekim.

Perlu kamu ketahui untuk kuota penerimaan mahasiswa baru poltekip dan poltekim yaitu sebanyak 600 formasi. Yang mana 600 formasi itu terbagi ke dalam 4 tipe formasi sesuai dengan kriteria calon mahasiswa baru yang akan mendaftar.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.