Ini Dia 3 Tahapan Seleksi STMKG Yang Wajib Kamu Ketahui

June 7, 2022

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika atau STMKG adalah salah satu sekolah tinggi kedinasan yang juga menyelenggarakan ikatan dinas. Sekolah kedinasan ini berada dalam naungan BMKG serta tarunanya dididik guna bisa menjadi tenaga kerja pada lembaga pemerintah itu.

Ketika kamu ingin mengikuti pendaftaran STMKG ada 3 tahapan seleksi STMKG yang harus kamu lalui. Bisa masuk dan lolos STMKG adalah impian terbesar masyarakat Indonesia. Mengenyam pendidikan di STMKG akan sangat menguntungkan untuk kamu sendiri.

Selama kamu mengikuti pendidikan kamu sebagai taruna tak akan ada pungutan biaya serta berkesempatan memperoleh uang saku.  Dan para taruna/taruni akan memperoleh jaminan kerja yang pasti setelah lulus dari STMKG.

Pastinya sama halnya dengan perguruan tinggi yang lain begitu juga bisa masuk STMKG ada beberapa seleksi yang harus kamu hadapi. Seleksi masuk sekolah kedinasan ini cukup ketat dan ada banyak sekali tahapan untuk memperoleh para calon taruna terbaik.

Simak 3 Tahapan Seleksi STMKG Yang Akan Kamu Hadapi

Tahapan Seleksi STMKG Pertama Seleksi Administrasi

Seleksi yang pertama yang akan kamu hadapi ketika mendaftar STMKG adalah seleksi administrasi. Untuk tahapan ini panitia penerimaan peserta didik baru akan memeriksa perlengkapan serta kesesuaian persyaratan yang telah kamu berikan.

Peserta yang tak memenuhi persyaratan langsung dinyatakan gugur dan tak dapat mengikuti tes STMKG selanjutnya. Baca juga tentang PROGRAM STUDI DIPLOMA PKN STAN yang perlu ketahui.

Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar Atau Skd

Untuk calon taruna yang lolos seleksi administrasi akan berlanjut ke tahapan selanjutnya yaitu seleksi kompetensi dasar atau skd. Pada tahap ini adalah tes pertama yang harus kamu dan beserta lainnya hadapi. Seleksi kompetensi dasar penyelenggaranya adalah badan kepegawaian negara atau BKN.

Untuk tahap skd kamu dan peserta lainnya akan mengerjakan tes guna mengukur sejauh mana kemampuan dan pengetahuan dasar. Terdapat tiga jenis materi yang nanti akan masuk dalam ujian mulai dari tes wawasan kebangsaan tes intelegensi umum dan terakhir tes karakteristik pribadi. Peserta haruslah mengerjakan semua tes tersebut dengan memakai sistem CAT.

Jika kamu ingin berlanjut ke tahap yang berikutnya haruslah memenuhi nilai ambang batas masing-masing sub tes tersebut. Bukan hanya itu saja kamu dan peserta lainnya yang lanjut tahap berikutnya harus masuk kategori rangking yang telah STMKG tentukan.

Tahapan Seleksi Kompetensi Bidang Atau SKB

Setelah melaksanakan skd peserta yang lolos akan mengikuti tahap berikutnya yaitu seleksi kompetensi bidang atau SKB. Untuk tes seleksi yang satu ini ada tiga mata pelajaran dengan jenis soal pilihan ganda. Materi yang masuk dalam ujian antara lain fisika sebanyak 32 soal matematika 28 soal beserta bahasa Inggris 20 soal.

Jika jawaban kamu benar saat SKB STMKG nilainya adalah 5 dan jika salah nilainya 0. Sama halnya dengan SKD kamu dan peserta lainnya yang dapat melanjutkan seleksi ke tahap berikutnya sudah STMKG tentukan jumlahnya. Penentuan peserta tersebut berdasarkan jumlah nilai yang nanti kamu dan kemudian ada penyaringan sesuai kuota tahapan berikutnya.

Dan untuk yang terakhir seleksi masuk STMKG adalah tes kebugaran serta wawancara. Tes yang satu ini bisa peserta ikuti yang sudah verifikasi lolos tahapan SKB saja. Untuk jadwal dan lokasi pelaksanaannya sudah STMKG tentukan jauh-jauh hari.

Itulah 3 tahapan seleksi STMKG yang nanti akan kamu lalui jika mendaftar sebagai calon taruna taruni STMKG

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.