10 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Daftar Sekolah Kedinasan Bersama Bimbel Kedinasan

December 29, 2021

Mengikuti pendidikan di sekolah yang berkualitas dinilai mampu memberikan manfaat salah satunya adalah menyelaraskan diri dengan karir impian yang dimiliki. Beberapa kalangan lebih memilih daftar sekolah kedinasan agar bisa lebih dekat dengan karir impian di berbagai dinas negara.

Daftar Sekolah Kedinasan

Hal yang Harus Diketahui Perihal Daftar Sekolah Kedinasan

Meski memiliki banyak manfaat, ada berbagai hal yang harus kamu ketahui sebelum mendaftar ke sekolah kedinasan. Beberapa hal tersebut diantaranya :

Tidak Bisa Mendaftar Lebih Dari Satu Sekolah

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah kamu tidak bisa mendaftar ke sekolah kedinasan lebih dari satu sekolah di periode tahun ajaran yang sama. Jika kamu mendaftar di 2 atau lebih sekolah kedinasan secara bersamaan, maka nama kamu akan di diskualifikasi dari proses seleksi.

Tahapan Seleksi Berbeda Pada Setiap Sekolah

Hal kedua yang harus diketahui adalah tahapan seleksi pada setiap sekolah kedinasan berbeda-beda tergantung kementerian masing-masing. Perbedaan tahapan seleksi ini menyesuaikan dengan materi dan prasyarat yang ada di sekolah kedinasan yang bersangkutan.

Periode Daftar Sekolah Kedinasan Terbatas

Hal ini sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi di dunia pendidikan. Perbedaannya adalah periode pendaftaran sekolah kedinasan seringkali tidak bersamaan dengan sekolah tinggi lainnya dan hanya membuka satu periode dalam satu tahun ajaran karena banyaknya proses seleksi yang harus dilewati. Baca juga tentang Tips dan Trik Terbaik Untuk Lolos Sekolah Kedinasan ini.

Sekolah Dinas Tidak Gratis 100%

Pada dasarnya mayoritas sekolah kedinasan memang tidak menerapkan tagihan apapun selama proses belajar namun beberapa sekolah ada yang membebankan sedikit tagihan seperti biaya daftar sekolah kedinasan serta biaya seragam sedangkan seluruh biaya proses pendidikan lainnya tetap gratis.

Harus Mengikuti Tes Fisik

Meski ada berbagai kementerian yang membuka sekolah kedinasan, namun salah satu persamaan tes seleksi yang dimiliki oleh seluruh kementerian adalah adanya tes fisik. Tes fisik ini dilakukan dengan tujuan agar siswa memiliki kondisi kesehatan yang baik saat ditempatkan bekerja di kedinasan.

Mayoritas Calon Siswa Menggunakan Bimbel

Untuk memasuki sekolah dinas, banyak calon siswa yang mengikuti bimbel khusus kedinasan. Hal ini dinilai bisa sangat membantu meningkatkan potensi siswa diterima di sekolah kedinasan impian. Melalui bimbel calon siswa bisa mengetahui berbagai informasi mengenai proses seleksi sekolah dinas.

Siswa Sekolah Dinas Diberi Gaji

Salah satu isu lain yang membuat banyak orang berminat untuk daftar sekolah kedinasan adalah isu siswa sekolah kedinasan mendapatkan gaji setiap bulan. Hal ini kemudian dibantah oleh banyak pihak dan diluruskan bahwa bukan gaji melainkan beasiswa untuk biaya hidup yang diterima oleh sebagian siswa.

Materi Tes Seleksi Cenderung Berulang

Materi seleksi yang biasanya digunakan dalam tes masuk sekolah dinas setiap tahun pada dasarnya seringkali memiliki jenis yang serupa sehingga banyak calon siswa yang bisa mempersiapkan diri dengan berlatih. Program bimbingan belajar kedinasan bisa diakses oleh para calon siswa untuk melatih kemampuan calon siswa untuk mengisi soal tes sehingga bisa mengetahui potensi diterima atau tidaknya di sekolah dinas yang dituju.

Tingkat Kedisiplinan Lebih Tinggi

Sekolah kedinasan dikenal memiliki tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah tinggi atau universitas lain. Kamu harus siap dengan berbagai aturan yang ada jika ingin mendaftar ke sekolah kedinasan.

Prospek Karir

Beberapa sekolah kedinasan memang seringkali membantu sebagian besar siswanya untuk mendapatkan pekerjaan di dinas terkait bahkan sebelum proses kelulusan. Tentu kamu harus aktif mencari informasi agar bisa mendapatkan keuntungan ini.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui sebelum kamu memutuskan untuk daftar sekolah kedinasan. Dengan pemahaman yang tepat, kamu bisa memilih sekolah kedinasan sesuai karir yang diimpikan.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.